Bahaya Anoreksia Rusak Tubuh Mereka

 bahaya Anoreksia

Anoreksia adalah suatu penyakit dimana seseorang membiarkan dirinya sendiri kelaparan karena merasa tubuhnya terlalu gemuk dan berat badannya berlebih. Penyakit ini biasanya menyerang remaja-remaja—terutama remaja wanita—pada masa puber karena di masa itu lah seorang remaja umumnya mulai menetapkan standar tubuh ideal mereka sendiri, biasanya langsing dan cenderung kurus. Orang-orang penderita anoreksia sangat takut gemuk dan sebagai hasilnya, mereka bisa menerapkan cara-cara diet ekstrim untuk menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu sesingkat mungkin. Cara-cara tersebut antara lain dengan olahraga berlebihan, mengonsumsi laksatif untuk mendorong keluarnya sisa makanan, atau bahkan menghindari makan. Dengan melakukan diet berbahaya tersebut, berat badan mereka bisa turun hingga 15% dari berat badan normal sehingga tubuh mereka terlihat sangat kurus. Walau demikian, seorang penderita anoreksia biasanya tetap berpikir bahwa tubuh mereka masih terlalu gemuk meskipun faktanya mereka sudah terlampau kurus, terserang penyakit, dan bahkan mendekati kematian.

Seorang penderita anoreksia menerapkan kebiasaan makan yang aneh, dimana mereka malu dan tidak mau makan di depan khalayak umum atau memberikan seporsi makanan besar pada orang lain namun dirinya sendiri tidak mau makan. Orang-orang yang menderita penyakit ini didominasi oleh kalangan kelas ekonomi dan sosial tinggi, serta orang-orang yang pekerjaannya menuntut mereka untuk bertubuh kurus, seperti misalnya artis, penari, dan pelari jarak jauh.
Gejala Anoreksia
Ada beberapa gejala awal anoreksia yang perlu kita waspadai, salah satu diantaranya adalah berat berat badan yang tidak stabil dan tidak seimbang dengan umur, postur, serta tinggi tubuh (biasanya mencapai 15% di bawah berat normal). Berikut ini adalah gejala-gejala lain seseorang menderita anoreksia :
-Tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan berturut-turut (untuk wanita)
-Tidak mau dan menolak makan di depan umum
-Sering merasa gelisah
-Lemah
-Kulit kusam
-Nafas pendek-pendek
-Khawatir berlebih terhadap asupan kalori

Menderita anoreksia dapat menganggu kestabilan kerja sistem tubuh sehingga menimbulkan beberapa dampak buruk, antara lain : penyusutan tulang, kehilangan mineral, rendahnya suhu tubuh, detak jantung yang tidak teratur, gangguan permanen terhadap pertumbuhan badan, rawan terkena osteoporosis, bahkan juga bulimia nervosa. Selain itu, ada dampak lebih buruk lagi apabila seorang penderita anoreksia mengonsumsi laksatif karena laksatif sangat berbahaya bagi tubuh. Laksatif adalah substansi yang akan memaksa tubuh mengeluarkan cairan serta makanan yang masih diproses di dalam usus sehingga nutrisinya tidak terserap sempurna. Laksatif juga mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang mungkin bisa terserap oleh tubuh. Penggunaan laksatif dalam jangka panjang bisa mengakibatkan gangguan permanen pada kestabilan sistem pencernaan serta menyebabkan tubuh kekurangan banyak nutrisi.
Penanganan Untuk Penderita Anoreksia
Apabila Anda mengetahui seorang penderita anoreksia, pertama-tama beri lah dorongan kepada mereka untuk mengatur pola makan dengan benar dan beri tahukan bahaya anoreksia. Namun apabila usaha Anda belum berhasil juga, Anda bisa membawa orang tersebut ke dokter atau konsultan kesehatan karena mereka dapat membantu penderita anoreksia memerangi penyakitnya

Memiliki tubuh yang langsing dan ramping adalah idaman banyak wanita. Banyak hal dilakukan agar tubuh menjadi ideal. Namun ada juga orang-orang yang mengalami pengurangan bobot tubuh secara fatal dan itu adalah sebuah penyakit bernama Anoreksia. Anoreksia sendiri memang merupakan penyakit kelainan yang berkaitan dengan pola makan seseorang.

Beruntunglah kamu memang masih bisa makan secara sehat. Karena para Arexia (orang penderita Anoreksia) benar-benar kesulitan dalam makan. Mereka berhenti makan sampai seolah-olah tidak menyadari kalau tubuhnya sendiri kelaparan. Sungguh sangat menyiksa dan dibutuhkan bantuan medis untuk bisa menyembuhkan dan mengembalikan bentuk tubuh.
Seseorang yang mengalami Anoreksia, akan kehilangan selera makan hingga tubuhnya perlahan menyusut dan sampai kekurangan gizi. Jika sudah sangat parah, Anoreksia bahkan mampu bermuara pada kematian. Dilansir Oddee, berikut ini adalah orang-orang yang mengalami Anoreksia akut hingga tubuh mereka super kurus.