7 Makhluk Mitos Yang Ada di Indonesia

Budaya Indonesia adalah warisan yang sangat berharga, karena dapat menarik minat wisatawan untuk semakin tahu akan Indonesia. Salah satu warisan yang beken dan diminati adalah wayang, berbagai cerita dan mitos menyertai hasil budaya tersebut sehingga sampai kini tetap dilestarikan dan membawa nama Indonesia ke dunia Internasional.

Namun, tahukah Anda, bahwa cerita-cerita mitos dan legenda juga menjadi warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan?

Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar cerita dan mitos yang beredar di daerah masing-masing. Masing-masing cerita, mewujudkan sosok makhluk tertentu yang digambarkan seram, ataupun memiliki kekhasan.
Nah, berikut adalah makhluk mitos yang hanya ada di Indonesia


1. Lembuswana adalah hewan yang ada dalam mitologi kerajaan Kutai. Konon, ia hidup sejak zaman Kerajaan Kutai. Lembuswana menjadi lambang bagi kerajaan Kutai hingga Kesultanan Kutai Kartanegara.
Hewan ini memiliki kepala mirip dengan kepala singa, memiliki mahkota yang melambangkan seorang pemimpind an penguasa, memiliki belalai yang melambangkan kecerdasan, bersayap garudan dan bersisik seperti ikan.
Hewan ini memiliki semboyan Tapak Leman Ganggayaksa.

2. Makhluk ini erat hubungannya dengan legenda terbentuknya Selat Bali. Diceritakan bahwa tokoh Sidhimantra adalah orang yang sangat sakti. Suatu hari ia mendapat bisikan dari para dewa untuk pergi ke kawah Gunung Agung dan menemui seekor naga bernama Naga Besukih.

Di sana, Sidhimantra dengan sopan meminta bantuan dari Naga Besukih untuk memberinya sedikit harta agar dapat membantu Sidhimantra melunasi hutang-hutangnya. Hanya dengan menggeliatkan tubuhnya, dari sisik Naga Besukih keluarlah emas dan intan.

3. Ebu Gogo adalah makhluk yang berbentuk perpaduan manusia dan leprechaun atau peri. Ukurannya kecil dan pendek, karena tingginya hanya kira-kira satu meter. Seluruh tubuhnya ditutupi rambut, dengan telinga yang menjulur.
Makhluk ini konon tinggal di pulau Flores, dan gemar berbicara dengan berbisik.

4. Orang Pendek adalah nama makhluk yang konon sering ditemukan di hutan Pulau Sumatrea. Kabarnya, makhluk ini telah dilihat dan didokumentasika sejak jaman penjajahan Belanda.

Primata ini mirip dengan manusia, bergerak di tanah dan seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu pendek. Tinggi badannya hanya sekitar 80 hingga 150 cm.

5. Orang Bati, Makhluk yang satu ini cukup menyeramkan karena wujudnya menyerupai manusia dan kelelawar. Kabarnya ia tinggal di Pulau Seram dan seringkali menculik anak untuk dijadikan makanannya.
Tubuhnya berbulu dan memiliki sayap seperti kelelawar.

6. Ahool, adalah makhluk yang wujudnya mirip dengan kelelawar raksasa. Konon ia sudah hadir sejak tahun 1925 silam dan tinggal di hutan-hutan pulau Jawa.

7. Wewe gombel adalah makhluk yang dalam tradisi Jawa diceritakan sering menculik anak-anak. Konon, anak yang diculik biasanya adalah anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tua. Dipercaya, Wewe Gombel akan muncul sekitar sehabis Maghrib atau malam hari dan berkeliaran mencari anak-anak.
Wujud Wewe Gombel ini cukup mengerikan karena memiliki payudara yang panjang, rambut berantakan dan wajah menyeramkan.
sumber: vemale