Judul Skripsi Jurusan Ilmu Tanah Terbaru

1.    Pengaruh Pemberian Berbagai Mva Dan Pupuk Kandang Ayam Pada TanamanTembakau Deli Terhadap Serapan P Dan Pertumbuhan Ditanah Inceptisol Sampali2.

2.    Isolasi Dan Uji Potensi Rhizobia Dari Bahan Asal Tanah Gambut Pada TanamanKacang Kedelai (Glycine Max(L). Merrill)3.

3.    Pengaruh Pemupukan Organik dan Anorganik Terhadap Pertumbuhan dan ProduksiRosela (Hibiscus sabdariffa L.)Serta Perubahan Temperatur Tanah4.

4.    Kajian Debit Dan Kualitas Air Sungai Di Berbagai Kawasan Kabupaten Pakpak Bharat5.

5.    Survey dan Pemetaan Bahan Organik di Kebun Sukaluwei PT. NV PERIMEXKecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang6.

6.    Dampak Debu Vulkanik Letusan Gunung Sinabung Terhadap Unsur Hara Makro diKabupaten Karo7.

7.    Survey Pemetaan Total Fosfor Dan Logam Berat Kadmium Pada Satu HamparanLahan Pertanian Di Desa Guru Singa Kecamatan Berastagi8.

8.    Penetapan Metode Analisis P Tersedia Tanah Entisol9.

9.    Evaluasi Status Hara N, P, K Dan C-Organik Yang Terangkut Erosi Akibat PenerapanBerbagai Teknik Mulsa Vertikal Di Lahan Miring Pada Pertanaman Jeruk (CitrusSinensis) Di Desa Rumah Galuh Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat10.


10.  Dinamika Populasi Jamur Pada Tanah Ultisol Akibat Pemberian Berbagai BahanOrganik Limbah Perkebunan11.

11.  Perubahan Beberapa Sifat Kimia Tanah Andisol Pada Sistem Pertanian Organik Akibat Pengolahan Tanah Dan Pemberiaan Pupuk Organik 12.

12.  Efek Residu Pupuk Organik Terhadap Produksi Sawi (Brassica Juncea L) DanBeberapa Sifat Kimia Tanah Andisol13.

13.  Kepekaan Tanaman Kedelai (Glycine max. L.Merrill) Terhadap Kadar Air PadaBeberapa Jenis Tanah14.

14.  Pemberian Beberapa Jenis Rock Phosphate, Mikroorganisme Pelarut Fosfat danBahan Organik Terhadap P-Tersedia dan Pertumbuhan Tanaman Kedelai ( Glycinemax L. Merr ) Pada Ultisol15.

15.  Rehabilitasi Tanah Andisol Yang Terdegradasi Di Desa Tongkoh Kecamatan TigaPanah Terhadap Tanaman Lobak(Raphanus Sativus L.)16.

16.  Kajian Pelapukan Geokimia (R 
17.  – 
Ø  C) Tanah Andisol Di Desa Tongkoh KecamatanTiga Panah Kabupaten Karo17.

18.  Laju Emisi Gas Metan (CH4) dan Suhu Udara Pada Lahan Padi Sawah Akibat Teknik Budidaya dan Pemberian Jerami18.

19.  Dampak Debu Vulkanik Letusan Gunung Sinabung Terhadap Unsur Hara Makro diKabupaten Karo19.

20.  Laju Emisi Gas Karbondioksida (CO2) Dan Kadar Air Di Lahan Padi Sawah PadaFase Vegetatif Akibat Teknik Budidaya Serta Pemberian Jerami20.

21.  Uji Pemberian Kascing Dan Limbah Tembakau (Pabrik Rokok) Terhadap BeberapaSifat Kimia Ultisol Dan Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays L.)21.

22.  Evaluasi Kesesuaian Lahan Di Desa Rumah Pilpil Kecamatan Sibolangit KabupatenDeli Serdang Untuk Tanaman Manggis (Garcinia manggostana. L)22.

23.  Perubahan Beberapa Sifat Kimia Tanah Ultisol Asal Mancang Akibat PemberianKompos Enceng Gondok Dan Sisa Kotoran Lembu Serta Efeknya TerhadapPertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays L.)

24.  23.

25.  Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis quenensis Jacq),Coklat (Theobroma cacao) Dan Karet (Havea brasiliensis) Di Desa BelintengKecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat24.

26.  Pengukuran Laju Infiltrasi Pada Tata Guna Lahan Yang Berbeda Di Desa TanjungSelamat Kecamatan Medan Tuntungan Medan25.

27.  Pendugaan Faktor Produksi Pepaya (Carica papaya L) Di Kebun Bekala Simalingkar Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang26.

28.  Reklamasi Lahan Bergaram Secara Fitoremediasi Menggunakan Bunga Matahari27.

29.  Karakteristik Dan Klasifikasi Tanah Berbahan Induk Aluvium Dan Vulkan DiKecamatan Tanjung Morawa Berdasarkan Soil Taxonomy 200328.

30.  Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Terhadap Produksi Sawi (Brassicajunceal) DanBeberapa Sifat Kimia Tanah Andisol29.

31.  Pengkajian Surat Fisika Dan Kimia Tanah Pada Media Tumbuh Tanaman Eucalyptus(Eucalyptus)30.

32.  Kajian SO4 dan K2O Tanah pada Beberapa Sistem Agroforestry di KawosanPenyangga Taman Nosionai Gunung Leuser 31.

33.  Pengaruh Tanaman Penutup Tanah, Mulsa Jerami Terhadap Beberapa Sifat Fisik Tanah, Aliran Permukaan Dan Erosi Pada Dua Tingkat Kemiringan Lereng Ultisol32.

34.  Kajian Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Tahunan Dan Tanaman Semusim DiKawasan Penyangga Taman Nasional Gunung Leuser Study Kasus: Di Dusun PamahSemilir Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat33.

35.  Perbandingan Kualitas Air Sungaj Deli dengan Baku Mutu dalam Hubungannyadengan Pengembangan Irigasi34.

36.  Kajian P20 5 dan Mg Tanah Pada Beberapa Sistem Agrforestri di KawasanPenyangga Taman Nasional Gunung Lauser 35.

37.  Pengaruh Pemberian Endapan Dekanter Pabrik Kelapa Sawit dan Fosfat AlamTerhadap Ketersediaan P Pada Tanah Ultisol36.

38.  Pengujian Pengolahan Tanah Konservasi Dan Inokulasi Mikoriza Terhadap SifatFisika Dan Kimia Tanah Serta Produksi Beberapa Varietas Kacang Tanah (Arachishypogaea,L.)37.

39.  Isolasi Dan Uji Potensi Mikroorganisme Selulolitik Asal Tanah Gambut Dan KayuSedang Melapuk Dalam Mendekomposisikan Kayu38.

40.  Prediksi Laju Aliran Permukaan Pada Tata Guna Lahan Yang Berbeda DenganMenggunakan Metode Rasional39.

41.  Efek Residu Pemberian Limbah Padat Pabrik Rokok Dan Pupuk Fosfat Pada UltisolTerhadap Ketersediaan Serta Serapan Fosfat Dan Kalium Pada Tanah Serta TanamanPadi (Oryza Sativa L.)40.

42.  Respons Tanaman Tembakau Deli Pada Beberapa Tingkat Pemberian Air dengan pHyang Beberbeda41.

43.  Kajian Pelapukan Geokimia Pada Batuan Tuff Dasit Di Desa Lingga Julu KecamatanSimpangempat Kabupaten Karo42.

44.  Kajian Pelapukan Pedokimia Berdasarkan Mineral Liat Pada Tanah Berbahan Induk Alluvial Dan Tuff Liparit Di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang43.

45.  Pengaruh Beberapa Media Tanam Dan Intensitas Pemupukan Terhadap PertumbuhanAnggrek (Oncidium Golden Shower)44.

46.  Survei Pemetaan Kemasaman Tanah Di Desa Pintu Air Kecamatan Pangkalan SusuKabupaten Langkat45.

47.  Pemberian Silikat Tumbuhan Sebagai Amelioran Silikat Bagi Tanah Andisol46.

48.  Isolasi Dan Uji Potensi Mikroorganisme Pelarut Fosfat Yang Berasal dari BahanTanah Histosol

49.  47.

50.  Kajian Sifat Tanah Akibat Alih Fungsi Lahan Tembakau Deli Menjadi LahanPerkebunan Tebu di PTPN II Kebun Tandem Hulu Kabupaten Deli Serdang48.

51.  Evaluasi Kesesuaian Lahan Di Desa Rumah Pilpil Kec. Sibolangit Kab. Deli SerdangUntuk Tanaman Mangga (Mangifera spp), Sirsak (Annona muricata L.) Dan JambuMete (Anacardium occidentale L.)49.

52.  Kajian Pelapukan Pedokimia (A?B) Andisol Berdasarkan Mineral Liat Di DesaTongkoh Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo50.

53.  Ketersediaan Hara-P Dan Respon Tanaman Jagung (Zea Mays L) Pada Tanah UltisolTambunan-A Akibat Pemberian Guano Dan Mikroorganisme Pelarut Fosfat (MPF)51.

54.  Profil Asam Humat dan Fulvat pada Tanah Andisol di Desa Tongkoh kecamatan TigaPanah Kabupaten Karo52.

55.  Penyebaran Unsur Hara Dari Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit Yang DiaplikasikanPada Tanah Di Perkebunan Kelapa Sawit PT. Amal Tani53.

56.  Efisiensi Pemupukan Sp-36 Pada Ultisol Mancang Melalui Pengelolaan Dosis danWaktu Pemberian54.

57.  Kajian Pelapukan Pedokimia (A?B) Berdasarkan Mineral Liat Pada Tanah BerbahanInduk Alluvial Dan Tuff Liparit Di Kecamatan Tanjung Morawa55.

58.  Isolasi Dan Uji Potensi Mikroorganisme Selulolitik Dalam Dekomposisi SisaTanaman Tembakau Deli PTPN II Kebun Sampali56.

59.  Evaluasi Kesesuaian Lahan Tanaman Cabai (Capsicum Annum L.) Dusun PamahSemilir Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat57.

60.  Kajian C dan N Tanah pada beberapa Sistem Agroforestry di Kawasan PenyanggaTanaman Nasional Gunung Leuser (Studi Kasus Kecamatan Sei Binga
61.  – 
62.  Langkat).58.

63.  Perkembangan dan Klasifikasi Tanah Berdasarkan Soil Taxonomy 2003 di Desa Juhar Kecamatan Juhar Kabupaten Karo59.

64.  Evaluasi Kesesuaian Lahan Sawah untuk Beberapa Tanaman Pangan di KecamatanTanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang60.

65.  Analisis Curahan Tenaga Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan UsahataniKacang Tanah61.

66.  Perbandingan Beberapa Sifat Fisik Tanah Pada Lahan Vegetasi Dan Non Vegetasi DiTahura Bukit Barisan Kabupaten Karo62.

67.  Survey Dan Pemetaan Tanah Detail Di Kebun Sukaluwei PT. NV PerimexKecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang63.

68.  Korelasi Beberapa Sifat Tanah Dengan Produksi Pada Tanaman Tembakau Deli DiPTPN II Sampali Kabupaten Deli Serdang64.

69.  Pengaruh Pemberian Pupuk Sp-36, KCL, Kieserit Dan Kotoran Sapi Terhadap JumlahMikroorganisme Pada Andisol Tongkoh Kabupaten Karo65.

70.  Kajian Pelapukan Pedokimia (A?B) Berdasarkan Mineral Liat Pada Tanah BerbahanInduk Alluvial Dan Tuff Liparit Di Kecamatan Tanjung Morawa66.

71.  Pengaruh Pemberian Pupuk Rock Fosfat Dan Berbagai Jenis Isolat MikorizaVesikular Arbuskula Terhadap Produksi Tanaman Kedelai (Glycine max. L. Merill)Pada Tanah Gambut Ajamu, Labuhan Batu67.

72.  Populasi Organisme Tanah Pada Daerah Aplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa SawitPT. Amal Tani Kabupaten Langkat68.

73.  Kajian Kuantitatif Pelapukan Pedokimia(C?A)pada Tanah Berbahan Induk Tuff Dasitdi Desa Lingga Julu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo69.

74.  Pemetaan Status Hara K-tukar, Ca-tukar, Dan Mg-tukar Di Kebun Tanjung GarbusPagar Merbau PTPN II70.

75.  Perbandingan Perkembangan Dan Tingkat Pelapukan Tanah yang berasal dariFormasi Permokarbon, Tertier dan Vulkan di Daerah Tapanuli Selatan
76.   Pengaruh Pemberian Berbagai Mva Dan Pupuk Kandang Ayam Pada Tanaman Tembakau Deli Terhadap Serapan P Dan Pertumbuhan Ditanah Inceptisol Sampali     
77.   Isolasi Dan Uji Potensi Rhizobia Dari Bahan Asal Tanah Gambut Pada Tanaman Kacang Kedelai (Glycine Max(L). Merrill)       
78.   Pengaruh Pemupukan Organik dan Anorganik Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Rosela (Hibiscus sabdariffa L.)Serta Perubahan Temperatur Tanah
79.   Kajian Debit Dan Kualitas Air Sungai Di Berbagai Kawasan Kabupaten Pakpak Bharat
80.   Survey dan Pemetaan Bahan Organik di Kebun Sukaluwei PT. NV PERIMEX Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang      
81.   Dampak Debu Vulkanik Letusan Gunung Sinabung Terhadap Unsur Hara Makro di Kabupaten Karo 
82.   Survey Pemetaan Total Fosfor Dan Logam Berat Kadmium Pada Satu Hamparan Lahan Pertanian Di Desa Guru Singa Kecamatan Berastagi
83.   Penetapan Metode Analisis P Tersedia Tanah Entisol
84.   Evaluasi Status Hara N, P, K Dan C-Organik Yang Terangkut Erosi Akibat Penerapan Berbagai Teknik Mulsa Vertikal Di Lahan Miring Pada Pertanaman Jeruk (Citrus Sinensis) Di Desa Rumah Galuh Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat       
85.   Dinamika Populasi Jamur Pada Tanah Ultisol Akibat Pemberian Berbagai Bahan Organik Limbah Perkebunan
86.   Perubahan Beberapa Sifat Kimia Tanah Andisol Pada Sistem Pertanian Organik Akibat Pengolahan Tanah Dan Pemberiaan Pupuk Organik
87.   Efek Residu Pupuk Organik Terhadap Produksi Sawi (Brassica Juncea L) Dan Beberapa Sifat Kimia Tanah Andisol        
88.   Kepekaan Tanaman Kedelai (Glycine max. L.Merrill) Terhadap Kadar Air Pada Beberapa Jenis Tanah
89.   Pemberian Beberapa Jenis Rock Phosphate, Mikroorganisme Pelarut Fosfat dan Bahan Organik Terhadap P-Tersedia dan Pertumbuhan Tanaman Kedelai ( Glycine max L. Merr ) Pada Ultisol
90.   Rehabilitasi Tanah Andisol Yang Terdegradasi Di Desa Tongkoh Kecamatan Tiga Panah Terhadap Tanaman Lobak(Raphanus Sativus L.)
91.   Kajian Pelapukan Geokimia (R –> C) Tanah Andisol Di Desa Tongkoh Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo
92.   Laju Emisi Gas Metan (CH4) dan Suhu Udara Pada Lahan Padi Sawah Akibat Teknik Budidaya dan Pemberian Jerami
93.   Dampak Debu Vulkanik Letusan Gunung Sinabung Terhadap Unsur Hara Makro di Kabupaten Karo 
94.   Laju Emisi Gas Karbondioksida (CO2) Dan Kadar Air Di Lahan Padi Sawah Pada Fase Vegetatif Akibat Teknik Budidaya Serta Pemberian Jerami
95.   Uji Pemberian Kascing Dan Limbah Tembakau (Pabrik Rokok) Terhadap Beberapa Sifat Kimia Ultisol Dan Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays L.)          
96.   Evaluasi Kesesuaian Lahan Di Desa Rumah Pilpil Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Untuk Tanaman Manggis (Garcinia manggostana. L)
97.   Perubahan Beberapa Sifat Kimia Tanah Ultisol Asal Mancang Akibat Pemberian Kompos Enceng Gondok Dan Sisa Kotoran Lembu Serta Efeknya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays L.)
98.   Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis quenensis Jacq), Coklat (Theobroma cacao) Dan Karet (Havea brasiliensis) Di Desa Belinteng Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat
99.   Pengukuran Laju Infiltrasi Pada Tata Guna Lahan Yang Berbeda Di Desa Tanjung Selamat Kecamatan Medan Tuntungan Medan
100. Pendugaan Faktor Produksi Pepaya (Carica papaya L) Di Kebun Bekala Simalingkar Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang
101. Reklamasi Lahan Bergaram Secara Fitoremediasi Menggunakan Bunga Matahari
102. Karakteristik Dan Klasifikasi Tanah Berbahan Induk Aluvium Dan Vulkan Di Kecamatan Tanjung Morawa Berdasarkan Soil Taxonomy 2003
103. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Terhadap Produksi Sawi (Brassicajunceal) Dan Beberapa Sifat Kimia Tanah Andisol       
104. Pengkajian Surat Fisika Dan Kimia Tanah Pada Media Tumbuh Tanaman Eucalyptus (Eucalyptus)
105. Kajian SO4 dan K2O Tanah pada Beberapa Sistem Agroforestry di Kawosan Penyangga Taman Nosionai Gunung Leuser       
106. Pengaruh Tanaman Penutup Tanah, Mulsa Jerami Terhadap Beberapa Sifat Fisik Tanah, Aliran Permukaan Dan Erosi Pada Dua Tingkat Kemiringan Lereng Ultisol
107. Kajian Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Tahunan Dan Tanaman Semusim Di Kawasan Penyangga Taman Nasional Gunung Leuser Study Kasus: Di Dusun Pamah Semilir Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat
108. Perbandingan Kualitas Air Sungaj Deli dengan Baku Mutu dalam Hubungannya dengan Pengembangan Irigasi            
109. Kajian P20 5 dan Mg Tanah Pada Beberapa Sistem Agrforestri di Kawasan Penyangga Taman Nasional Gunung Lauser       
110. Pengaruh Pemberian Endapan Dekanter Pabrik Kelapa Sawit dan Fosfat Alam Terhadap Ketersediaan P Pada Tanah Ultisol
111. Pengujian Pengolahan Tanah Konservasi Dan Inokulasi Mikoriza Terhadap Sifat Fisika Dan Kimia Tanah Serta Produksi Beberapa Varietas Kacang Tanah (Arachis hypogaea,L.)
112. Isolasi Dan Uji Potensi Mikroorganisme Selulolitik Asal Tanah Gambut Dan Kayu Sedang Melapuk Dalam Mendekomposisikan Kayu
113. Prediksi Laju Aliran Permukaan Pada Tata Guna Lahan Yang Berbeda Dengan Menggunakan Metode Rasional            
114. Efek Residu Pemberian Limbah Padat Pabrik Rokok Dan Pupuk Fosfat Pada Ultisol Terhadap Ketersediaan Serta Serapan Fosfat Dan Kalium Pada Tanah Serta Tanaman Padi (Oryza Sativa L.)
115. Respons Tanaman Tembakau Deli Pada Beberapa Tingkat Pemberian Air dengan pH yang Beberbeda
116. Kajian Pelapukan Geokimia Pada Batuan Tuff Dasit Di Desa Lingga Julu Kecamatan Simpangempat Kabupaten Karo  
117. Kajian Pelapukan Pedokimia Berdasarkan Mineral Liat Pada Tanah Berbahan Induk Alluvial Dan Tuff Liparit Di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang   
118. Pengaruh Beberapa Media Tanam Dan Intensitas Pemupukan Terhadap Pertumbuhan Anggrek (Oncidium Golden Shower)
119. Survei Pemetaan Kemasaman Tanah Di Desa Pintu Air Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat
120. Pemberian Silikat Tumbuhan Sebagai Amelioran Silikat Bagi Tanah Andisol
121. Isolasi Dan Uji Potensi Mikroorganisme Pelarut Fosfat Yang Berasal dari Bahan Tanah Histosol
122. Kajian Sifat Tanah Akibat Alih Fungsi Lahan Tembakau Deli Menjadi Lahan Perkebunan Tebu di PTPN II Kebun Tandem Hulu Kabupaten Deli Serdang
123. Evaluasi Kesesuaian Lahan Di Desa Rumah Pilpil Kec. Sibolangit Kab. Deli Serdang Untuk Tanaman Mangga (Mangifera spp), Sirsak (Annona muricata L.) Dan Jambu Mete (Anacardium occidentale L.)
124. Kajian Pelapukan Pedokimia (A?B) Andisol Berdasarkan Mineral Liat Di Desa Tongkoh Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo              
125. Ketersediaan Hara-P Dan Respon Tanaman Jagung (Zea Mays L) Pada Tanah Ultisol Tambunan-A Akibat Pemberian Guano Dan Mikroorganisme Pelarut Fosfat (MPF)
126. Profil Asam Humat dan Fulvat pada Tanah Andisol di Desa Tongkoh kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo 
127. Penyebaran Unsur Hara Dari Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit Yang Diaplikasikan Pada Tanah Di Perkebunan Kelapa Sawit PT. Amal Tani
128. Efisiensi Pemupukan Sp-36 Pada Ultisol Mancang Melalui Pengelolaan Dosis dan Waktu Pemberian
129. Kajian Pelapukan Pedokimia (A?B) Berdasarkan Mineral Liat Pada Tanah Berbahan Induk Alluvial Dan Tuff Liparit Di Kecamatan Tanjung Morawa
130. Isolasi Dan Uji Potensi Mikroorganisme Selulolitik Dalam Dekomposisi Sisa Tanaman Tembakau Deli PTPN II Kebun Sampali       
131. Evaluasi Kesesuaian Lahan Tanaman Cabai (Capsicum Annum L.) Dusun Pamah Semilir Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat
132. Kajian C dan N Tanah pada beberapa Sistem Agroforestry di Kawasan Penyangga Tanaman Nasional Gunung Leuser (Studi Kasus Kecamatan Sei Binga – Langkat).
133. Perkembangan dan Klasifikasi Tanah Berdasarkan Soil Taxonomy 2003 di Desa Juhar Kecamatan Juhar Kabupaten Karo
134. Evaluasi Kesesuaian Lahan Sawah untuk Beberapa Tanaman Pangan di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang
135. Analisis Curahan Tenaga Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Usahatani Kacang Tanah
136. Perbandingan Beberapa Sifat Fisik Tanah Pada Lahan Vegetasi Dan Non Vegetasi Di Tahura Bukit Barisan Kabupaten Karo              
137. Survey Dan Pemetaan Tanah Detail Di Kebun Sukaluwei PT. NV Perimex Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang      
138. Korelasi Beberapa Sifat Tanah Dengan Produksi Pada Tanaman Tembakau Deli Di PTPN II Sampali Kabupaten Deli Serdang      
139. Pengaruh Pemberian Pupuk Sp-36, KCL, Kieserit Dan Kotoran Sapi Terhadap Jumlah Mikroorganisme Pada Andisol Tongkoh Kabupaten Karo    
140. Kajian Pelapukan Pedokimia (A?B) Berdasarkan Mineral Liat Pada Tanah Berbahan Induk Alluvial Dan Tuff Liparit Di Kecamatan Tanjung Morawa
141. Pengaruh Pemberian Pupuk Rock Fosfat Dan Berbagai Jenis Isolat Mikoriza Vesikular Arbuskula Terhadap Produksi Tanaman Kedelai (Glycine max. L. Merill) Pada Tanah Gambut Ajamu, Labuhan Batu
142. Populasi Organisme Tanah Pada Daerah Aplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit PT. Amal Tani Kabupaten Langkat
143. Kajian Kuantitatif Pelapukan Pedokimia(C?A)pada Tanah Berbahan Induk Tuff Dasit di Desa Lingga Julu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo
144. Pemetaan Status Hara K-tukar, Ca-tukar, Dan Mg-tukar Di Kebun Tanjung Garbus Pagar Merbau PTPN II      
145. Perbandingan Perkembangan Dan Tingkat Pelapukan Tanah yang berasal dari Formasi Permokarbon, Tertier dan Vulkan di Daerah Tapanuli Selatan
146. Klasifikasi Tanah Dari Bahan Induk Tuff Liparit Di Desa Hutabolon, Samosir Berdasarkan Soil Taxonomy Usda
147. Pengaruh Jenis Bahan Organik Terhadap Kualitas Kompos Dan Pengujian Kompos Terhadap Sifat Fisik Tanah Ultisol Serta Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays, L)
148. Karakterisasi dan Klasifikasi Tanah-Tanah Yang Berasal dari Permo Karbon dan Tertier di Daerah Tapanuli Selatan
149. Pengkajian Horizon Penciri Pada Tanah-Tanah Dari Formasi Permo Karbon, Tertier Dan Vulkan Di daerah Tapanuli Selatan
150. Perbandingan Beberapa Sifat Fisika Dan Kimia Tanah Tegakan Pinus mercusii Dan EucalyPtus sp Pada Inceptisol Di Daerah Aek Nauli
151. SurVey Evaluasi Status Hara P-Tersedia Tanah Terbadad Produksi Tanaman Markisa (Passiflora edulis f. Edulis) di Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo
152. Pengaruh Pemberian Lateks Dan Pupuk Kandang Terhadap Beberapa Sifat Fisik Ultisol Dan Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea Mays L.)             
153. Prediksi Erosi Dengan Metode Usle (Universal Soil Loss Equation) Pada Vegetasi Pinus Dan Eucalyptus Di Kab. Simalungun
154. Kajian pH dan KTK Tanah pada Beberapa Sistem Agroforestry di Kawasan Penyangga Taman Nasional Gunung Leuser       
155. Pengaruh Berat Tanah Dan Pemberian Bahan Organik Kotoran Sapi Terhadap Sifat Fisika Dan Kimia Tanah Serta Pertumbuhan Tanaman Tembakau Deli (Nicotina tabakum L)
156. 30-Oct-2012                Perkembangan Tanah Sebagai Suatu Fungsi Waktu Pada Tanah-Tanah Berasal Dari Formasi Pefmo Karbon, Paleogen, Neogen Dan Vulkan di Daerah Tapanuli Selatan
157. Pengaruh Tingkat Kejenuhan Aluminium Terhadap Sifat-Sifat Ultisol Dan Pertumbuhan Beberapa Varietas Kedelai (Glycine max)
158. Pengaruh Residu K Terhadap Efisiensi Pemupukan Kalium Pada Tanaman Padi Sawah (Oryza sativa L)             
159. Kajian Sifat Fisik Dan Kimia Tanah Aluvial Pada Vegetasi Mangrove Di Desa Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan
160. Perkembangan Tanah Berdasarkan Tiga Dimensi Pada Sekuen Bahan Induk Di Daerah Tapanuli Selatan
161. Respon Tanaman Jagung Akibat Penambahan Kompos Dan Waktu Pemberian Kompos Yang Berbeda Pad A Lahan Kritis (Horizon B )
162. Pengaruh Pemberian Rock Fosfat dan Beberapa Jenis Bahan Organik Pada Ultisol Terhadap P-Tersedia Tanah dan Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays)
163. Morfologi Dan Klasiflkasi Tanah Podsolik Coklat Dan Podsolik Coklat Kelabu Di Desa Hutabolon Kecamatan Pangururan Samosir Berdasarkan Taksonomi Tanah Tahun 1998.
164. Pengaruh Penempatan Pupuk Fosfat Alam Dan Pemberian Blotong Terhadap Pertumbuhan, Produksi Dan Serapan P Tanaman Jagung (Zea mays L.)” Pada Ultisol Tambunan-A
165. Pengaruh Pemberian Beberapa Stimulator Perombak Bahan Organik Terhadap pengomposan Tandan Kosong Kelapa Sawit
166. Tanggap Tanaman Jagung (Zea mays L.) Dan Perubahan Tingkat C-Organik Serta Serapan -N Akibat pemberian Blotong Dan Pupuk Urea Pada Ultisol Asal Gebang
167. Pengaruh Bahan Organik Terhadap Ketersediaan Hara P Dari Beberapa Jenis Pupuk Fosfat Pada Tanah Ultisol            
168. Evaluasi Sifat Fisik Tanah Gambut Dengan Pembuatan Parit Drain Ase Pada Ketebalan Gambut Yang Berbeda Di Desa Nahodaris Kecamatan Panti Tengah Kabupaten Labuhan Batu
169. Infektifitas Dan Efektifitas Beberapa Ektomfkorim Terhadap Bibit Meranti Merah (Shorea leprosula)
170. Klasifikasi Tanah di Daerah Siondop Kecamatan Siais Kabupaten Tapanuli Selatan Menurut Soil Taxonomi USDA
171. Kajian Sifat Kimia Tanah Pada Berabagai Jenis Penggunaan Lahan di Kawasan Penyangga Taman Nasional Gunung Leuser ; Studi Kasus di Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat, Sumatera Utara
172. Kajian Horison Penciri Dua Pedon Asal Bahan Induk Tuff Masam dan Andesit Tua di Kecamatan Sipahutar dan Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara   
173. Uji Antagonisme Gliocladium dan Trichoderma Terhadap Penyakit Layu Fusarium oxysporum f.sp. cubense di Laboratorium
174. Tanggap Tanaman Jagung (Zea mays L.) Terhadap Pemberian Kompos Kulit Kakao Dan Kapur Dolomit terhadap pH, P-Tersedia dan C-Organik pada Ultisol Asal Tanjung Morawa
175. Evaluasi Lahan Untuk Pengembangan Tanaman Manggis (Garcinia mangostana L.) di Kabupaten Mandailing Natal
176. Pengaruh Pemberian Kompos Kulit Buah Kakao Dan Zeolit Terhadap pH, KTK, Al-dd Pada Entisol Dan Ultiso
177. Evaluasi Kesesuaian Lahan Metode Faktor Rating untuk Tanaman Tebu di Siondop Kecamatan Siais Kabupaten Tapanuli Selatan
178. Dampak Debu Vulkanik Gunung Sinabung Terhadap Perubahan Sifat Kimia Tanah Inceptisol.
179. Pengaruh Pemberian Abu Serbuk Gergaji dan Kompos terhadap Kimia Hara Tanah dan Produksi Tanaman Jagung (ZeamaysL) padaUltisol Mancang
180. Uji Korelasi Produksi Tanaman Padi (Oryza satyva, L) dengan Potensi Lahan Kabupaten Mandailing Natal
181. Kejenuhan Basa, Ketersediaan Hara, Pertumbuhan bagi Bangun-Bangun (Coleus amboinicus Lour.) dan Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) pada Tanah Gambut Asal Labuhan Batu
182. Karakteristik Kimia Tanah Andisol Pada Kemiringan Lereng Berbeda di Taman Hutan Raya Bukit Barisan Kabupaten Karo.
183. Evaluasi Kesesuaian Lahan Pada Tanaman Pengganti Nenas (Jeruk, Markisa Dan Manggis) Di Desa Sipahutar Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara
184. Pengaruh Pemberian Serum Darah Sapi Dan Ayam Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabai Rawit (Capsicum Frutescens L.) Pada Tanah Ultisol
185. Kajian Debit Aliran Sungai dan Sedimen Melayang serta Arahan Penggunaan Lahan pada Tiga Outlet Sub DAS di Kawasan Hulu DAS Padang
186. Dampak Pemberian Kiserit Dan Kotoran Ayam Terhadap Produksi Sawi (Brassica juncea L.) Pada Tanah Ultisol Asal Simalingkar
187. Evaluasi Kesesuaian Lahan Desa Harian dan Desa Sitinjak Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir untuk Berbagai Tanaman Palawija
188. Penetapan Tingkat Erodibilitas Tanah Berdasarkan Kemiringan Lereng di Kecamatan Pancur Batu Dengan Berbagai Metoda
189. Aplikasi kompos Tithonia diversifolia dan pupuk SP-36 terhadap pertumbuhan dan serapan tanaman jagung (Zea mays L.) serta ketersediaan fosfor pada Ultisol Mancang.
190. Evaluasi Kesesuaian Lahan Desa Harian dan Desa Sitinjak Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir Untuk Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) dan Bawang Putih (Allium sativum L.)
191. Penggunaan Kompos Chromolaena odorata dan Tithonia diversifolia Sebagai Pembenah Sifat Kimia Tanah Tererosi Berat di Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun
192. Pemberian Bahan Organik dan Fosfat Alam Untuk Mengurangi Penggunaan Pupuk Urea, SP- 36 dan KCl pada Tanah Sawah serta Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan dan produksi Tanaman Padi (Oryza sativa)           
193. Pemberian abu Tulang Sapi dan Beberapa Asam Organik Untuk Meningkatkan Ketersediaan Fosfat Pada Tanah Ultisol
194. Klasifikasi Tanah Di Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo Menurut Keys To Soil Taxonomy 2006
195. Evaluasi Basa-Basa Tukar dan Kapasitas Tukar Kation Tanah yang Diaplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit di PT SMART Kebun Padang Halaban Labuhan Batu Utara
196. Tanggap Tanaman Jagung ( Zea mays L ) Terhadap Pemupukan P dan Kotoran Ayam Pada Tanah Ultisol Asal Mancang Kabupaten Langkat
197. Evaluasi Sifat Fisik, pH, dan C-Organik Tanah Akibat Aplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit Di PT. Smart Padang Halaban Kabupaten Labuhan Batu Utara
198. Evaluasi Kesesuaian Lahan pada Tanah Inseptisol di Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang untuk Tanaman Duku (Lansium domesticum Corr.)              
199. Kajian Pola Distribusi Mineral Liat pada Tiga Jenis Tanah Berdasarkan Tingkat Perkembangan Tanah di Lahan Kampus Pertanian USU Baru Kwala Bekala
200. Evaluasi Kesesuaian Lahan Desa Harian Dan Desa Sitinjak Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir untuk Tanaman Kopi (Coffea sp)
201. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik dan Pupuk Anorganik Terhadap Kadar N, P, dan K Tanah, Serapan N, P, dan K Serta Pertumbuhan Padi dengan Metode SRI (System of Rice Intensification).
202. Pemanfaatan Pupuk Kandang Untuk Mengurangi Pemakaian Pupuk Nitrogen Pada Tanaman Padi Sawah (Oryza sativa L.)  
203. Kajian Pelapukan Pedokimia (C-> A) Berdasarkan Mineral Liat Pada Tanah Berbahan Induk Tuff Dasit Di Desa Juhar Kecamatan Juhar Kabupaten Karo   
204. Aplikasi Pupuk Kandang Sapi pada Beberapa Varietas Tanaman Bayam (Amaranthus spp)
205. Dampak Debu Vulkanik Gunung Sinabung terhadap Perubahan Sifat Fisika dan Kandungan Logam Berat pada Inceptisol.
206. Pengaruh Inkubasi Dan Pemberian Beberapa Sumber Fosfat Alam, Mikroorganisme Pelarut Fosfat Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kedelai (Gfycine Max L.Merr ) Pada Tanah Andisol
207. Pemupukan Tanaman Padi Sawah Dengan Penggunaan Azolla, Fosfat Alam dan Arang Jerami Padi Sebagai Pupuk Alternatii NPK
208. Peningkatan Bahan Organik Tanah dan pH tanah Ultisol Simalingkar B Melalui Perlakuan Bokashi dan Dolomit Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jagung (Zea mays L)
209. Selidik Warna Tanah Terhadap Karakteristik Tanah Gambut di Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu
210. Pengaruh Pemberian Bokashi Dan Dolomit Terhadap Ketersediaan Unsur Hara (N,P,K) Tanah Dan Serapan Tanaman Jagung (Zea mays fjnn) Pada Ultisol Daerah Simalingkar
211. Pengaruh Pemberian Blotong Dan Perlakuan Inkubasinya Pada Tanah Sawah Terhadap pH, P-tersedia, Al-dd, Serapan P Dan Pertumbuhan Tanaman Padi
212. Evaluasi Kesesuaian Lahan Metode Faktor Rating Untuk Tanaman Padi Sawah (Oryza sativa) di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang
213. Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Markisa Asam (Passiflora edidis f) di Dusun Pamah Semilir Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat
214. Ketersediaan Hara-P dan Respon Tanaman Jagung (Zea maysL)pada Tanah Ultisol Tambunan A Akibat Pemberian Guano dan Mikroorganisme Pelarut Fosfat (MPF)
215. Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Dan Fosfat Alam Terhadap P-Tersedia Tanah Dan Serapan P-Tanaman Serta Pertumbuhan Kacang Hijau (Phaseolus radiatus) Pada Tanah Ultisol
216. Peningkatan P-Tersedia Tanah Akibat Pemberian Pupuk P dan Kompos Jerami Padi Pada Ultisol
217. Kaitan Nilai Zero Point of Charge (ZPC) dengan Beberapa Sifat Kimia Tanah Lainnya Pada Andisol Dataran Rendah dan Dataran Tinggi.         
218. Pengarah Pemberian Gambut, EM-4 dan Kalsit pada Ultisol Sebagai Media Kecambah Kelapa Sawit ( Elaeis guineensis, jacq )            
219. Evaluasi Kesesuaian Lahan Sawah Untuk Beberapa Tanaman Pangan di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang
220. Evaluasi Logam – Logam Berat Tanah yang Diaplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit di PT. Smart Kebun Padang Halaban Kabupaten Labuhan Batu Utara.
221. Dinamika Kualitas Tanah Melalui Pendekatan Karakteristik Tanah Pada Beberapa Penggunaan Lahan Di Kawasan Sub-Das Padang Hilir Kotamadya Tebingtinggi.
222. Pemberian Pupuk Kandang Sapi Aerob dan Anaerob Dengan Sistem Pertanian Organik Terhadap Sifat Kimia Entisol dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica juncea. L).
223. Klasifikasi Tanah Desa Sihiong, Sinar Sabungan, dan Lumban Lobu Kecamatan Bonatua Lunasi Kabupaten Toba Samosir Berdasarkan Taksonomi Tanah 2010
224. Efektifitas pemberian Abu Masak Garam dan Kascing Terhadap Karakteristik Inceptisol Asal Kec. Sama Dua Kab. Aceh selatan Pada Pertanaman Cabai (Capsicum annuum. L).
225. Pengaruh Pemberian Air Laut dan Beberapa Bahan Organik Terhadap Sifat Kimia Tanah Ultisol dan Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mayz. L).
226. Reklamasi Rawa Pasang Surut Sungai Denai yang Ditanami Cabai Merah Keriting (Capsicum Annum, L) dengan Kascing dan Gipsum
227. Perbandingan Tingkat Perkembangan Tanah Menurut Metode Morfologi Tanah, Mineral Liat dan Mineral Indeks Van Wambeke Pada Tiga Pedon Pewakil di Arboretum Kampus USU Kwala Bekala            
228. Pengaruh Pemberian Pupuk Urea dan Dolomit Terhadap Perubahan pH Tanah, Serapan N dan P serta Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays L.) pada Ultisol 
229. Pengaruh Pemberian Rhizobia Dan Tanah Mineral (Ultisol) Terhadap Pertumbuhan Dan Serapan N Kedelai ( Glycine max.( L.) Merril ) Di Tanah Gambut
230. Evaluasi Kesesuaian Lahan pada Tanaman Duku (Lansium domesticum Corr)di desa Bahbalua Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang
231. Survei Dan Pemetaan Status Hara P-Tersedia, K-Tukar Dan C-Organik Tanah Sawah Desa Air Hitam Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batubara 
232. Emisi CO2, Nisbah C/N, dan Temperatur pada Pengomposan Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) dengan Menggunakan dan Eisenia fetida
233. Konservasi Lahan Kritis Bahorok Langkat Dengan Berbagai Bahan Organik Terhadap Perbaikan Sifat Fisik dan kimia Tanah Ultisol dan Produksi Tanaman Jagung (Zea mays L.) 
234. Tingkat Infiltrasi Pada Beberapa Tipe Penggunaan Lahan di DAS Sei Wampu Bagian HilirEvaluasi Keberadaan Mikoriza Dari Residu Aplikasi Mikoriza Dan Kompos Jerami Serta Efektivitasnya Pada Tanaman Kedelai (Glycine Max) Pada Tanah Ultisol
235. Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Durian (Durio zibethinus Murr) dan Kelapa Sawit (Elaeis guinensis Jacq.) di Desa Bahbalua Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang
236. Transformasi Unsur P Dari SP-36 Dan Fosfat Alam Pada Tanah Ultisol, Andisol dan Entisol      
237. Kajian Pelapukan Pedokimia (A?B) Berdasarkan Mineral Liat Pada Tanah Berbahan Induk Alluvial Dan Tuff Liparit Di Kecamatan Tanjung Morawa             
238. Survey dan Pemetaan Tingkat Salinitas (DHL) Pada Lahan Sawah di Desa Sei Tuan Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang              
239. Pemetaan Status Hara P – Tersedia, P – Total, Dan K – Tukar Di Kebun Tanjung Garbus – Pagar Marbau PTPN II