TIPS CARA MELAKUKAN RISET KATA KUNCI DI GOOGLE KEYWORD PLANNER


pentingnya melakukan riset kata kunci sebelum blogging
Setiap blogger seharusnya mengetahui cara melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Keyword Planner. Kenapa? Karena itu akan membantu kita mengukur potensi trafik yang bisa kita peroleh.


Ini adalah tahap awal yang wajib anda lakukan jika anda mengharapkan sesuatu dari aktifitas blogging. Kalau anda melakukan blogging just for fun, maka tentunya anda tidak perlu melakukan ini.

Kenapa saya katakan riset kata kunci di Google Keyword Planner ini sebagai sesuatu yang penting? Karena seringkali saya menemukan banyak orang mengalami kekecewaan besar dalam aktifitas blog ataupun bisnis online-nya karena mengabaikan yang satu ini. Mereka sudah menghabiskan banyak waktu dan tenaga dalam optimasi hanya untuk mendapatkan trafik yang sangat kecil .... Jika trafik saja kecil, maka tentunya anda bisa membayangkan bagaimana besarnya persentase yang bisa diubah menjadi sebuah transaksi.

Lain kasus kalau sekali deal hasilnya lumayan besar.... Misalnya, anda deal menjual sebuah rumah.... hasilnya bisa dipakai untuk beberapa bulan ke depan sambil menunggu deal lainnya.

Jadi sebelum anda kecewa karena trafik yang sangat buruk, ada baiknya anda segera melakukan riset keyword dengan menggunakan Google Keyword Planner ini. (Sebenarnya ini adalah alat "pengganti" dari alat riset kata kunci Google External Keyword Tools yang karena sesuatu hal Google keyword tools ini ditutup Agustus 2013 yang lalu)

1. MENDAFTARKAN AKUN GOOGLE ANDA PADA ADWORDS

Kalau anda sudah mempunyai sebuah akun Google, maka anda cukup melakukan prosedur di bawah ini untuk mendapatkan sebuah akun Adwords (sebuah customer ID).
  • Silahkan masuk ke dalam halaman Google keyword planner (klik di sini)
  • Anda akan diminta melakukan login dengan menggunakan akun dan password gmail
masuk adwords dengan menggunakan akun google anda
  • Pilih Zona Waktu dan setelahnya klik CONTINUE
tentukan negara dan zona waktu anda di adwords
  • Tunggu pesan bahwa anda sudah berhasil membuat akun dan klik link untuk membuka akun adwords anda.
akun adwords anda sudah selesai
  • Anda akan diminta sekali lagi melakukan login, jadi masukkan lagi akun dan password gmail yang sebelumnya sudah didaftarkan....
Dengan demikian pendaftaran anda sudah selesai. Anda siap menggunakan Google Keyword Planner....

2. CARA MENGGUNAKAN GOOGLE KEYWORD PLANNER UNTUK MELAKUKAN RISET KATA KUNCI

Untuk memilih kata kunci dengan menggunakan alat eksternal Google ini, silahkan ikuti panduan di bawah ini.

  • Setelah anda masuk ke halaman ADWORDS klik menu TOOLS AND ANALYSIS, akan muncul drop down....yang menampilkan KEYWORD PLANNER, klik sub menu tersebut.
buka google keyword planner pada adwords
  •  Pada halaman baru klik Search for new keyword and ad group ideas
    pilih opsi untuk mencari kata kunci baru
  • Masukkan kata kunci yang anda inginkan pada formulir, lalu ubah lokasi dan bahasa menjadi Indonesia (jika target anda hanyalah pasar domestik). Setelah itu klik GET IDEAS  
atur parameter formulir riset kata kunci
  • Pada halaman hasil, klik tab KEYWORD IDEAS untuk menampilkan daftar panjang.
  • Jika anda pebisnis online, maka klik AVG.MONTHLY SEARCHES untuk memperlihatkan kata kunci dengan pencarian terbanyak
  • Jika anda pencari uang dari memasang iklan Adsense, maka klik AVG.CPCuntuk memperlihatkan kata kunci dengan bayaran termahal
pilih tab keywords idea untuk melihat hasil pencarian bulanan
Oleh karena Avg. Monthly Searches adalah parameter jumlah pencarian kata kunci, maka nilai inilah yang harus menjadi fokus utama perhatian anda. Ada 2 hal yang perlu anda ketahui tentang nilai dari Avg. Monthly Searches ini, yaitu:
  • Google menampilkan hasill pencarian exact. Yang dimaksud dengan exactadalah jumlah pencarian yang dilakukan dengan memasukkan kata kunci yang benar-benar sama persis dengan yang anda ketikkan saat melakukan riset.
  • Oleh karena hasilnya adalah exact, maka anda harus mencoba memasukkan beberapa variasi lain dari kata kunci anda untuk menemukan jumlah pencarian yang sebesar-besarnya dari riset kata kunci ini
Bagaimana kalau misalnya setelah banyak variasi dan hasilnya tetap kecil? Anda bisa memperluas wilayah dengan membahas masalah-masalah lain yang masih cukup berkaitan dengan topik anda saat ini. Jadi anda bisa mendapatkan trafik tambahan dari kata kunci "perluasan" tersebut. Untuk mengkonversinya, pastikan anda memasang banner yang menarik perhatian....

Kalau setelah diperluas masih juga kecil nilai pencariannya? Ya tidak ada pilihan selain mengoptimalkan yang kecil itu. Apakah yang sedikit itu bisa anda ubah menjadi nilai uang yang lumayan? Kalau tidak sebaiknya dipikirkan sekali lagi, apakah bisnis atau rencana blogging anda ini berharga untuk dilanjutkan...

Jadi seringkali riset kata kunci itu tidak membawa anda melihat penghasilan yang luar biasa, tapi sekedar "menyelamatkan" anda dari aktifitas yang membuang waktu dan tenaga anda....