Apa Itu Google Webmaster Tools ? Dan Apa Manfaatnya Untuk Blog Kita


Google Webmaster Tools adalah fitur dan fasilitas yang diberikan oleh Google untuk mempermudah dalam penggunaan Situs dalam ruang lingkup Mesin Pencari atau Search Engine. Dengan Google Webmaster Tools, kita bisa mengamati tentang pergerakan dan aktifitas Situs kita dalam mesin pencari.


Apa saja manfaatnya ?

1.   Memberi fasilitas konfigurasi
Fasilitas konfigurasi pada Google Webmaster Tools memungkinkan kita untuk mengatur target geografis sesuai tujuan, URL parameter, tautan situs, pengaturan pengguna Google Webmaster, perubahan alamat, dan lain-lainnya.

2.   Memberi informasi tentang aktifitas situs
- mengetahui kesalahan perayapan (crawl) oleh google, kesalahan server, dan kesalahan URL
- mengetahui grafik tentang beberapa kesalahan crawl, kesalahan server, dn kesalahan URL
- mengetahui banyaknya URL yang diindeks oleh Google
- mengetahui URL yang dicekal karena salah setting dalam pengaturan situs
- mengetahui keywords (kata kunci) yang digunakan pengunjung dalam mengunjungi situs kita
- mengetahui banyak link kita yang diklik oleh para pengunjung
- dan masih banyak lagi informasi yang terkait dengan situs

3.  Kinerja Situs
Karena berbagai alasan yang datang, tahun lalu Google mengumumkan bahwa waktu buka situs akan menjadi faktor dalam peringkat algoritma. Tapi bagaimana pemilik situs bisa tahu seberapa cepat loading situsnya ?
Salah satu fungsi penambahan Google Labs' terbaru ke Google Webmaster Tools adalah sebagai alat Situs Kinerja, yang bisa menunjukkan pemilik situs seberapa cepat loading situs ketika diakses dan bagaimana jika dibandingkan dengan situs yang lain. Kita bisa melihatnya dalam grafik history tentang kecepatan dan beban situs kita.

4.   Deteksi malware
Sebuah situs yang terdaftar di Google Webmaster Tools dan telah diverifikasi, Google akan memberitahu tentang informasi ketika ia menemukan malware di situs tersebut. Ia menunjukkan pada situs tersebut tentang suatu yang mencurigakan dan dianggap sebagai malware. Ia juga menawarkan saran tentang solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Jika Google Webmaster Tools menemukan sesuatu mencurigakan atau malware di situs kita, semua pengunjung situs kita di aplikasi Google Chrome akan mulai melihat pesan peringatan, jadi segera ikuti saran dan solusi yang diberikan Google. Setelah kita telah memecahkan masalah malware, Anda dapat kembali ke Google Webmaster Tools dan Google telah menelusuri ulang situs untuk memastikan bahwa ia tidak lagi mendeteksi masalah malware. Begiu juga dengan para pengunjung ke situs kita, mereka yang menggunakan aplikasi Google Chrome tidak akan lagi melihat pesan peringatan. Ini adalah hal yang penting dalam mengupayakan keamanan situs kita.

5.   Meningkatkan kualitas dan pagerank situs
Google Webmaster juga mendukung upaya situs dalam meningkatkan pergerakan pagerank. Kita bisa melakukan upaya tersebut melaui penyempurnaan HTML dengan menghapus link yang rusak, duplikat konten, duplikat meta deskripsi, dan memperbaiki judul tag yang hilang (salah satu penyebabnya karena kita lupa menulis judul posting, sedangkan Google telah mengindeks URL posting tersebut). Dan lain sebagainya.

6.   Perpindahan Historical Data dari Satu Domain ke domain lainnya
Google menyediakan cara praktis untuk menjaga data historis dari Google Webmaster Tools meskipun jika profil situs telah berubah karena domain situs juga berubah. Jika kita memiliki domain baru dan menginginkan untuk berpindah domain, maka cukup membuat domain itu dengan Google Webmaster Tools dan memverifikasinya, seperti yang akan kita lakukan pada setiap situs. Kemudian gunakan Perubahan fitur Alamat di Google Webmaster Tools untuk mengingatkan Google dalam memindahkan data historis dari profil domain lama ke yang baru.

Nah, jika kita belum terdaftar silahkan mendaftar dulu Google Webmaster Tools karena ini sangat bermanfaat bagi situs kita terutama blog.