komunikasi yang mempengaruhi dalam motivasi belajar anak

Komunikasi adalah suatu proses interaksi yang oleh seseorang untuk memperoleh suatu informasi yang diperlukan sebagai petunjuk utuk berintreraksi dengan lingkungan sekitarnya.
Belajar adalah suatu proses yang di lakukan seseorang untuk memperoleh ilmu yang belum mereka ketaui sebelumnya sehingga mereka dapat mengetauinya.
Motivasi adalah suatu proses dorongan seseorang untuk melakukan suatu keinginan atau kemauan yan g bias dating dari sendiri maupun dari orang lain.
A.    Studi Kasus
Studi kasus di lakukan di desa semugih, rongkop,gunnungkidul,jawa tengah sumber data di peroleh dari pengamatan scara langsung ter hadap kegiatan yang di lakukan warga tersebut dalam memotivasi anak-anak agar mau belajar.
B.     Hasil Studi
Hasil dari obser vasi menunjukaan bahwa salah satu pengaruh motivasi terhadap anak-anak agar mereka mau belajar adalah komunikasi,interaksi dan suatu imbalan atau yang di sebut hadiah.
Komunikasi dan interaksi sebagai penunjang motivasi anak untuk mau belajar karena dengan berkomunikasi dan berinteraksi warga masyarakat sekitarnya mereka dapat meeperoleh motivasi agar mereka dapat menjadi salah satu warga yang sukses bila mereka sudah dewasa nanti. Tetapi ada juga yang memberikan suatu imbalan atau hadiah bila mereka berhasil dalam melakukan suatu apa yang menjadi keinginan orang tua. Seperti pada saat kenaikan kelas anak diharapkan memdapat rengking atau peringkat apaila sang anak mandapatkannya maka akan diberi hadiah. Itupun salah satu pengaruh agar dapat memotivasi anak agar mau belajar
Peran orang tua juga sangat berpengaruh dalam memotivasi anak agar mau belajar. Orang tua memberikan suatu kebebasan anak untuk belajar jagan terlalu dikekang maka anak melawan bila terlalu di kekang orang tua.jadi orang tua memberi kemudahan anak untuk belajar dengan yang di inginkanya motivasi juga bias di dapatkan dari lingkungan sekitar. Secara alami lingkungan di sekitarnya dapat mendorong anak untuk berinteraksi dengan anak-anak yang lain atau orang dewasa dengan demikian anak dapat mengetahui atau dapat belajar dari pengalaman orang yang ada disekitarnya.
Di sinilah baru kita lihat peran komunikasi dan interaksi bahwa interaksi dan komunikasi dapat memotivasi anak untuk belajar dan juga peran orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar anak apabila orang tua dapat menciptakan suasana yang nyaman atau berkomunikasi secara efektif dengan anak.
Anak memiliki cara-cara tersendiri untuk belajar maka disini orang tua perlu memahami anak karena dalam kasus ini sering terjadi pemaksaan terhadap anak untuk belajar.kita tidak perlu menggunakan kekerasan untuk menyuruh anak untuk belajar tetapi orang tua memberikan semangat kepada anak dengan cara kesabaran dan ketlatenan agar anak merasa nyaman dalam belajarnya.





C.     Kesimpulan
1.      Salah satu motivasi belajar adalah adanya komunikasi dan interaksi anak dengan orang tuanya maupun dengan lingkungan sekitarnya
2.      Salah satu peran yang sangat penting untuk memacu motivasi anak agar mau belajar adalah memberikannya suasana nyaman sehingga anak tidak merasa terkekang.