SILABUS
PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 2 Moyudan
|
Sub
Tugas Perkembangan :
|
1. Mencapai
perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa
|
Bidang Bimbingan
|
Rumusan Kompetensi
|
Materi Pengembangan
Kompetensi
|
Kelas
|
Kegiatan Layanan
|
Kegiatan Pendukung
|
Penilaian 3)
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Bimbingan
PRIBADI
|
1. Memahami secara
lebih luas dan mendalam kaidah-kaidah ajaran agama yang dianutnya
|
Macam-macam
kaidah ajaran agama
|
7
|
ORIN
INFO
PKO
|
AI
HD
|
Laijapen
Laijapan
|
Bekerjasama dengan
Guru Agama
|
2. Meyakini
kaidah-kaidah ajaran agama yang dianutnya
|
Pokok-pokok
keyakinan ajaran agama yang dianutnya
|
||||||
3. Menjalankan
kaidah-kaidah ajaran agama yang dianutnya
|
Praktik
menjalankan ajaran agama
|
||||||
Bimbingan
SOSIAL
|
1. Memahami
pentingnya hubungan social sesuai dengan kaidah-kaidah ajaran agama
|
Contoh-contoh
hubungan social menurut ajaran agama
|
7
|
ORIN
INFO
PKO
KP
BKP
|
HD
|
Semua tahap
penilaian
|
Bekerjasama dengan
Guru Agama
|
2. Menjalankan
hubungan social berdasarkan kaidah-kaidah ajaran agama yang dianut
|
Praktik
hubungan social berdasarkan ajaran agama
|
1)
Jenis layanan :
ORIN
KP
INFO
BKP
PP
KKP
PKO
|
:
Layanan Orientasi
:
Layanan Konseling Perorangan
:
Layanan Informasi
:
Layanan Bimbingan Kelompok
:
Layanan Penempatan Penyaluran
:
Layanan Konseling Kelompok
:
Layanan Penguasaan Konten
|
2) Jenis Kegiatan
Pendukung
AI
HD
KK
KR
ATK
|
:
Aplikasi Instrumen
:
Himpunan Data
:
Konsferensi Kasus
:
Kunjungan Rumah
:
Alih Tangan Kasus
|
3)
Tahap Penilaian
Laiseg
Laijapen
Laijapan
|
:
Penilaian Segera
:
Penilaian Jangka Pendek
:
Penilaian Jangka Panjang
|
Bidang Bimbingan
|
Rumusan Kompetensi
|
Materi Pengembangan
Kompetensi
|
Kelas
|
Kegiatan Layanan
|
Kegiatan Pendukung
|
Penilaian 3)
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Bimbingan
BELAJAR
|
1. Memahami
kaidah-kaidah ajaran agama tentang belajar
|
Contoh-contoh
kegiatan belajar menurut ajaran agama
|
7
|
INFO
PKO
BKP
KKP
|
HD
|
Semua tahap
penilaian
|
Bekerjasama dengan
Guru Agama
|
2. Mewujudkan
kegiatan belajar sesuai dengan kaidah-kaidah ajaran agama
|
Praktik
kegiatan belajar menurut ajaran agama
|
||||||
Bimbingan
KARIR
|
1. Memahami
pentingnya kaidah-kaidah agama dalam pengembangan karir
|
Contoh-contoh
pengembangan menurut ajaran agama
|
7
7
|
INFO
PKO
BKP
KKP
|
HD
|
Semua tahap
penilaian
|
Bekerjasama dengan
Guru Agama
|
2. Menjalankan
kaidah-kaidah agama dalam pengarahan diri untuk pengembangan karir
|
Praktik
kegiatan bekerja yang mengarah pengembangan karir menurut ajaran agama
|
SILABUS
PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 2 Moyudan
|
Sub
Tugas Perkembangan :
|
2. Mempersiapkan
diri menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan
psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan sehat
|
Bidang Bimbingan
|
Rumusan Kompetensi
|
Materi Pengembangan
Kompetensi
|
Kelas
|
Kegiatan Layanan
|
Kegiatan Pendukung
|
Penilaian 3)
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Bimbingan
PRIBADI
|
1. Memahami
perubahan fisik dan psikisnya yang terjadi pada diri sendiri
|
Fakta
perubahan fisik dan psikis remaja
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
Bekerja
sama dengan guru Pendidikan Jasmani
|
2. Menerima
perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri
|
Contoh-contoh
sikap penerimaan terhadap perubahan fisik dan psikis
|
||||||
3. Memahami pola
hidup sehat
|
a.
Konsep pola hidup sehat
b.
Contoh-contoh pola hidup sehat
|
||||||
4. Menjalankan pola
hidup sehat
|
a. Cara-cara upaya
mengembangkan kondisi hidup sehat
b. Praktik
cara-cara mengupayakan pengembangan kondisi hidup sehat
|
||||||
Bimbingan
SOSIAL
|
1. Memahami bahwa
perubahan fisik dan psikis mempengaruhi hubungan social
|
a. Contoh-contoh
pengaruh perubahan fisik dan psikis terhadap hubungan social
b. Pengembangan
pengaruh positif dan menghindari pengaruh negative perubahan fisik dan psikis
terhadap hubungan sosial
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
Bekerja
sama dengan guru Pendidikan Jasmani
|
2. Memahami dan
bersikap empati kepada orang lain yang sedang mengalami perubahan fisik dan
psikis
|
a. Konsep empati
b. Contoh-contoh
empati terhadap orang yang sedang mengalami perubahan fisik dan psikis
c. Prakktik
bersikap empati terhadap orang yang sedang mengalami perubahan fisik dan
psikis
|
||||||
Bimbingan
BELAJAR
|
1. Memahami
pengaruh pperubahan fisik dan psikis terhadap kegiatan belajar
|
Contoh-contoh
pengaruh perubahan fisik dan psikis terhadap kkegiatan belajar
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
Bekerja
sama dengan guru Pendidikan Jasmani
|
2. Mampu mengatasi
kesulitan-kesulitan yang terjadi akibat perubahan fisik dan psikis dalam
kegiatan belajar
|
a. Cara-cara
mengatasi kesulitan yang terjadi akibat perubahan fisik dan psikis dalam
kegiatan belajar
b. Praktik
cara-cara mengatasi kesulitan yang terjadi akibat perubahan fisik dan psikis
dalam kegiatan belajar
|
||||||
Bimbingan
KARIR
|
1. Memahami bahwa
kondisi fisik dan psikis mempengaruhi pengembangan persiapan karir
|
Contoh-contoh
pengaruh perubahan fisik dan psikis terhadap pengembangan persiapan karir
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
Bekerja
sama dengan guru Pendidikan Jasmani
|
2. Mampu
mengembangkan kondisi fisik dan psikis yang sehat untuk pengembangan karir
|
a. Cara-cara
mengembangkan kondisi fisik dan psikis yang sehat untuk mengembangkan karir
b. Praktik
cara-cara mengembangkan kondisi fisik fan psikis yang sehat untuk
mengembangkan karir
|
SILABUS
PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 2 Moyudan
|
Sub
Tugas Perkembangan :
|
3. Mencapai pola hubungan yang baik dengan
teman sebaya dalam perannya sebagai pria atau wanita
|
Bidang Bimbingan
|
Rumusan Kompetensi
|
Materi Pengembangan
Kompetensi
|
Kelas
|
Kegiatan Layanan
|
Kegiatan Pendukung
|
Penilaian 3)
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Bimbingan
PRIBADI
|
1. Memahami peran
pribadi dalam kelompok sebaya sebagai pria atau wanita
|
Contoh-contoh
peran pribadi dalam kelompok sebaya sebagai pria atau wanita
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Menerima peran
pribadi dalam kelompok sebaya sebagai pria atau wanita
|
Contoh-contoh
penerimaan peran pribadi sebagai pria atau wanita dalam kelompok sebaya
tanpa membedakan teman pria atau
wanita pada posisi tertentu
|
||||||
3. Menjalankan
peran pribadi dalam kelompok sebaya pria atau wanita
|
Praktik
menjalankan peran pribadi dalam kelompok sebaya tanpa membedakan peran pria
atau wanita pada posisi tertentu
|
||||||
Bimbingan
SOSIAL
|
1. Memahami pola
hubungan social dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
|
Contoh-contoh
pola hubungan social dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau
wanita
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mampu menjamin
hubungan social dengan teman sebaya sesuai peranannya sebagai pria atau
wanita
|
a. Contoh-contoh
pola hubungan social dengan teman sebaya tanpa membedakan peran pria atau
wanita pada posisi tertentu
b. Praktik
menjalankan pola hubungan social dengan teman sebaya tanpa membedakan ppria
atau wanita pada posisi tertentu
|
||||||
Bimbingan
BELAJAR
|
1. Memahami
pengaruh hubungan teman sebaya terhadap kegiatan belajar
|
Contoh-contoh
pengaruh hubungan teman sebaya terhadap kegiatan belajar baik pengaruh
positif maupun pengaruh negatif
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mewujudkan
pengaruh positif dan menghindari pengaruh yang negative dari hubungan teman
sebaya terhadap kegiatan belajar
|
a. Cara-cara dan
prakktik pengembangan pengaruh positif hubungan teman sebaya terhadap
kegiatan belajar
b. Cara-cara dan
praktik menghindari dan mengatasi pengaruh negative hubungan teman sebaya
terhadap kegiatan belajar
|
||||||
Bimbingan
KARIR
|
1. Memanfaatkan
hubungan teman sebaya dalam upaya pengembangan persiapan karir
|
a. Contoh-contoh
kemanfaatan hubungan teman sebaya dalam upaya pengembangan persiapan karir
b. Praktik
pemanfaatan hubungan teman sebaya dalam upaya pengembangan persiapan karir
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Memahami bahwa
hak pria wanita mempunyai kedudukan yang sama dalam bekerja dan mengembangkan
karir
|
Konsep
persamaan jender dalam pilihan dan pengembangan karir
|
SILABUS PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 2 Moyudan
|
Sub
Tugas Perkembangan :
|
4. Memantapkan
nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih
luas
|
Bidang Bimbingan
|
Rumusan Kompetensi
|
Materi Pengembangan
Kompetensi
|
Kelas
|
Kegiatan Layanan
|
Kegiatan Pendukung
|
Penilaian 3)
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Bimbingan
PRIBADI
|
1. Memahami nilai
dan cara-cara berperilaku pribadi dalam kehidupan di luar kelompok sebaya
|
Contoh-contoh
nilai dancara berperilaku pribadi dalam kehidupan yang lebih luas
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Menjalankan
nilai dan cara berperilaku pribadi dalam kehidupan di luar kelompok sebaya
|
Praktik
menerapkan nilai dan cara berperilaku pribadi dalam kehidupan yang lebih luas
|
||||||
Bimbingan
SOSIAL
|
1. Memahami nilai
dan cara-cara berperilaku sosial dalam kehidupan di luar kelompok sebaya
|
Contoh-contoh
nilai dan cara berperilaku social dalam kehidupan di luar kelompok sebaya
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. mampu menerapkan
nilai dan cara-cara berperilaku sosial dalam kehidupan di luar kelompok
sebaya
|
Praktik
menerapkan nilai dan cara berperilaku dalam kehidupan dil luar kelompok
sebaya
|
||||||
Bimbingan
BELAJAR
|
1. Memahami
pengaruh hubungan dalam kehidupan yang lebih luas terhadap kegiatan belajar
|
Contoh-contoh
pengaruh nilai dan cara berperilaku dalam kehidupan yang lebih luas terhadap
kegiatan belajar
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mewujudkan
pengaruh positif dan menghindari pengaruh negative daari hubungan dalam
kehidupan social yang lebih luas terhadap kegiatan belajar
|
Praktik
mengembangkan pengaruh yang positif dan menghindari pengaruh negative
perilaku dalam kehidupan yang lebih luas terhadap kegiatan belajar
|
||||||
Bimbingan
KARIR
|
1. Memahami kaitan
antara nilai dan cara bertingkahlaku dalam bekerja
|
Contoh-contoh
keterkaitan antara nilai dan cara-cara bertingkahlaku dalam kehidupan yang
lebih luas terhadap kondisi bekerja dan pengembangan karir
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mampu
memanfaatkan hubungan dalam kehidupan yang lebih luas untuk pengembangan
karir
|
Praktik
mewujudkan hubungan yang baik antara nilai dan cara berperilaku terhadap
pengembangan karir
|
SILABUS PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 2 Moyudan
|
Sub
Tugas Perkembangan :
|
5. Mengenal
kemampuan bakat, minat serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni
|
Bidang Bimbingan
|
Rumusan Kompetensi
|
Materi Pengembangan
Kompetensi
|
Kelas
|
Kegiatan Layanan
|
Kegiatan Pendukung
|
Penilaian 3)
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Bimbingan
PRIBADI
|
1. Memahami
kemampuan bakat dan minat yang dimiliki
|
a. Konsep kemampuan
bakat, minat, karir dan apresiasi seni
b. Identifikasi
kemampuan bakat, minat, karir dan seni
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Memahami arah
kecenderungan karir sesuai dengan bakat dan minat
|
Identifikasi
kecenderungan arah karir sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat
|
||||||
3. Memahami arah
apresiasi seni
|
Identifikasi
arah apresiasi seni (seni rupa, seni lukis, seni sastra, seni suara dan
lain-lain) tanpa terlalu terikat pada kemampuan, bakat dan minat sendiri
|
||||||
Bimbingan
SOSIAL
|
1. Mengenal
aspek-aspek social terhadap kemampuan bakat dan minat
|
Contoh-contoh aspek-aspek social berkaitan
dengan kemampuan bakat minat
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Memahami
aspek-aspek social dalam pengembangan karir
|
Contoh-contoh
aspek-aspek social berkaitan dengan pengembangan karir
|
||||||
3. Memahami
aspek-aspek social dalam apresiasi seni
|
Contoh-contoh
aspek-aspek social berkaitan dengan apresiasi seni
|
||||||
Bimbingan
BELAJAR
|
1. Memahami
pengaruh positif kemampuan, bakat dan minat sendiri terhadap kegiatan belajar
|
a. Contoh-contoh
pengaruh positif kemampuan, bakat dan minat sendiri terhadap kegiatan belajar
b.Cara-cara dan
penerapan pengembangan pengaruh positif kemampuan, bakat dan minat sendiri
terhadap kegiatan belajar
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Memahami
pengaruh positif kecenderungan karir terhadap kegiatan belajar
|
a. Contoh-contoh
pengaruh positif kecenderungan karir terhadap kegiatan belajar
b. Cara-cara dan
penerapan pengembangan pengaruh positif dan kecenderungan karir terhadap
kegiatan belajar
|
||||||
3. Memahami
pengaruh positif apresiasi seni terhadap kegiatan belajar
|
a. Contoh-contoh
pengaruh positif, apresiasi seni terhadap kegiatan belajar
b. Cara-cara dan
penerapan apresiasi seni terhadap kegiatan belajar
|
||||||
Bimbingan
KARIR
|
1. Memahami
pengaruh kemampuan bakat dan minat terhadap karir
|
a. Contoh-contoh
pengaruh kemampuan bakat dan minat terhadap karir
b. Identifikasi
pengaruh kemampuan bakat dan minat sendiri terhadap pilihan karir
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mampu
mengarahkan kecenderungan karir sendiri sesuai dengan kemampuan, bakat dan
minat
|
Identifikasi
arah kecenderungan karir sendiri sesuai dengan kemampuan bakat dan minat
|
||||||
3. Mampu
mengapresiasi berbagai jenis karir termasuk karir dalam bidang seni
|
Identifikasi
apresiasi jenis karir termasuk karir dalam bidang seni tanpa terlalu terikat
pada kemampuan bakat dan minat sendiri
|
SILABUS
PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 2 Moyudan
|
Sub
Tugas Perkembangan :
|
6. Mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/
atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kegiatan masyarakat
|
Bidang Bimbingan
|
Rumusan Kompetensi
|
Materi Pengembangan
Kompetensi
|
Kelas
|
Kegiatan Layanan
|
Kegiatan Pendukung
|
Penilaian 3)
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Bimbingan
PRIBADI
|
1. Memiliki
kesadaran dan dorongan kuat untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang
menjadi program sekolah
|
Motivasi
dan semangat untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi
program sekolah
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Memiliki
kesadaran dan dorongan untuk melanjutkan pelajaran pada tingkat yang lebih
tinggi
|
Motivasi
dan semangat untuk melanjutkan pelajaran pada tingkat yang lebih tinggi
|
||||||
3. Memiliki
kesadaran dan dorongan untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya
|
Motivasi
dan semangat untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya
|
||||||
4. Memiliki
kesadaran dan dorongan untuk berperan aktif dalam kehidupan masyarakat
|
Motivasi
dan semangatuntuk berperan aktif dalam kehidupan masyarakat
|
||||||
Bimbingan
SOSIAL
|
1. Memahami dan
mewujudkan aspek-aspek social untukk materi yang dipelajari di SMP
|
a. Contoh-contoh
aspek-aspek social sebagai materi yang dipelajari di SMP
b. Mewujudkan
pengembangan pemanfaatan aspek-aspek social sebagai materi yang dipelajari di
SMP
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Memahami dan
mewujudkan aspek-aspek social dari upaya melanjutkan pendidikan yang lebih
tinggi
|
a. Contoh-contoh
aspek-aspek social dari upaya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
b. pengembangan pemanfaatan aspek-aspek social
untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
|
||||||
3. Memahami dan
mewujudkan aspek-aspek social dalam mempersiapkan karir
|
a. Contoh-contoh
aspek-aspek social dalam mempersiapkan karir
b. Mewujudkan
pengembangan
|
||||||
4. Memahami dan
mewujudkan aspek-aspek social dalam kehidupan masyarakat
|
a. Contoh-contoh aspek-aspek
social dalam kehidupan bermasyarakat
b. Mewujudkan
pengembangan aspek-aspek social dalam kehidupan bermasyarakat
|
||||||
Bimbingan
BELAJAR
|
1. Mampu
memparaktekkan cara-cara belajr dengan menggunakan sumber-sumber yang
bervariasi dan luas
|
Motivasi,
sikap, kebiasaan dan keterampilan belajar di dalam dan di luar kelas, membaca
cepat dan tepat, menyiapkan tugas, karya tulis, ulangan/ ujian, belajar
mandiri dan kelompok, menggunakan alat Bantu dan sumber belajar (termasuk
buku, kamus, ensiklopedi, jurnal, computer) untuk semua mata pelajaran
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mampu belajar
secara optimal untuk menguasai program-program di SMP
|
a. Sikap kebiasaan
dan keterampilan belajar secara optima untuk menguasai program program di SMP
b. Praktik
pengembangan sikap kebiasaan dan keterampilan belajar secara optimal
|
||||||
3. Mampu belajar
secara optimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut
|
a. Sikap kebiasaan
dan keterampilan belajar yang optimal untuk menguasai bekal bagi program
pelajaran lebih lanjut
b. Praktik
pengembangan sikap, kebiasaan dan keterampilan belajar secara optimal untuk
menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut
|
||||||
4. Mampu belajar
secara optimal untuk pengembangan mempersiapkan karir
|
a. Sikap kebiasaan
dan keterampilan belajar secara optimall untuk pengembangan mempersiapkan
karir
b. Praktik
pengembangan kebiasaan dan keterampilan belajar secara optimal untuk
pengembangan mempersiapkan karir
|
||||||
5. Mampu belajar
secara optimal untuk kehidupan dalam masyarakat
|
a. Sikap kebiasaan
dan keterampilan belajar secara optimal untuk kehidupan dalam masyarakat
b. Praktik
pengembangan sikap kebiasaan dan keterampilan belajar secara optimal untuk
kehidupan dalam masyarakat
|
||||||
Bimbingan
KARIR
|
1. Mampu memkaitkan
pengetahuan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di SMP dengan
karir-karir trtentu
|
a. Keterkaitan
pengetahuan dan keterampilan program SMP dengan karir-karir tertentu
b. Praktik
peningkatan keterkaitan pengetahuan dan keterampilan program SMP dengan karir-karir tertentu
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mampu mengkaitkan
pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di SMP dengan arah pengembangan
karir tertentu
|
Keterkaitan
pengetahuan dan keterampilan program di SMP dengan arah pengembangan karir
yang diinginkan
|
||||||
3. Mampu
menyelenggarakan pengembangan persiapan karir
|
Identifikasi
pilihan pengembangan persiapan karir yang diinginkan
|
||||||
4. Mampu
memanfaatkan peranan dalam kehidupan masyarakat untuk pengembangan persiapan
karir
|
a. Identifikasi
peranan kehidupan masyarakat untuk pengembangan persiapan karir yang
diinginkan
b. praktik
penerapan peranan kehidupan masyarakat untuk pengembangan persiapan karir
yang diinginkan
|
SILABUS
PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 2 Moyudan
|
Sub
Tugas Perkembangan :
|
7. Mengenal
gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional
dan ekonomi
|
Bidang Bimbingan
|
Rumusan Kompetensi
|
Materi Pengembangan
Kompetensi
|
Kelas
|
Kegiatan Layanan
|
Kegiatan Pendukung
|
Penilaian 3)
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Bimbingan
PRIBADI
|
1. Memiliki
gambaran tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, dan ekonomi
|
Konsep
dan contoh-conatoh kehidupan mandiri secara emosional, social, dan ekonomi
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Memiliki
gambaran tentang sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara
emosional social dan ekonomi
|
Contoh-contoh
sikap yang seharusnya diambil dalam kehidupan mandiri secara emosional,
social, dan ekonomi
|
||||||
3. Memiliki
kesamaan dan dorongan untuk melaksanakan sikap dasar dalam kehidupan mandiri,
emosional, social dan ekonomi
|
Motivasi
untuk melaksanakan sikap dasar dalam kehidupan mandiri secara emosional,
social, dan ekonomi
|
||||||
Bimbingan
SOSIAL
|
1. Memahami
aspek-aspek social dari gambaran kehidupan mandiri secara emosional, social
dan ekonomi
|
Contoh-contoh
aspek social dari gambaran kehidupan mandiri secara emosional, social, dan
ekonomi
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mewujudkan sikap
dalam hubungan social berkenaan dengan kehidupan mandiiri secara emosional,
social dan ekonomi
|
a. Cara-cara
bersikap dalam hubungan social berkenaan dengan kehidupan mandiri secara
emosional, social, dan ekonomi
b. Prakktik cara
bersikap dalam hubungan social berkenaan dengan kehidupan mandiri secara
emosional, social, dan ekonomi
|
||||||
Bimbingan
BELAJAR
|
1. Memahami
pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri, secara emosional, social
dan ekonomi dalam kegiatan belajar
|
Contoh-contoh
pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri secara emosional, social,
dan ekonomi
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mampu mewujudkan
pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri, secara emosional, social
dan ekonomi dalam kegiatan belajar
|
Cara
mewujudkan pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri secara emosional,
social, dan ekonomi dalam kegiatan belajar, serta penerapannya
|
||||||
Bimbingan
KARIR
|
1. Memahami
kehidupan karir sesuai dengan gambaran tentang kehidupan mandiri, secara
emosional, social dan ekonomi
|
Contoh-contoh
kehidupan karir sesuai dengan gambaran kehidupan mandiri secara emosional,
social, dan ekonomi
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mampu mewujudkan
sikap dasar dalam pengembangan karir untuk kehidupan mandiri, secara
emosional, social dan ekonomi
|
Cara-cara
mewujudkan sikap dasar dalam pengembangan karir untuk kehidupan mandiri
secara emosional, social, dan ekonomi serta penerapannya
|
SILABUS
PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Jenjang
Sekolah : SMP Negeri 2 Moyudan
|
Sub
Tugas Perkembangan :
|
8. Mengenal system
etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat
dan warga negara
|
Bidang Bimbingan
|
Rumusan Kompetensi
|
Materi Pengembangan
Kompetensi
|
Kelas
|
Kegiatan Layanan
|
Kegiatan Pendukung
|
Penilaian 3)
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Bimbingan
PRIBADI
|
1. Memiliki
kesadaran ada dan perlunya system etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai
pribadi dan anggota masyarakat
|
Konsep
dan contoh-contoh system etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi
dan anggota masyarakat
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Memiliki
dorongan yang kuat untuk berperilaku sesuai dengan system etika dan nilai
bagi pedoman hidup sebagai pribadi dan anggota masyarakat
|
Mootivasi
untukberperilaku sesuai dengan system etika dan nilai bagi pedoman hidup
sebagai pribadi dan anggota masyarakat
|
||||||
Bimbingan
SOSIAL
|
1. Memahami aspek-aspek
social dalam sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi,
anggota masyarakat, dan warga negara
|
Contoh-contoh
aspek social dalam system etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi
dan anggota masyarakat dan Warga Negara
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mewujudkan
aspek-aspek social dalam system etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup
sebagai sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan warga negara
|
Cara-cara
mewujudkan aspek-aspek social dalam system etika dan nilai bagi pedoman hidup
sebagai
Warga
Negara
|
||||||
Bimbingan
BELAJAR
|
1. Memahami
pengaruh system etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota
masyarakat, dan warga negara
|
Contoh-contoh
pengaruh system etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi dan
anggota masyarakat dan warga Negara dalam kegiatan belajar
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mampu mewujudkan
pengaruh system etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota
masyarakat, dan warga Negara dalam kegiatan belajar
|
Cara-cara
mewujudkan pengaruh system etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi
dan anggota masyarakat dan warga Negara dalam kegiatan belajar serta
penerapannya
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Bimbingan
KARIR
|
Memahami
penerapan system etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
|
Contoh
penerapan system etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
Ketua Kelas 7 A
............................................
|
Ketua Kelas 7 B
............................................
|
Ketua Kelas 7 C
............................................
|
Ketua Kelas 7 D
............................................
|
Ketua Kelas 7 E
.........................................
|
Ketua Kelas 7 F
..........................................
|
Mengetahui/
Mengesahkan :
Kepala
Sekolah,
SITI
ROSIDAH, S.Pd
NIP
196106181984032006
|
Moyudan,
Juli 2011
Guru
Pembimbing,
DIDIK
SAIFURRAKHMAN, S.Pd
NIP
197302211998021001
|
|||
Bimbingan
BELAJAR
|
1. Memahami
pengaruh system etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota
masyarakat, dan warga negara
|
Contoh-contoh
pengaruh system etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi dan
anggota masyarakat dan warga Negara dalam kegiatan belajar
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
|
2. Mampu mewujudkan
pengaruh system etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota
masyarakat, dan warga Negara dalam kegiatan belajar
|
Cara-cara
mewujudkan pengaruh system etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi
dan anggota masyarakat dan warga Negara dalam kegiatan belajar serta
penerapannya
|
||||||
Bimbingan
KARIR
|
Memahami
penerapan system etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
|
Contoh
penerapan system etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
|
7
|
Semua jenis layanan
|
Semua kegiatan
pendukung
|
Semua tahap
penilaian
|
Mengetahui/
Mengesahkan :
Kepala
Sekolah,
Drs.
HARYANTO
NIP
195401101982031005
|
Moyudan, Juli 2010
Guru
Pembimbing,
SUPRIHATIN, B.A.
NIP
19560705 198602 2 003
|
![]() |
|
===============================================================
SOSIALISASI SILABUS
PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KELAS VII
DIDIK SAIFURRAKHMAN, S.Pd.
NIP.1973022119980210013
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SMP NEGERI 2 MOYUDAN
Setran Sumberarum Moyudan Sleman 55563 Telp (0274)
7483066
2011
![]() |
![]() |
|
===============================================================
SOSIALISASI SILABUS
PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
SUPRIHATIN, B.A.
NIP. 19560705 198602 2 003
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SMP NEGERI 2 MOYUDAN
Setran Sumberarum Moyudan Sleman 55563 Telp (0274)
7483066
2011
![]() |