TIPS CARA MENINGKATKAN RANKING DENGAN MEMUASKAN PENGUNJUNG BLOG

Banyak blogger yang mengutak-atik blog mereka supaya SEO friendly, dan berharap blognya menjadi ranking 1 di Google. Tapi di sisi lain mereka mengabaikan faktor kepuasan pengunjung yang sampai ke halaman-halaman blognya.

Ini sebenarnya adalah sesuatu yang sangat keliru, karena Google juga menilai parameter kepuasaan pengunjung yang mereka antarkan ke blog anda. Saya sudah mengamati banyak blog di Indonesia, dan blog-blog yang lebih memikirkan kualitas konten untuk kepuasan pengunjung, cenderung mendapat ranking yang lebih baik, daripada mereka yang disibukkan dengan teknik SEO canggih bin ajaib....

SEO itu sangatlah perlu, tapi kalau anda mengabaikan kepuasan pengunjung, maka anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dari SEO itu sendiri, karena sebagian poin SEO terletak pada aktifitas pengunjung di halaman blog saudara.

CARA MEMUASKAN PENGUNJUNG BLOG UNTUK MENDAPAT RANKING


Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa teman-teman lakukan untuk meningkatkan kepuasaan dari para pengunjung yang membaca artikel-artikel kita....

  • Cobalah untuk melihat tampilan preview dari artikel sebelum saudara menerbitkan artikel tersebut. Bacalah artikel tersebut dari sudut pandang pengunjung blog. Kira-kira jika anda yang menjadi pengunjung blog apakah anda akan puas dengan informasi tersebut. 
  • Pastikan anda juga meneliti kompetitor, apakah ada yang menyediakan informasi yang lebih baik dari anda. Jika ada, maka cobalah untuk membuat posting anda lebih baik lagi.
  • Setelah itu lihat lagi apakah artikel tersebut sudah terstruktur dengan baik untuk poin-poin pembahasannya. Apakah anda akan mudah mengerti informasi tersebut, seandainya anda bukan pengarangnya?
  • Jika memang diperlukan jangan ragu menaruh sumber luar pada artikel anda. Tapi sebaiknya saudara memilih sumber luar yang juga berkualitas dan lebih berotoritas dari blog anda.
  • Jika anda membuat sebuah halaman untuk kepentingan bisnis online, maka kepercayaan adalah sesuatu yang sangat diperlukan. Pastikan anda menyediakan nomor kontak dan alamat yang jelas untuk para pengunjung website anda.
  • Cobalah untuk membaca banyak artikel sejenis dan pikirkan apa saja yang masih perlu diperbaiki dari konten yang ada di blog anda.
  • Sisipkan juga gambar yang ilustratiff yang bisa membantu pengunjung anda memahami isi dari artikel.
  • Buatlah halaman artikel yang jelas untuk dibaca pengunjung blog anda. Jangan banyak script canggih seperti sisipan iklan, atau iklan melayang yang menghalangi pandangan pengunjung, karena terkadang ada pengunjung yang sangat malas melihat situs seperti itu.....jadi mereka akan langsung saja menutupnya.
  • Pastikan juga blog anda mempunyai sistem navigasi yang baik, sehingga pengunjung bisa dengan mudah menemukan artikel-artikel saudara.

Tujuan akhir dari semuanya ini adalah untuk membuat pengunjung kita betah, yang akan menambah waktu kunjungan mereka di blog kita. Jika bisa kita juga harus mendorong pengunjung blog kita untuk membaca artikel-artikel kita yang lain sehingga bounce rate dari blog kita juga ikut membaik.

Baiknya nilai parameter dari waktu kunjungan dan rasio pentalan ini yang akan membantu menambah poin kita untuk mendapatkan ranking yang lebih baik lagi di Google.

Banyak blogger yang akan mencibir masukan seperti ini, karena bagi mereka kualitas konten itu tidak sepenting SEO itu sendiri. Bagi mereka teknik-teknik seperti link wheel, dan backlink tier saja yang bisa dipercaya....

Tapi sekali lagi saya katakan bahwa blog-blog yang berada di lapisan atas alexa cenderung merupakan blog dengan kualitas konten yang baik. Jadi kalau anda membangun blog untuk kepuasan pembaca, anda juga sudah memuaskan robot mesin pencari, tapi kalau anda cenderung fokus untuk memuaskan robot pencari saja, maka anda cenderung membuat pengunjung tidak nyaman....

Sekali lagi, .... Strategi SEO terbaik adalah membangun Website yang Bermanfaat, Relevan, Informatif dan menyenangkan bagi Pengunjung.