CONTOH SKRIPSI : HUBUNGAN MOTIVASI ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV

 BAB I PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah 

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dan utama dalam upaya pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan yang ideal untuk masa pendidikan dasar adalah pendidikan yang berorientasi ke masa depan. Hal ini bukanlah pekerjaan yang terjadi begitu saja, melainkan membutuhkan waktu yang relatif panjang. Pendidikan dasar mengacu pada pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor yang berarti menghendaki adanya keseimbangan antara pengembangan intelektual, kepribadian maupun keterampilan. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 merupakan salah satu tujuan nasional. Mengingat pendidikan adalah tujuan nasional bangsa Indonesia maka menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh masyarakat tanpa terkecuali untuk berpartisipasi dalam upaya tersebut. Tanggung jawab tersebut realisasinya diwujudkan dalam bentuk pendidikan formal, nonformal dan informal. Pendidikan formal di Indonesia meliputi pendidikan tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Ciri-ciri pendidikan formal yaitu diselenggarakan secara teratur serta kurikulum yang sudah ditentukan. Pendidikan nonformal yaitu pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat, sedang pendidikan informal adalah pendidikan di dalam keluarga. Pendidikan informal ini sangat penting karena merupakan pendidikan pertama dan utama. Pendidikan pertama, anak lahir langsung memasuki lingkungan yang disebut sebagai keluarga. Sedangkan disebut pendidikan utama karena di dalam keluargalah diberikan fondamen-fondamen kepribadian yang sangat penting sebagai dasar pendidikan tahap berikutnya. Disamping itu waktu yang dimiliki murid di sekolah setiap hari rata-rata hanya berkisar 5 jam 40 menit. Selebihnya waktu yang tersisa banyak dihabiskan di rumah. Dalam kehidupan sekarang ini orang tua murid kurang dapat memperhatikan anak-anak mereka. 

Mereka cukup disibukkan dengan kegiatan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, hingga hampir sebagian besar ayah, ibu meninggalkan anak-anaknya tanpa pengawasan secara langsung. Oleh karena itu pengawasan terhadap anak sedikit menjadi terabaikan. Demikian juga motivasi dari orang tua yang diharapkan untuk kemajuan perkembangan anak jarang untuk dilaksanakan. Motivasi merupakan salah satu pernyataan penting dalam dalam belajar. Menurut Sardiman A. M. (1993: 57) dalam bukunya Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, disebutkan Motivasi dapat dikatakan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu sehingga seseorang itu mau dan ingin melakukan sesuatu. Pendapat tersebut menunjukkan betapa pentingnya peranan motivasi didalam belajar. Dengan demikian motivasi yang muncul dari kebutuhan akan melandasi tindakan murid yang erat kaitanya dengan proses belajar mengajar. 

Dalam proses belajar mengajar banyak sekali kendala yang dihadapi murid-murid untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. Dilihat dari segi motivasi terdapat dua jenis motivasi yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik yakni motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri yaitu intelegensi, bakat dan motivasi intrinsik. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang berasal dari luar yang ikut mempengaruhi prestasi belajar dalam penelitian ini berwujud motivasi belajar yang diberikan oleh orang tua anak serta kedisiplinan belajar Semua orang tahu bahwa setiap orang yang berhasil dalam suatu pekerjaan selalu berhubungan dengan kedisiplinan. Jelas bahwa kedisiplinan sangat besar terhadap keberhasilan dan kemajuan dalam mencapai tujuan. Untuk mewujudkan disiplin siswa perlu diadakan pembinaan pribadi siswa baik di sekolah maupun di rumah. Dalam pembinaan disiplin di rumah peran orang tua sangat besar. Orang tua yang tidak mengingatkan tugas-tugas dari guru di sekolah, tidak pernah menanyakan kenapa mendapat nilai jelek, dan sebagainya mencerminkan bahwa orang tua tersebut tidak menumbuhkan kedisiplinan belajar di rumah. Dengan penerapan kedisiplinan belajar di rumah diharapkan siswa sadar akan hak dan kewajibannya sebagai siswa dan sedikit demi sedikit sikap disiplin akan mulai tumbuh.

 Berdasarkan faktor-faktor itulah, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor ekstrinsik dan intrinsik yaitu motivasi belajar dari orang tua dan kedisiplinan belajar apakah mempunyai hubungan yang positif terhadap prestasi belajar IPA. Untuk mengetahui kebenaran hal tersebut perlu diadakan penelitian yang berjudul HUBUNGAN MOTIVASI ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA MURID KELAS IV SDN TANGGEL KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 006/007. 

B. Identifikasi Masalah Berdasarkan kenyataan yang ada bahwa proses belajar Ilmu Pengetahuan Alam banyak sekali masalah yang dihadapai dan harus dipecahkan oleh murid, maka segala permasalahan yang ada harus diidentifikasi terlebih dahulu. Untuk itu dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui masalah yang dihadapi murid dalam belajar, sehingga masalah tersebut akan teratasi dengan cepat dan tepat. Di dalam latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, ternyata terdapat masalahmasalah yang kompleks, antara lain : 1. Untuk mendapatkan hasil dari proses belajar mengajar yang baik tidaklah datang dengan begitu saja, tetapi perlu usaha yang sungguh-sungguh dan motivasi baik dari dalam maupun dari luar lingkungan pendidikan.. Agar tercapai cita-cita belajar murid, maka peran orang tua sangat dibutuhkan terutama motivasi dalam belajar, kesungguhan dalam menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan anak dalam proses belajarnya. 3. Dengan motivasi belajar yang baik dalam belajar akan memberikan sumbangan yang baik terhadap prestasi belajar karena motivasi belajar yang diberikan oleh orang tua murid akan menimbulkan semangat belajar dan pencapaian tujuan belajar murid. 4. Kondisi keluarga yang beraneka ragam mengakibatkan tingkat kedisiplinan siswa berbeda-beda dan terkadang faktor ini kurang mendapat perhatian.