LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DALAM BK KARIER


BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam menjalani kehidupan dan perkembangannya, setiap saat individu berada dalam kondisi diri tertentu dan menghadapi serta berinteraksi dengan kondisi lingkungannya. Dari keadaan tersebut individu dituntut bisa menyesuaikan diri secara tepat supaya mampu mencapai perkembangan diri secara optimal.
Peserta didik adalah individu yang berada pada masa yang sulit ketika menghadapi masalah penyesuaian diri dan pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin komplek, sehingga mereka memerlukan bimbingan secara tepat guna pencapaian pengembangan diri mereka.
Peserta didik mau tidak mau mereka akan menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus dari sekolah, yang jadi permasalahan banyak diantara peserta didik yang tidak tahu orientasi karier yang baik yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Dari alasan itulah layanan penempatan dan penyaluran diberikan kepada peserta didik dengan tujuan mereka memperoleh tempat yang sesuai untuk mengembnagkan diri mereka secara maksimal.
Untuk SMA kelas 1 layanan penempatan dan penyaluran sangat penting dimana layanan tersebut dilakukan dengan prosedur yang baik yang akan menghantarkan peserta didik untuk penjurusan yang tepat, yang hal tersebut akan sangat berpengaruh pada pilihan karier yang akan dipilih kelak.
B. RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang diatas maka dalam makalah ini yang akan dibahas adalah :
  1. Apa pengertian dari layanan penempatan dan penyaluran?
  2. Apa saja tujuan dari layanan penempatan dan penyaluran yaitu tujuan umum dan khususnya?
  3. Apa fungsi layanan penempatan dan penyaluran bagi peserta didik?
  4. Materi apa saja yang bisa diberikan dalam layanan penempatan dan penyaluran dalam BK karier?
  5. Metode apa saja yang dilakukan dalam layanan penempatan dan penyaluran dalam BK karier?
  6. Bagaimana cara pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran dalam BK karier?
  7. Bagaimana cara evaluasi layanan penempatan dan penyaluran.
BAB II
PEMBAHASAN
LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DALAM BK KARIER
A. PENGERTIAN
Layanan penempatan adalah suatu kegiatan bimbingan yang dilakukan untuk membantu individu atau kelompok yang mengalami mismatch (ketidaksesuaian antara potensi dengan usaha pengembangan), dan Penempatan individu pada lingkungan yang cocok bagi dirinya serata Pemberian kesempatan kepada individu untuk berkembang secara optimal.
B. TUJUAN LAYANAN PP
Tujuan umum layanan PP adalah diperolehnya tempat yang sesuai bagi individu untuk mengembangkan potensi dirinya. Tempat yang dimaksud adalah kondisi lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosio-emosional, dan lebih luas lagi lingkungan budaya, yang secara langsung berpengaruh terhadap kehidupan dan perkembangan individu.
Sedangkan tujun khusus layanan PP dalam Bk karier adalah
  1. Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu , teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan  pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas dengan cara memilih jurusan di SMA secara tepat
  2. Mencapai kematangan dalam pemilihan karir dengan cara memasuki jurusan yang sesuai dengan cita-cita masa depan
  3. Siswa mampu  mempersiapkan diri untuk penjurusan di SMA
  4. Mencapai kematangan dalam pilihan karir dengan cara mengenal makna kerja sebagai panggilan hidup
  5. Mencapai kematangan dalam hal gambaran dan sikap  tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi sehingga memahami arti penting bekerja dalam kehidupan
C. FUNGSI LAYANAN
  1. Fungsi pemahaman
Terpahaminya kondisi individu dan lingkungan yang ada dan yang dikehendaki
  • Fungsi pencegahan
Mencegah masalah jika potensi individu sesuai dengan lingkungan untuk pengembangan potensinya .
  • Fungsi pengentasan
Menyelesaikan masalah melalui upaya penempatan pada lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan individu.
  • Fungsi pengembangan dan pemeliharaan
Potensi individu menjadi terkembangkan dan terpeliharanya dari hal-hal yang menghambat dan merugikan.
  • Fungsi advokasi.
Menghindari individu dari keteraniayaan diri dan hak-haknya.
D. MATERI LAYANAN PP DALAM BK KARIER
  1. Penjurusan di SM
  • Mengapa ada penjuruan, tujuannya siswa memahami alasan adanya penjurusan di SMA  sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin
  • Mengenal kurikulum yang berlaku di sekolah tujuannya agar siswa dapat menyesuaikan diri dalam mengikuti pelajaran dan kegiatan belajar yang dilakukan
  • Jurusan atau program studi di SMA tujuannya supaya siswa mengenal jurusan atau program studi di SMA agar dapat mempersiapkan diri untuk penjurusan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan
  • Struktur kurikulum di SMA tujannya agar siswa mengenal struktur kurikulum yang berlaku di sekolah sehingga dapat mengetahui berbagai mata pelajaran yang ada di SMA
  • Persyaratan pemilihan jurusan, tujuannya agar siswa memahami persyaratan pemilihan jurusan atau program studi di SMA sehingga tidak salah memilih jurusan / program studi yang ada
2. Bekerja Sebagai Panggilan Hidup
  • Memberikan penjelasan tentang arti bekerja dengan tujuan siswa memahami hubungan antara  bekerja dan hidup sehingga bahwa untuk bisa hidup itu perlu bekerja
  • Meberikan penjelasan makna bekerja dalam kehidupan sehingga setiap pribadi terpanggil untuk bekerja
  • Mengenakankan lapangan pekerjaan yang ada di berbagai lembaga / masyarakat sehingga mendapatkan informasi lebih awal untuk pilihan karir
  • Berani merencanakan sejak awal perihal arah pilihan lapangan pekerjaan sehingga lebih terfokus dalam persiapannya
E. METODE LAYANAN PP
Untuk mengkaji potensi dan kondisi dari subyek layanan maka hal-hal yang dapat dilakukan melelui :
  1. Inventarisasi data pribadi siswa sebagai langkah awal yang dilakukan sebelum layanan PP dilaksanakan.
  2. Studi dokumentasi terhadap hasil-hasil aplikasi instrumentasi dan himpunan data.
  3. Menentukan bentuk-bentuk penempatan subyek disesuaikan dengan hasil kajian yang telah dilakukan dan disesuaikan dengan kondisi dan keadaan siswa.
  4. Konselor dan siswa melakuakn rencana bersama yang didasari asas kesukarelaan
  5. Strategi politik konseor melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dalam rangka pengembangan lingkungan yang lebih baik bagi siswa.
  6. Menentukan waktu dan tempat, hal ini dilakukan bersifat terbuka dan luwes. Waktu dan tempt yang digunakan dengan kebutuhan dalam layanan.
F. CARA PELAKSANAAN LAYANAN PP
Layanan PP perlu diselenggarakan secara terencana dan tertib mengikuti prosedur dan langkah-langkah sistematik-strategis. Langkah pengkajian kondisi merupakan dasar bagi arah penempatan yang dimaksud.
1. Perencanaan
  • Identifikasi kondisi yang menunjukkan adanya permasalahan pada diri subyek tertentu
  • Menetapkan subyek sasaran layanan
  • Menyiapkan prosedur dan langkah-langkah, serta perangkat dan fasilitas layanan
  • Menyiapkan kelengkapan administrasi.
2. Pelaksanaan
  • Melekukan pengkajian terhadap berbagai kondisi yang terkait dengan permasalahan subyek layanan, sesuai dengan prosedur dan langkah-langkah yang telah ditetapkan
  • Melaksanakan penempatan
3. Evaluasi
  • Menetapkan materi evaluasi
  • Menetapkan prosedur evaluasi
  • Menyusun instrument evaluasi
  • Mengaplikasikan instrument evaluasi
  • Mengolah hasil aplikasi instrumentasi
4. Analisis hasil evaluasi
  • Menetapkan norma/standar evaluasi
  • Melakukan analisis
  • Menafsirkan hasil analisis
5. Tindak lanjut
  • Mengidentifikasi masalah yang perlu ditindaklanjuti
  • Menetakan jenis dan arah tindak lanjut
  • Mengkomunikasikan rencana tindak lanjut kepada subyek layanan dan (jika perlu0 kepada pihak-pihak terkait
  • Melaksanakan rencana tindak lanjut
6. Laporan
  1. Menyususn laporan pelaksanaan layanan PP
  2. Menyampaikan laporan kepada pihak terkait
  3. Mendokumentasikan laporan
G. EVALUASI
Layanan PP dilaksanakan secara bertahap, artinya tidak selesai dalam satu kali pelaksanaan, atau tidak mengenal sesi-sesi pelaksanaan yang berdiri sendiri. Dengan demikian penilaian segera yang biasanya dilaksanakan pada setiap sesi layanan konseling, tidak dilaksanakan. Penilaian hasil layananan PP dilakukan setelah beberapa waktu subyek layanan berada dilingkungan yang baru, Penilaian jangka pendek dilaksanakan setelah satu minggu sampai satu bulan sedanglan penilaian jangka panjang dilaksanakan setelah lebih dari satu bulan.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa layanan penempatan dan penyaluran dalam Bk karier sangat penting dan dibutuhkan untuk anak SMA kelas . Layanan tersebut bertujuan memahamkan dan mengarahkan peserta didik pada suatu penjurusan  yang sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki, selain itu layanan PP dalam Bk karier berfungsi untuk pemahaman, pengentasan, pencegahan, pemeliharaan dan advokasi.
Layanan PP tidak bisa dilakuakn dengan sembarangan karena akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan dicapai untuk itu layanan ini harus dilakukan dengan prosedur yang runtut, menggunakan metode yang tepat, dan materi yang sesui dengan tujuan diadakannya layanan PP, setelah semuanya sudah dilakukan harus ada evalusi untuk mengetahui sebarapa besar efektifitas layanan tersebut untuk membantu peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA
Prayitno. 2004. Layanan penempatan dan penyaluran. Padang : FKIP Universitas Negeri Padang