PANTAI WIDARA PAYUNG








Widarapayung merupakan sebuah pantai yang terletak di 
Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Dinamakan demikian, sebab terletak di wilayah desa Widarapayung, yaitu sekitar 35 km ke arah timur Cilacap. Satu obyek pariwisata di kabupaten Cilacap ini menawarkan panorama yang indah dan sangat baik untuk bermain selancar.
Add caption






Obyek wisata

Sudah pernah jalan-jalan ke Pantai Widarapayung? Buat sebagian orang, mungkin baru pertama kali mendengar namanya. Pantai Widarapayung terletak Desa Widarapayung, di Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Selain menawarkan keindahan pantainya, anda juga bisa berselancar di sana, karena Pantai Widarapayung sudah dianggap layak ombaknya dan berstandar internasional untuk para peselancar.


Objek Wisata Pantai Widara payung merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatan Binangun Cilacap dengan luas areal pantai mencapai 500 hektar. Kondisi pantainya sangat landai dengan di pagari pohon-pohon kelapa yang belum begitu tinggi. Pantainya yang indah dengan ombak bergulung-gulung cukup tinggi. Pantai ini cocok untuk olahraga selancar air.
Widara Payung menawarkan panorama pantai yang sangat indah dengan gelombang ombak yang tergolong tinggi sehingga tidak cukup aman untuk bermain bersama ombak. Ombaknya cukup besar, sehingga apabila mau bermain-main harus tetap waspada. Menyusuri gelegak ombak dan indahnya pasir di pantai widara payung menyebabkan kita betah untuk berlama-lama bermain sehingga kadang-kadang bisa lupa waktu.

Pada hari-hari biasa pantai ini masih cukup sepi pengunjung, akan tetapi pada hari minggu dan hari besar pantai ini ramai dikunjungi para wisatawan. Pada bulan syura biasanya diadakan ritual upacara sedekah bumi. Upacara adat Sedekah Bumi ini berupa larungan(menghanyutkan) sesaji kelaut dengan di iringi kesenian daerah dan pakaian adat. Upacara adat sedekah bumi sebagai ungkapan rasa syukur yang di lakukan oleh masyarakat Widarapayung agar di beri keberkahan, keselamatan dalam keseharian oleh yang Maha Agung.
Upacara adat ini sudah menjadi kalender tahunan, sehingga pada bulan syura tepatnya tanggal 1 pantai ini akan ramai pengunjung.
Rasanya ketika kita bermain, bersendagurau dan melepas penat setelah sekian lama sibuk karena pekerjaan setelah menikmati panorama pantai widara payung, maka pikiran akan fresh, segar. Kita bisa berteriak sepuasnya tanpa ada orang yang melarang untuk melepas lara di hati. melepas semua kepenatan dan kecapaian dalam dada yang kadang tidak bisa terungkapkan.

Wilayah pantai ini memang tidaklah terlalu luas namun kondisi pantainya sangat landai dengan dipagari pohon kelapa sehingga membuat pantai ini sejuk. Banyak pepohonan hijau pada bibir pantainya. Fasilitas yang ada cukup memadai, seperti MCK, tempat parkir, restoran, kolam renang, tempat pemandian dan sebagainya.
Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 2500,00 per orang kita bisa menikmati keindahan alam bumi cilacap timur ini. Biasanya pantai ini ramai pengunjung pada saat hari Minggu atau libur nasional. Pada bulan puasa sendiri pantai ini sangat ramai pengunjung, apalagi pada saat libur lebaran pengunjung bisa dipastikan membludak.

Jika tertarik membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, anda bisa memilih ikan asin, terasi, kerupuk udang atau ikan segar yang bisa langsung diolah di tempat. Harganya murah karena langsung dari nelayan setempat.

Hal yang menarik lagi dari Pantai Widarapayung, adalah anda bisa menyewa andong dan kuda untuk berjalan-jalan mengelilingi pantai. Ada juga penyewaan papan selancar bagi anda yang mahir berselancar, atau baru akan belajar.

Banyak juga pilihan makanan khas yang hanya bisa anda temukan di Pantai Widarapayung ini. Salah satunya adalah Yutuk atau kepiting laut. Yutuk atau kepiting laut ini diolah menjadi peyek atau rempeyek yutuk. Peyek yutuk paling enak dimakan berbarengan dengan kupat pecel.



Sambil menikmati kuliner makanan khas Cilacap yang ada, anda juga bisa menikmati pemandangan sunset sambil menonton balapan motorcross atau pemuda-pemuda yang bermain sepakbola di tepi pantai.




Imbas tsunami

Pantai ini pernah terkena imbas tsunami pada saat terjadi tsunami di Pangandaran pada 17 Juli 2006 silam. Terjadi kerusakan pada infrastruktur pantai Widarapayung, namun pemerintah setempat kembali membangun infrastrukturnya, antara lain jalan beraspal yang menghubungkan dengan dua objek wisata pantai lainnya yakni Pantai Ketapang Indah di Desa Pagubugan dan Pantai Karang Pakis di Desa Karang Pakis. Keadaan Pantai ini menjadi lebih lengkap. Terbukti dengan adanya lima kolam renang permanen tak seperti dulu yang masih menggunakan terpal. di pantai ini juga di lengkap arena Surfing bagi wisatawan yang suka atau hobi bermain surfing. selain itu juga di sediakan fasilitas voli pantai, berkuda dan lain sebagainya. Demi keselamatan para pengunjung, di tempat ini juga terdapat pos keamanan SAR.




Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah mendatangi pantai ini pada saat peninjauan korban tsunami Pangandaran. Di pantai ini pula berdiri sebuah tugu peringatan tentang bencana tsunami yang pernah memporak porandakan pantai ini.

Lain-lain
Pantai ini juga pernah dijadikan sebagai tuan rumah "Raimuna Daerah Se-Jawa Tengah" tahun 2009, yaitu suatu kegiatan yang diikuti oleh para anggota Pramuka se-Jawa Tengah.

Rute Transportasi dan akses kelokasi

Perjalanan menuju Pantai ini bisa di tempuh menggunakan Trasnportasi darat, seperti Kereta Api turun di Stasiun Kroya, Bus Antar Kota bisa turun di Karang Jati, Buntu, Kroya, Adipala dan Cilacap, setelah itu bisa menyambung dengan kendaraan umum lainnya yang menuju Widara Payung. dari purwokerto . jalan melewati banyumas kroya pasar kato masuk pintu gerbang menuju pantai widarapayung tidak jauh dari kroya
Untuk menuju pantai Widara payung sangatlah mudah karena bisa menggunakan bus Jurusan Cilacap atau menggunakan kendaraan pribadi/sepeda/sepeda motor karena letaknya di jalan lintas selatan.

Dari arah timur melewati perbatasan kebumen (Pantai ayah) – Cilacap (Pantai Jetis) dengan menyeberangi Jembatan Kali bodo – kearah barat – menuju lokasi disebelah kiri jalan.
Dari arah barat : dari Kota Cilacap – Adipala – Ke arah timur menuju Kec. Binangun – mencapai lokasi di sebelah kanan jalan.
Dari arah utara : Dari Purwokerto menuju Kroya – dari Kroya naik angkutan jurusan Binangun – langsung ke lokasi.


Penginapan
di tempat ini belum dibangun sarana penginapan.Jika pengunjung hendak beritirahat bisa mengunjungi berbagai hotel di kawasan Stasiun Kroya, Buntu, Cilacap dan juga Purwokerto. kebumen . jarak kebumen cilacap tidak terlalu jauh