Komunikasi adalah
suatu proses interaksi yang oleh seseorang untuk memperoleh suatu informasi
yang diperlukan sebagai petunjuk utuk berintreraksi dengan lingkungan
sekitarnya.
Belajar adalah suatu
proses yang di lakukan seseorang untuk memperoleh ilmu yang belum mereka ketaui
sebelumnya sehingga mereka dapat mengetauinya.
Motivasi adalah
suatu proses dorongan seseorang untuk melakukan suatu keinginan atau kemauan
yan g bias dating dari sendiri maupun dari orang lain.
A. Studi
Kasus
Studi kasus di
lakukan di desa semugih, rongkop,gunnungkidul,jawa tengah sumber data di
peroleh dari pengamatan scara langsung ter hadap kegiatan yang di lakukan warga
tersebut dalam memotivasi anak-anak agar mau belajar.
B. Hasil
Studi
Hasil dari obser
vasi menunjukaan bahwa salah satu pengaruh motivasi terhadap anak-anak agar
mereka mau belajar adalah komunikasi,interaksi dan suatu imbalan atau yang di
sebut hadiah.
Komunikasi dan
interaksi sebagai penunjang motivasi anak untuk mau belajar karena dengan
berkomunikasi dan berinteraksi warga masyarakat sekitarnya mereka dapat
meeperoleh motivasi agar mereka dapat menjadi salah satu warga yang sukses bila
mereka sudah dewasa nanti. Tetapi ada juga yang memberikan suatu imbalan atau
hadiah bila mereka berhasil dalam melakukan suatu apa yang menjadi keinginan
orang tua. Seperti pada saat kenaikan kelas anak diharapkan memdapat rengking
atau peringkat apaila sang anak mandapatkannya maka akan diberi hadiah. Itupun
salah satu pengaruh agar dapat memotivasi anak agar mau belajar
Peran orang tua
juga sangat berpengaruh dalam memotivasi anak agar mau belajar. Orang tua
memberikan suatu kebebasan anak untuk belajar jagan terlalu dikekang maka anak
melawan bila terlalu di kekang orang tua.jadi orang tua memberi kemudahan anak
untuk belajar dengan yang di inginkanya motivasi juga bias di dapatkan dari
lingkungan sekitar. Secara alami lingkungan di sekitarnya dapat mendorong anak
untuk berinteraksi dengan anak-anak yang lain atau orang dewasa dengan demikian
anak dapat mengetahui atau dapat belajar dari pengalaman orang yang ada
disekitarnya.
Di sinilah baru
kita lihat peran komunikasi dan interaksi bahwa interaksi dan komunikasi dapat
memotivasi anak untuk belajar dan juga peran orang tua dapat meningkatkan
motivasi belajar anak apabila orang tua dapat menciptakan suasana yang nyaman
atau berkomunikasi secara efektif dengan anak.
Anak memiliki
cara-cara tersendiri untuk belajar maka disini orang tua perlu memahami anak
karena dalam kasus ini sering terjadi pemaksaan terhadap anak untuk
belajar.kita tidak perlu menggunakan kekerasan untuk menyuruh anak untuk
belajar tetapi orang tua memberikan semangat kepada anak dengan cara kesabaran
dan ketlatenan agar anak merasa nyaman dalam belajarnya.
C. Kesimpulan
1. Salah
satu motivasi belajar adalah adanya komunikasi dan interaksi anak dengan orang
tuanya maupun dengan lingkungan sekitarnya
2. Salah
satu peran yang sangat penting untuk memacu motivasi anak agar mau belajar
adalah memberikannya suasana nyaman sehingga anak tidak merasa terkekang.