karya ilmiah filsafat ilmu



KATA PENGANTAR
Segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa berkat petunjuk dan pertolonganNya penulis dapat menyelesaikan Karya Ilmiah tentang Pengaruh Gaya Hidup dan Budaya Barat terhadap Budaya Indonesia.
Dalam penyelesaian karya ilmiah ini, kami banyak mengalami kesulitan, terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang menunjang. Namun, berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, akhirnya karya ilmiah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu.
Tidak lupa pula penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1.      Ibu Dra. Hj. Sri Pawiti,M.Pd. selaku Rektor Universitas PGRI Yogyakarta.
2.      Ibu Dra. Hj. Nur Wahyumiani, MA. Selaku dekan FKIP Universitas PGRI Yogyakarta.
3.      Bapak Drs. Sarjiman. Selaku ketua program studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta.
4.      Ibu Dra. Salamah, M.Pd. selaku dosen mata kuliah Praktikum BK Sosial.
5.      Rekan-rekan yang selalu membantu dan mendukung penulis dalam menyesaikan laporan Pratikum BK Belajar ini.
Penulis  menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis sangat berharap adanya kritik dan saran yang sifatnya membangun dari berbagi pihak demi sempurnanya laporan penulis pada masa berikutnya.


Yogyakarta, 9 Januari 2012

                     Penulis

ABSTRAK
Karya ilmiah yang berjudul Pengaruh Gaya Hidup dan Budaya Barat terhadap Budaya Indonesia ini membahas tentang bagaimana pengaruh budaya barat yang masuk ke Indonesia, sisi negatif dan positif, serta bagaimana cara pemecahannya.
Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana pengaruh budaya barat yang masuk ke Indonesia, apakah budaya barat hanya membawa sisi negatif, apakah seluruh orang Indonesia yang beranggapan bahwa budaya mereka sudah terpengaruh budaya barat, dan untuk mengetahui sejauh mana orang Indonesia mencintai negaranya sendiri saat budaya barat sudah mempengaruhi mereka.
Metode yang dipergunakan adalah dengan melakukan pengamatan atau penelitian langsung terhadap gaya hidup dan budaya barat yang masuk ke Indonesia. Lalu penulis melakukan wawancara kepada beberapa pelajar SMA, guru, dan beberapa orang Indonesia lainya.
Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar orang Indonesi mengatakan bahwa budayanya telah terpengaruh oleh budaya barat. Salah satu penyebabnya adalah karena adanya era globalisasi yang menyediakan berbagai media, sarana dan pra sarana yang membawa budaya barat ke Indonesia.







BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Keadaan masyarakat sekarang sanga berbeda dengan masyarakat lampau. Terutama untuk budaya dan gaya hidup orang-orang Indonesia. Pada zaman sekarang, yang orang-orang bilang sebagai zaman modern, budaya dan gaya hidup orang Indonesia sudah tidak sama lagi. Rata-rata jawaban itulah yang dilontarkan oleh beberapa orang Indonesia ketika penulis menanyakan kepada mereka mengenai keadaan pengaruh budaya barat terhadap budaya Indonesia.
Budaya barat dalam sisi negatif yang masuk ke Indonesia sangatlah banyak. Sebagian besar orang Indonesia juga tau hal itu. Budaya barat yang masuk ke Indonesia seperti bersikap individualisme, berpakaian minim, dan pergaulan yang terlalu bebas sebelumnya tidak ada di Indonesia. Tapi karena adanya era globalisasi yang merupakan media dalam membawa budaya barat ke Indonesia.
Jika kita meneliti kembali mengenai budaya barat yang sudah berpengaruh ke Indonesia mungkin orang-orang akan berpikir sisi negatif yang masuk. Tapi ternyata, budaya barat yang masuk ke Indonesia itu tidak hanya dalam sisi negatif, tetapi juga sisi positif. Mungkin memang sisi positif ini tertutup oleh sebagian besar sisi negatif. Tapi perlu kita ingat bahwa budaya barat yang masuk ke Indonesia juga memiliki sisi positif. Seperti sikap kerja keras dan disiplin mereka, contohnya beberapa orang Indonesia sudah menerapkan sistem ke disiplinan budaya barat. Contoh yang kedua adalah gaya hidup mereka yang sangat maju dalam hal teknologi dan informasi. Gaya hidup mereka yang satu ini membawa pengaruh yang sangat positif untuk orang Indonesia dalam berkomunikasi. Jadi, tidak hanya sisi negatif saja dari budaya barat yang masuk ke Indonesia.
Penulis yang juga merupakan orang Indonesia juga beranggapan bahwa budaya barat sudah sangat berpengaruh ke Indonesia. Terutama sisi negatifnya. Karena sebaian besar orang-orang beranggapan bahwa budaya barat sudah sangat berpengaruh dalam budaya Indonesia, dalam karya tulis ini penulis ingin membuktikan benarkah semua orang Indonesia beranggapan bahwa budaya barat sudah sangat berpengaruh ke Indonesia?
B. Perumusan Masalah
Dengan melihat latar belakang yang telah di kemukakan, maka beberapa masalah yang dapat penulis rumuskan yang akan di bahas dalam karya tulis ilmiah ini adalah:
1. Apakah menurut orang Indonesia budaya barat sudah berpengaruh dengan budaya mereka?
2. Apakah budaya barat hanya membawa sisi negatif terhadap budaya Indonesia?
C. Tujuan Penelitian
Penulisan karya ilmiah ini dilakukan untuk meneliti kembali bagaimana besarnya pengaruh budaya barat terhadap budaya Indonesia.
Secara terperinci, tujuan dari penelitian dan penulisan karya ilmiah ini adalah:
1. Mengetahui sampai sejauh mana besarnya pengaruh budaya barat yang mempengaruhi budaya Indonesia.
2. Mengetahui apakah budaya barat hanya membawa sisi negatif saja.
3. Mengetahui apakah seluruh orang Indonesia, yang beranggapan bahwa budaya mereka sudah terpengaruh budaya barat.
4. Mengetahui sampai sejauh mana orang-orang Indonesia mencintai negaranya sendiri saat budaya barat sudah mempengaruhi mereka.



D. Metode Penelitian
Untuk mendapatkan data dan informasi yang di perlukan, penulis mempergunakan metode observasi, dan metode kepustakaan. Adapun teknik-teknik pada penelitian ini adalah sebagai berikut.
1. Teknik Pengamatan Langsung
Pada teknik ini, penulis terjun langsung ke dalam pergaulan dan bagaimana gaya hidup orang Indonesia yang ada di sekitar penulis.
2. Teknik Wawancara
Tujuan dari teknik ini adalah agar diperoleh gambaran yang lebih lengkap mengenai kasus yang di bahas dan untuk membuktikan apakah pengamatan penulis melalui teknik pengamatan langsung benar atau tidak. Respondennya meliputi beberapa murid, guru, dan beberapa orang lainnya.
3. Studi Pustaka
Pada metode ini, penulis mencari-cari data dan artikel dari internet yang berhubungan dengan penulisan karya ilmiah dan yang berkaitan dengan budaya, khususnya mengenai pengaruh budaya barat yang masuk ke Indonesia.

E. Hipotesis
Penelitian ini dilakukan berangkat dari keyakinan penulis setelah cukup melakukan pengenelan masalah. Adapun keyakinan atau hipotesis tersebut adalah “Ada pengaruh faktor manusia, baik faktor dalam (faktor psikologis) maupun faktor luar (faktor nonpsikologis), dan faktor teknologi sebagai media yang membawa budaya barat masuk ke Indonesia. Hal ini salah satunya yang menjadi faktor dominan sebagai penyebab.

F. Waktu dan Lokasi Penelitian
Jangka waktu penelitian adalah satu minggu, tepatnya dari awal semeteran samapi jadi. Penelitian ini dimulai dari perumusan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, kegiatan lapangan, pengamatan hingga penulisan hasil penelitian. Lokasi dalam melakukan penelitian ini tidak memiliki batasan.
G. Sistemika Penulisan
Pada karya ilmiah ini, penulis akan menjelaskan hasil penelitian di lapangan dimulai dengan bab pendahuluan. Bab ini meliputi latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hipotesis, waktu dan lokasi penelitian, dan sistematika penulisan. Bab berikutnya, penulis akan menjelaskan data yang diperoleh dan membahasnya satu per satu terutama berkaitan dengan budaya Indonesia yang sudah terpengaruh oleh budaya barat.
Pada bab ketiga, merupakan bab penutup dalam karya ilmiah ini. Pada bagian ini penulis menyimpulkan uraian sebelumnya dan memberikan saran mengenai bagaimana menyaring budaya barat yang masuk ke Indonesia.


BAB II
PENGARUH GAYA HIDUP DAN BUDAYA BARAT
KE INDONESIA
A. Pandangan Orang Indonesia Mengenai Pengaruh Budaya Barat ke Indonesia
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Jadi, budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
Dari hasil wawancara di lapangan, penulis menemukan berbagai macam golongan (remaja, dewasa, pelajar, dan guru) yang berpendapat bahwa budaya dan gaya hidup orang barat sudah mempengaruhi Indonesia. Bahkan sampai hampir menghilangkan budaya murni Indonesia itu sendiri. Contohnya budaya Indonesia yaitu gotong royong, sudah hampir punah karena masuknya sikap individualisme (hedonisme) ke Indonesia yang merupakan budaya barat.
Sebagian besar golongan muda menjawab budaya barat sudah mempengaruhi Indonesia. Contoh-contoh yang mereka jawab adalah pakaian wanita Indonesia yang mengikuti pakaian barat, seperti baju tanpa lengan, yang terkesan kurang sopan; pergaulan bebas; sikap materialis; dan berfoya-foya.
Sedangkan golongan dewasa menjawab budaya barat juga mempengaruhi Indonesia. Tapi ada yang positif dan negatif. menurut mereka budaya barat yang masuk ke Indonesia karena pengaruh dari era globalisasi. Contoh-contoh budaya barat yang masuk ke Indonesia menurut mereka adalah pergaulan bebas, pakaian mini, sifat yang cenderung lebih praktis, dan pragmatis.
B. Pandangan Orang Indonesia Mengenai Negaranya Saat Budaya Barat Sudah Masuk ke Indonesia
Berdasarkan hasil dari wawancara, sebagian besar menjawab bahwa budaya barat sudah berpengaruh ke Indonesia. Penulis ingin tau karena budaya barat sudah sangat merajarela, apakah orang Indonesia melupakan budaya negaranya? Dan apakah saat masuknya budaya barat, orang Indonesia masih tetap mencintai Indonesia?
Setelah saya melakukan penelitian, jawaban untuk semua pertanyaan tadi adalah orang Indonesia hampir melupakan negaranya, Jawaban itu bisa kita buktikan dari questioner yang saya berikan terhadapa narasumber. Saat saya bertanya “Anda lebih suka berbelanja produk luar atau dalam?” ternyata hanya 4 orang yang yakin akan membeli produk dalam negri dari 10 orang yang saya tanyakan. Ini membuktikan bahwa mereka lebih menyukai produk luar yang bisa masuk ke Indonesia. Dan sebagian besar produk luar yang masuk berdasarkan hasil pengamatan saya adalah produk barat. Jadi, bisa di simpulkan bahwa budaya barat sudah sangat mempengaruhi Indonesia.
Untuk quesioner yang terakhir penulis menanyakan “Tolong jelaskan bagaimana budaya Indonesia yang murni tanpa pengaruh dari luar.” ini bertujuan agar penulis tau apakah pada saat budaya barat sudah masuk ke Indonesia, orang Indonesia melupakan budaya Indonesia itu sendiri, dan apakah orang Indonesia bisa membedakan yang mana budaya negaranya dan yang mana budaya barat?
Jawabannya adalah sebagian besar masih mengetahui budaya Indonesia yang murni. Jadi mereka masih bisa membedakan budayanya walaupun sudah banyak budaya barat yang masuk ke Indonesia.
D. Pemecahan Masalah
Pada bagian ini penulis akan memaparkan pendapat mengenai metode atau cara menyaring budaya barat yang masuk ke Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka penulis beranggapan bahwa untuk mencegah sisi negatif dari budaya barat yang masuk ke Indonesia, kita harus melakukan penyaringan budaya. Kita harus bisa membedakan yang mana budaya barat yang mengandung sisi positif dan budaya barat yang mengandung sisi negatif. Jika sudah bisa membedakan, dari masing-masing individu itu sendiri harus bisa menolak sisi negatif dari budaya barat yang masuk ke Indonesia, agar tidak berpengaruh terhadap budayanya.
Selain menyaring budaya barat yang negatif kita juga harus menyaring budaya barat yang kira-kira bisa menghilangkan budaya kita sendiri. Karena kita semua harus menjaga budaya dari negara asala kita masing-masing.


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dari pembahasan dalam karya ilmiah ini, kesimpulan penulis sebagai berikut.
1) Gaya hidup dan budaya barat sudah sangat berpengaruh terhadap budaya Indonesia. Baik dalam hal pakaian, makanan, musik, dan lain-lain.
2) Sebagian besar budaya Barat yang masuk ke Indonesia adalah sisi negatif dari budaya barat. Seperti sifat berfoya-foya, materialis, pergaulan bebas, dan lain-lain.
3) Budaya barat sudah sangat mempengaruhi sehingga sebagian besar orang Indonesia lebih menyukai membeli produk luar negri daripada produk Indonesia sendiri.
4) Walaupun budaya barat sudah bercampur dengan budaya Indonesia, tetapi sebagian besar orang Indonesia masih bisa membedakan yang mana budayanya dan yang mana budaya barat.
B. Saran
Berdasarkan pembahasan tersebut, saran penulis adalah sebagai berikut.
a) Kita harus menyaring budaya barat yang masuk ke Indonesia. Sehingga hanya sisi positif dari budaya barat yang masuk ke Indonesia.
b) Kita harus menyaring budaya barat yang masuk ke Indonesia, agar budaya kita tidak hilang karena budaya barat yang masuk tersebut.