Kepribadian Seseorang Berdasarkan Caranya Berjalan

Seorang ahli bahasa tubuh (body language), Patti Wood, dalam bukunya yang berjudul Snap: Making the Most of First Impressions, mengatakan bahwa berbicara memang lebih mudah, namun cara berjalan lebih menunjukkan siapa kamu sebenarnya. Hal ini karena cara berjalan termasuk dalam bahasa tubuh, yang menunjukkan hal sebenarnya yang tengah kamu rasakan.
Eliot Hope, bahasa tubuh mencerminkan karakter seseorang. Melalui penelitian yang pernah dilakukannya, perbedaan cara berjalan dalam diri setiap orang dapat menunjukkan kepribadian dari yang bersangkutan.
Bagaimana cara kamu berjalan dan apa kepribadianmu?



Berjalan cepat
Kamu selalu berjalan cepat dan biasanya tidak suka jika harus berhenti sebelum tiba di tempat tujuan. Ini berarti, kamu adalah orang yang melakukan segala sesuatunya dengan cepat. Jika mendapat tanggung jawab, kamu segera akan menyelesaikannya. Kebiasaan yang bagus. Namun, kamu jadi sering tidak memperhatikan hal-hal detail yang ada di sekitarmu. Padahal, hal itu mungkin adalah sesuatu yang penting, yang berhubungan dengan pekerjaan yang harus kamu lakukan. Untuk memperbaiki kebiasaan tersebut, cobalah berjalan lebih pelan sambil sesekali mengamati hal-hal yang kamu lalui.
Berjalan dengan gaya angkuh
Kalau gaya berjalan kamu seperti ini, yaitu dengan dada membusung, sama sekali tidak memperhatikan sekelilingmu saat berjalan, kepala agak mendongak dan langkah tegap, maka kamu adalah seseorang yang sangat percaya diri. Namun, hal itu juga menunjukkan kalau kamu adalah seseorang yang egois dan menyebalkan. Untuk memperbaikinya, kamu bisa tetap berjalan dengan langkah tegap, tapi jangan lupa untuk tersenyum ramah pada orang-orang yang berpapasan dengan kamu, apalagi orang yang kamu kenal. Sesekali juga sapalah mereka.
Berjalan dengan agak menghentak
Kalau kamu berjalan dengan cara seperti ini, semua orang akan mendengar saat kamu mendekat. Kamu jelas tidak khawatir keberadaanmu diketahui orang lain. Kamu merasa nyaman dengan dirimu sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Yang harus diperhatikan adalah, carilah sepatu yang bunyinya tidak terlalu keras saat dipakai berjalan.
Selalu berjalan di belakang kelompok
Jika sedang berjalan bersama orang lain, kamu selalu berada di belakang mereka. Ini adalah tanda bahwa kamu tidak tertarik untuk mengikuti mereka. Kamu tidak cocok dengan sesuatu yang mengharuskan kerja tim. Kamu adalah orang yang senang melakukan segala sesuatunya sendiri.
Berjalan dengan bahu terkulai
Ini sangat menunjukkan bahwa pelakunya adalah orang yang sangat kurang percaya diri. Padahal mungkin kamu punya kemampuan yang dapat diandalkan. Jika kamu adalah orang seperti itu, sesekali cobalah bercermin dan mengubah posisi bahumu. Berjalanlah dengan sedikit membusungkan dada. Dengan memperbaiki cara berjalanmu, perlahan-lahan kamu juga akan memperbaiki rasa percaya dirimu. Cobalah mencari sesuatu yang positif yang ada di dalam dirimu.
Berjalan dengan pandangan lurus ke depan
Kamu berjalan dengan cara seperti ini? Berarti kamu adalah orang yang percaya diri dan merasa yakin dengan masa depan yang baik. Kamu hanya perlu tetap membuka mata dengan keadaan sekeliling, agar rasa percaya dirimu sesuai dengan kemampuan yang bisa kamu lakukan.
Berjalan pelan
Saking pelannya, orang-orang tidak dapat mendengar langkah kakimu. Jika kamu berjalan dengan cara seperti ini, berarti kamu memang tidak suka menjadi pusat perhatian. Kamu adalah seseorang yang lebih suka berada di belakang layar. Tidak ada yang salah dengan hal itu. Tapi sesekali, kamu juga harus menunjukkan dirimu kepada orang lain, agar mereka mengetahui kemampuan yang kamu miliki. Siapa tahu ada yang sedang membutuhkan keahlianmu. Mungkin banyak yang terganggu dengan cara berjalanmu yang seperti ini, karena sepertinya kamu adalah orang yang tidak bersemangat. Padahal, kamu adalah orang yang berpikir panjang dan memperhatikan semua detail yang ada. Kamu juga adalah orang yang berhati-hati dan sangat peduli pada kesehatan. Kamu hanya perlu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang penuh potensi dan efektif.
Berjalan zig-zag
Kalau kamu berjalan zig-zag, maka kamu adalah orang yang tidak efisien. Kamu sering melakukan hal-hal yang tidak berguna dan boros. Positifnya, kadang-kadang kamu juga melihat peluang-peluang lain yang kebetulan terlihat saat kamu sedang ‘zig-zag’, yang mungkin tidak terlihat oleh orang lain.
Berjalan sambil menunduk
Kalau kamu berjalan sambil menunduk, maka jelas bahwa kamu merasa tidak percaya diri. Kamu juga biasanya hanya fokus pada saat ini dan tidak terlalu peduli pada kesempatan yang mungkin ada di masa depan. Kamu bisa memperbaikinya dengan berusaha untuk melakukan kontak mata dengan orang lain dan tidak hanya fokus pada sepatumu saat sedang berjalan.

Bahasa Tubuh & Kepribadian(kuis Psikologi)


1.Anda sedang berdebat tentang suatu masalah dan akhirnya menjadi sangat marah. Apa yg Anda lakukan dengan tangan Anda?
a.Bergerak ke sana-sini dengan cepat.
b.Tetap di posisinya.
c.Saling bersilang.

2.Teman" berjanji bertemu di sebuah pesta, tapi mereka datang terlambat. Anda memutuskan untuk:
a.Mulai mengajak bicara orang yg ada di dekat Anda.
b.Mengambil minum dan duduk.
c.Menunggu teman-teman di luar.

3.Anda sedang menjalani wawancara untuk mengisi lowongan pekerjaan. Tiba-tiba keadaan menjadi sangat sunyi. Apa yg Anda lakukan?
a.Mengajukan sejumlah pertanyaan kepada si pewawancara.
b.Memberi contoh lain sambil mendiskusikan pekerjaan/pertanyaan yang terakhir.
c.Memandang pewawancara sambil menunggu tindakan mereka selanjutnya.

4.Ketika berada di antara keramaian orang, seperti di mal pada hari Sabtu, bagaimana Anda menggambarkan cara berjalan Anda di antara mereka?
a.Jalan perlahan-lahan, sambil melihat semuanya.
b.Berjalan biasa, berhenti jika merasa membutuhkannya.
c.Berjalan cepat, mendapatkan apa yg dibutuhkan, kemudian pergi.

5.Anda berkencan pada hari pertama, membicarakan cerita lucu. Bagaimana cara Anda memandang pasangan?
a.Menatap langsung ke matanya.
b.Biasa saja.
c.Menunduk, pura" sibuk melihat makanan di piring.

6.Anda akan membeli perlengkapan baju baru untuk berolahraga. Model apa yang Anda cari?
a.Atasan yg ketat yg memperlihatkan lengan Anda yg indah.
b.T-shirt pendek & celana yoga yg terkesan relaks.
c.Celana baggy yg longgar.