Tips Ampuh Mengatasi Rasa Rindu

Semua orang sering merasakan rindu. Bahkan sejak masih bayi, kita sudah sering berhadapan dengan rasa rindu. Rindu pada ibu jika ditinggal ke pasar sebentar atau rindu pada ayah jika ditinggal keluar kota beberapa hari. Lalu seiring dengan bertambahnya usia, rasa rindu juga sering datang saat seseorang yang Anda cintai berada jauh.
Kadang rasa rindu begitu menyiksa hingga meneteskan air mata. Anda yang merasakan pacaran jarak jauh pasti pernah menghabiskan waktu dengan setumpuk rindu untuk bertemu dengannya. Apa daya, jarak memisahkan.
Jika sudah begini, inilah tips ampuh mengatasi rasa rindu yang ditulis oleh Lusiana Sandra Oey.


  • 1.Berdoa

    Berdoa adalah hal yang sangat mendamaikan hati. Saat rindu datang, doakan mereka yang Anda rindukan. Percayakan mereka pada Tuhan. ketika Anda meminta untuk menjaga mereka, membahagiakan mereka, Tuhan akan melakukannya untuk Anda. Jadikan rasa rindu Anda untuk bisa mengingat dan mendoakan orang-orang tersebut. Jadi tidak perlu bersedih terlalu lama jika rindu itu datang pada Anda.
  • 2. Nikmati rindu itu

    Tarik napas..hembuskan.. Nikmati rindu itu, biarkan mengalir. Ada rindu tandanya ada cinta. Jika sudah tak rindu lagi bisa jadi Anda sudah tidak mencintainya. Cinta itu keindahan, cinta itu membahagiakan. Jadi bisa dikatakan bahwa rindu adalah keindahan, bukan sesuatu yang membuat luka batin. Selain itu, yang perlu kita ketahui bahwa rindu itu baik, sebab fungsi mengingat sesuatu dari otak besar bagian kanan kita masih bisa bekerja dengan baik.
  • 3. Sibukkan diri

    Buatlah kegiatan yang membuat pikiran anda tidak fokus pada rasa rindu. Sibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang Anda sukai dan bermanfaat. Ini salah satu cara mengalihkan pikiran Anda. Dengan rindu, Anda justru bisa mengerjakan hal-hal menyenangkan dan bermanfaat, malah bagus kan?
  • 4. Menjauhlah dari lagu-lagu atau film-film sedih

    Biasanya, yang membuat orang menangis tersedu-sedu dan sedih adalah lagu-lagu atau film-film sedih. Lagu dan film dibuat dengan tujuan memainkan perasaan Anda sesuai temanya masing-masing. Jika temanya sedih, Anda juga akan ikut sedih. Dengarlah lagu atau tontonlah film yang membuat anda berbahagia, contohnya lagu Happy dari Pharrell Williams. Menonton film komedi atau kartun juga bagus untuk Anda.
  • 5. Keluarlah dan berkomunikasi dengan orang lain

    Jangan menyendiri. Keluarlah dari persembunyian Anda dan cobalah berbincang dengan orang lain. Anda bisa terbantu oleh senyum mereka, tawa mereka, cerewet mereka. Selain itu, terhindar dari rasa sepi membuat Anda melupakan haru biru perasaan rindu anda.
  • 6. Bahagia atau tidak ada di tangan Anda

    Untuk selalu bahagia atau tidak adalah pilihan. Jika Anda memilih untuk sedih karena rasa rindu, maka Anda akan berlarut-larut dalam kesedihan. Jika Anda memilih mengelola emosi Anda dan selalu berbahagia, tentu Anda akan tahu caranya mengatasi rasa sedih Anda karena rindu.