bagaimana menjadi remaja idaman

BAGAIMANA MENJADI REMAJA IDAMAN


Dosen Pengampu :





















Di susun Oleh :

Amir Agus Priono

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONELING

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PGRI
2009/2010



Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia yang bermanfaat bagi manusia lain. Masa remajaadalah fase dimana seseorang diharapkan menemukan jati dirinya sebagai manusia, menegaskan posisinya sebagai bagian dari social cultural yang sebelumnya telah tertata dengan baik. Banyak cara yang dilakukan oleh para remaja saat ini sebagai cara akulturasi diri, baik dengan cara-cara positif maupun cara-cara yang negative.
Sebagai renungan awal tentang pembahasan yang penuh denagn warna-warna kehidupan, marilah kita berkaca pada diri kita sendiri, sudahkah kita berguna bagi manusia lain di dunia ini, sekecil apapun itu. Bukankah selama ini kita lebih sering mempertanyakan: keuntungan apa yang telah kita dapatkan jika kita melakukan sesuatu, dibandingkan bertanya secara jujur, manfaat apa yang telah kita berikan untuk orang lain ?.
Kalau kita membandingka betapa besar kecintaan mereka terhadap pengorbanan yang sebenarnya, lihat mereka kalau kita mau tahu seberapa besar apa manfaat yang sudah mereka berikan buat tanah airnya, lihat mereka ! kalau kita mau tahu betapa mereka tidak pernah mempertanyakan kuntungan apa yang mereka lakukan, lihat mereka ! merekalah para remaja pemberani itu, menghabiskan masa mudanya di garis depan perjuangan, melawan tirani baja hanya gengan batu kerikil, melawan moncong-moncong mortal hanya dengan semangat, melawan suplemen serdadu hany dengan gema takbir. Hingga mereka menyambut maut dengan senyuman surga.
Lantas apa yang kita lakukan sebagai remaja, saat semua hal terjadi disana.kita bertanya apa yang telah kita dapat dari oaring lain tanpa pernah bertanya manfaat apa yang telah kita berikan bagi orang lain. Sudah sepantasnya kita merasa malu karena ternyata, selama ini kita belum brmanfaat bagi orang lain. Setiap tarikan nafas adalah langkah menuju mati, masih juga kita menyia-nyiakan umur kita tanpa manfaat untuk orang lain. Jadi remaja idaman odalah remaja yang mau memberikan manfaat bagi orang-orang disekitarnya.






Hal-hal yang perlu diketahui bagi para remaja agar dapat mengetahui kelebihan yang dimiliki untuk menjadi remaja idaman :


Who Am I

Yaitu dapat membimbing remaja untuk menemukan secara benar siapa dirinya. Pengenalan tentang “siapa diriku” jauh lebih penting dari pada penilaian orang lain terhadap dirinya sendiri. Penilaian orang lain sering merusak gambar diri seseorang. Dengan mengenal gambar diri, maka setiap individu akan dapat menemukan potensi yang ada pada dirinya.


Can I Grow

Dengan mengenal citra diri maka remaja akan mampu mengembangkan potensi-potensi pada dirinya, menyadari bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segala-galanya.


My Goal

Dengan berbekal pengendalian diri dan kemampuan untuk berfikir positif, maka akan terbentuk remaja yang tangguh, tidak mudah tergoyah oleh pengaruh luar. Mampu mencapai cita-cita secara maksimal sesuai dengan potensi dan talenta yang dimilikinya, untuk menjadi remaja idaman orang tua, teman dan masyarakat.