Bahasa Tubuh: Apa Yang Dapat Anda Sampaikan Tanpa Harus Berkata-kata

 Secara sadar maupun tidak, kita selalu mengirim pesan pada orang lain. Tidak hanya melalui kata atau kalimat, pesan dapat dikirim melalui sikap, cara berdiri, kontak mata kita saat berhadapan dengan orang lain.

Sinyal non-verbal yang dikirimkan tubuh manusia ini juga merupakan cara orang mengomunikasikan sesuatu dalam dirinya, secara sadar maupun tidak. Menurut para ahli, bahasa tubuh memiliki pengaruh besar dalam komunikasi sehari-hari. Meskipun seringkali Anda tidak sadari, ekspresi wajah, posisi tangan anda menunjukkan suatu informasi yang cukup banyak.



Menurut berbagai penelitian, bahasa tubuh merupakan 50-70% dari komunikasi secara keseluruhan. Karena itu, sangat penting untuk memahami dan mengerti bahasa yang satu ini.
Ekspresi wajah dapat menggambarkan apa yang sedang dirasakan orang tersebut. Anda pasti dapat melihat perasaan senang ataupun sedih dalam diri seseorang hanya dari ekspresi wajahnya. Dan, tentu saja, bahasa ini sangat universal. Anda tidak perlu mengerti bahasa verbal yang mereka gunakan untuk mengerti perasaannya melalui ekspresi wajah.

Selain ekspresi wajah, bahasa tubuh juga terlihat dari mata. Kata orang, mata merupakan jendela dari hati, dari matanya Anda dapat sedikit mengintip isi hati orang tersebut. Tatapan mata, kedipan, bahkan ukuran pupil dapat menunjukkan sesuatu dalam diri mereka. Menatap langsung ke mata dapat diartikan sebagai keseriusan. Tetapi tatapan terus menerus ke arah mata dapat berarti ancaman. Kedipan yang terlalu sering menandakan ketidak nyamanannya.