Keanehan Para Penghuni Kos Ini Mengubah Kamu yang Mahasiswa Perantauan Jadi Tegar Kan?

"Selalu ada penjelasan untuk setiap tingkah aneh yang kamu temui."

Seumur hidupmu sampai lulus SMA, kamu tinggal di kotamu. Saat kuliah, universitas yang kamu tuju berada di kota lain. Mau tak mau, kamu harus merantau dan tinggal di kos. Saat itu, kamu harus beradaptasi tinggal serumah dengan orang-orang asing yang tidak kamu kenal sama sekali. Meskipun pada awalnya kamu melihat kelakuan teman-teman kosmu aneh, tapi yang dilakukan oleh mereka ternyata mampu membuatmu jadi mahasiswa perantauan yang tegar.

1. Ucapan selamat datang.

Ini aneh. Rasanya kamu jadi tamu dan orang asing. Kamu pun berpikir, mungkin kamu bakal kangen banget sama keluargamu. Mereka juga dengan sadis mengatakan kalau kamu bakal kangen sama orang tuamu. Walaupun mungkin mereka mengatakan apa adanya, tapi ternyata kehadiran mereka lumayan mengobati kangenmu pada orang tua.


2. Lalu diawali pagi pertamamu, kamu menemukan antrian kamar mandi yang tak kunjung habis.

Biasanya ini bakal kamu alami kalau teman-teman kosmu termasuk anak yang rajin kuliah. Mereka sudah hafal jam 6.00 jadwal mandinya siapa, 6.15 jadwal mandinya siapa, dan seterusnya. Sebagai anak baru, kamu akan ditanyai, kamu mau mandi jam berapa?



3. Minggu pertama kamu di kos, kamu akan menyadari kalau perlengkapan mandi yang komplit justru nggak berguna.


Kebanyakan kakak kelasmu masuk kamar mandi cuma bawa perlengkapan mandi sekadarnya. Yah, karena jatah mandi cuma 15 menit, barang siapa yang nekat luluran di kamar mandi pagi hari bakal jadi public enemy!









4. Kamu juga heran dengan kebiasaan nyuci dan setrika teman-teman kosmu.

 
Ada yang rajin banget nyuci baju tiap hari. Ada juga yang nyucinya kalau lemari udah mulai kosong. Terus dengan jumlah baju setrikaan yang segunung, dia kadang bahkan rela ngampus pake baju yang gak disetrika. Ada!









5. Lalu kamu akan menemukan teman-teman kos yang sholeh banget.


Biasanya kalau Muslim dia bakal ngajak kamu sholat berjamaah. Kalau Kristen atau Katolik, bakal rajin ngajak kamu ke gereja atau persekutuan doa. Dan mereka giat lho ngajakin tiap hari!










6. Kamu juga bakal ketemu teman kos yang suka dugem.


Teman ini biasanya bakal ngomong ke kamu, ayolah, mumpung gak ada jam malam dan orang tua yang mengawasi! Dugem aja! Duduk Gembira.











7. Selanjutnya, kamu akan takjub melihat bagaimana teman yang sholeh bisa membaur dengan gembira sama teman yang suka dugem.


Salah satu kolaborasi maut mereka adalah kerelaan mereka bukain pagar yang udah dikunci sama Ibu kos. Demi kamu dan teman dugemmu bisa tidur di ranjang, bukan tidur di jalanan.








8. Ketakjubanmu akan warna-warni kehidupan anak kos akan bertambah saat ketemu teman kos yang malas.


Kalau di kos biasanya dia bakal nonton TV mulu. Kapan jadwal kuliahnya kamu enggak tahu. Tapi kamu tahu dia hobi ganti channel TV pake jempol kaki, berhubungremote control-nya kehabisan baterai. Ada!




9. Kamu juga akan heran dengan teman kos bulananmu.


Jenis ini biasanya nggak eksis di kos, tapi dia ternyata sangat eksis di berbagai sosial media dan forum. Yah, keluar kamarnya jarang-jarang, paling pas akhir bulan doang karena kuota internetnya habis.









10. Yang kadang bikin jantungmu copot adalah jenis teman kos yang misterius.


Kamu nggak tahu kalau dia ada, atau kadang lupa kalau dia ada. Habisnya, kalau ketemu kamu dia juga enggak pernah nyapa. Kamarnya ada di pojok, dan kalau dia datang atau pulang, tak pernah ada anak kos yang mengetahuinya. Biasanya dia tipe anak yang aktif banget di kampusnya. Kalau nggak aktif ya, mungkin emang jenis yang berbeda aja.






11. Lalu masih ada temen kos yang suka kepo.


Meski kadang sikap keponya mengganggumu, tapi biasanya dia paling asyik kalau udah diajak ngobrol. Ada saja beragam tingkah gilanya untuk stalking temen kos yang lain, antara lain nguping pas ada temen kos lain yang lagi diapelin. Ada lho!







12. Akhir bulan pertamamu kamu akan belajar senasib sepenanggungan dengan teman-teman kosmu.


Kalian sama-sama menanti kiriman uang dari kampung. Kalau udah pada terima kiriman dari kampung aja biasanya rame-rame jalan-jalan sama temen kos. Makan bareng di restoran, nonton bioskop, nongkrong di kafe. Giliran deket-deket akhir bulan, belanja dan masak bergiliran buat dimakan bareng-bareng, nongkrongnya sambil nonton film hasil download. Atau, yah sekadar dandan cantik buat saling foto dan di-upload ke Instagram.



Hal-hal aneh itu akan terus berulang dan lama-kelamaan menjadi hal yang biasa untukmu. Teman-teman kos pun menjadi keluarga kedua bagimu!