Contoh Angket Skripsi ( Komunikasi Antar Pribadi )


Petujuk Pengisian!
Berilah tanda silang ( x ) pada alternatif jawaban yang sesuai dengan keadaan anda, pada lembar jawaban yang tersedia dengan ketentuan sebagai berikut :
a.       Selalu                                                  c.  Kadang – kadang
b.      Sering                                                  d. Hampir tidak pernah
1.      Dalam berkomunikasi dengan teman, anda memperhatikan teman yang diajak komunikasi?
2.      Anda mengalami kesulitan bila berbicara dihadapan teman terutama lawan jenis?
3.      Tanpa disadari, teman – teman merasa tersinggung karena ulah atau perkataan anda.
4.      Anda senang berkumpul bersama teman – teman.
5.      Anda bisa menjaga diri anda bila berteman terutama lawan jenis.
6.      Anda berdiam diri apa bila terjadi perpecahan antara teman dalam berkomunikasi.
7.      Berani mengeluarkan pendapat dalam suatu diskusi.
8.      Berani mengemukakan pendapat dihadapan teman sebaya.
9.      Bisa terbuka dalam berbicara dengan teman lawan jenis.
10.  Bisa terbuka dalam berbicara hanya teman sejenis.
11.  anda serius menanggapi dan memperhatikan masalah pribadi teman.
12.  Bagaimana reaksi teman anda ketika anda mengajaknya berkomunikasi ( berbicara )
a.       ia langsung mengerti apa yang saya maksud
b.      ia meminta saya untuk mengulangi pembicaraan bila ada yang belum jelas
c.       ia kukurang memperhatikan pembicaraan saya
d.      ia tidak mengerti apa yang saya maksud
13.  Teman anda memohon kepada anda agar tidak memberitahukan rahasia pribadinya kepada teman yang lain, maka sikap anda adalah
a.       Saya akan selalu menjaga rahasia pribadinya
b.      Saya tidak membicarakan rahasia pribadinya denga teman lain
c.       Bila ada teman yang memaksa untuk menceritakan rahasia tersebut, maka saya menceritakannya
d.      Saya senang menceritakan rahasia pribadi teman
14.  Bila teman anda menanyakan tentang keluarga anda, maka sikap anda adalah
a.       Saya akan menceritakan keadaan keluarga saya yang sebenarnya tetapi yang menyangkut rahasia tidak saya ceritakan
b.      Saya akan menjawab apa adanyatentang keadaan keluarga saya
c.       Saya malu jika menceritakan keadaan keluarga saya
d.      Saya akan menceritakan keadaan keluarga saya agar teman lain memuji saya
15.  Bila ada teman menghina anda, maka sikap anda adalah:
a.       Saya dapat menahan marah
b.      Saya diam saja
c.       Saya marah dan menegurnya agar tidak berbuat demikian
d.      Saya marah dan dendam kepadanya
16.  Bagaimana sikap anda pada saat mengikuti rapat pembentukan pengurus kelas?
a.       Saya mengusulkan calon pengurus yang memiliki kemampuan memimpin kelas, tetapi keputusan tetap pada rapat anggota kelas
b.      Saya mengusulkan calon pengurus yang kaya agar dapt mendukung kemajuan kelas, tetapi  keputusan tetap pada rapat anggota kelas
c.       Saya tidak mengajukan usul dan setuju pada hasil rapat anggota kelas
d.      Bila usul saya tidak diterima, maka saya tidak mau melaksanakan hasil rapat anggota kelas
17.  Teman anda memuji tulisan anda bagus, bagaimana sikap anda atas pujian tersebut?
a.       Saya bahagia
b.      Saya biasa – biasa saja
c.       Saya malu menerima pujian tersebut
d.      Saya merasa bahwa teman tersebut mengejek saya
18.  Bila teman anda lupa tidak membawa pulpen sedangkan anda memiliki lebih dari satu, maka sikap anda adalah:
a.       Menawarkan apakah ia mau meminjam pulpen saya
b.      Bila ia bilang mau pinjam, maka akan saya pinjami
c.       Bila ia bilang pinjam, saya bilang kalou punya cuma 1
d.       Saya tidak akan meminjamkannya
19.  Bagaimana sikap anda apa bila menghadapi teman yang mudah tersinggung perasaannya?
a.       Saya selalu berusaha untuk menghargainya
b.      Saya selalu berhati – hati jika akan berbicara dengannya
c.       Saya senang bercanda dengannya
d.      Saya tidak mau bergaul dengannya
20.  Pada saat saya berbicara dengan teman, dia membuat jarak yang dekat denga saya, maka pandangan saya tentang sikap dia adalah:
a.       Ia berusaha membuat hubungan yang akrab dengan saya
b.      Ia tidak merasa malu terhadap saya
c.       Ia merasa senang berbicara dekat dengan saya karena indra pendengaranya terganggu, maka jika berbicara harus dekat
d.      Saya biasa saja
21.  Bagaimana perasaan anda setelah berhasil menolong teman yang sedang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal latihan dari guru?
a.       Merasa bangga karena merasa paling pandai
b.      Saya tidak menghiraukannya
c.       Merasa puas karena bisa menolongnya
d.      Merasa kecewa bila teman yang ditolong tidak memberikan imbalan
22.  Jika ada teman yang selalu memerintah anda untuk melakukan apa yang ia inginkan bagaimana sikap anda?
a.       saya merasa tidak senang
b.      Tidak semua perintah saya mau melakukannya
c.       Saya mau melakukan semua perintahnya karena saya takut dengannya
d.      Saya selalu mengerjaakan apa yang ia perintah
23.  Bagaimana sikap anda ketika mengetahui teman anda mendapat nilai ujian baik
a.       Saya memberikan pujian
b.      Saya tidak perduli dengan hasil ujian teman
c.       Saya merasa iri
d.      saya merasa heran atas keberhasilannya
24.  Teman saya selalu memilih tempat duduk di belakang maka pandangan saya tentang dia adalah:
a.       Ia tidak memiliki keberanian
b.      Takut karena merasa dekat dekat dengan meja guru
c.       Bila duduk di depan tidak bebas mencontek saat ujian
d.      Ia suka mengobrol, sehingga memilih duduk di belakang
25.  Saat saya berbicara dengan teman saya, dia membusungkan dadanya, maka pandangan saya tentang dia adalah:
a.       Ia anak yang sombong
b.      Ia merasa jagoan
c.       Agar teman lain ,merasa takut dengannya
d.      Ia menantang saya
26.  Saat saya berbicara dengan teman, ia tampak berseri – seri maka pandangan saya tentang dia adalah:
a.       Suasana hatinya sedang bahagia
b.      Ia merasa puas karena nilai ujiannya baik
c.       Ia baru saja menerima surat dari temannya