NO
|
Deskripsi
|
Jenis Ketrampilan
|
Bahasa Verbal
|
1.
|
Dapat merasakan secara mendalam apa yang
dirasakan oleh klien tanpa kehilangan identitas dirinya
|
Emphati
|
Nampaknya kamu
benar-benar sedih hari ini
|
2.
|
Dalam komunikasi
antara konselor dan konseli, konselor dapat membantu konseli untuk memperoleh
pemahaman yang lebih dengan mengajukan pertanyaan terbuka dan tertutup.
Pertanyaan
terbuka memungkinkan konseli memberikan jawaban secara terbuka dan luas.
Pertanyaan
tertutup biasanya dijawab dengan jawaban ya atau tidak
|
Bertanya
|
Bagaimana
perasaan anda ketika dia meninggalkan anda? “apa rencana anda selanjutnya”
(pertanyaan
terbuka)
Apakah anda
merasa kesal atas perlakuan yang anda terima (pertnyaan tertutup)
|
3.
|
Konfrontasi
adalah usaha sadar konselor untuk mengemukakan kembali dua pesan atau lebih
yang saling bertentangan yang disampaikan klien
|
Konfrontasi
|
Anda mengatakan
anda senang bersekolah di sekolahmu tetapi anda membolos
|
4.
|
Mengulang ucapan
klien dengan bahasa konselor sendiri
|
Paraprashe
|
Klien : Saya sungguh
tidak mengerti. Tadi dia bilang saya harus begini, semenit kemudian saya
disuruh begitu”
Konselor : Dia
membuat anda bingung?
|
lihat juga :