Teori Tentang Bimbingan Orang Tua
Kegiatan
belajar diperlukan adanya bimbingan dari orang tua atau dan orang lain
agar semangat dalam belajarnya. keluarga sebagai tempat pertama
pertumbuhan dan perkembangan sangat menentukan peranannya. Menurut
Kartono (1991;63) bahwa "Orang tua merupakan orang pertama dan utama yang mampu, serta berhak menolong keturunannya dan mendidik anaknya".
Orang tua peranannya dalam keluarga dan dapat menciptakan ikatan emosianal dengan anaknya, menciptakan suasana aman dirumah sehingga orang tua/rumah merupakan tempat anak untuk kembali, menjadi contoh/model bagi anaknya, memberikan disiplin dan memperbaiki tingkah laku anak, menciptakan jaringan komunikasi diantara anggota keluarga.
Orang tua peranannya dalam keluarga dan dapat menciptakan ikatan emosianal dengan anaknya, menciptakan suasana aman dirumah sehingga orang tua/rumah merupakan tempat anak untuk kembali, menjadi contoh/model bagi anaknya, memberikan disiplin dan memperbaiki tingkah laku anak, menciptakan jaringan komunikasi diantara anggota keluarga.
Pengawasan
dan bimbingan orang tua dirumah mutlak diperlukan karena adanya
bimbingan, orang tua dapat mengawasi dan dapat mengetahui segala
kekurangan dan kesulitan anak dalam belajarnya. Gunarso (1983;64)
menyatakan sebagai berikut :
"Orang
tua berperan besar dalam mengajar, mendidik, memberikan bimbingan, dan
menyediakan sarana belajar serta memberi teladan pada anak sesuai dengan
nilai moral yang berfaku atau tingkah laku yang perlu dihindari".
Bimbingan
dari orang tua dapat juga berperan sebagai cara untuk peningkatan
disiplin terutama dalam belajarnya. Ahmadi (1991;82) menyatakan bahwa "Anak belajar memerlukan bimbingan dari orang tua agar sikap dewasa dan tanggung jawab belajar tumbuh pada diri anak".
Bimbingan
yang diberikan oleh orang tua di rumah dapat meningkatkan motivasi
belajar anak selain bimbingan dari seorang guru dari la belajar, dengan
motivasi yang kuat seseorang sanggup bekerja ekstra keras dalam
pencapaian sesuatu. Motivasi belajar yang baik diharapkan timbul dari
dalam diri sendiri. (motivasi intrinsik)
Evers (1985;41) mengatakan bahwa "Anak
didik harus mempunyai motivasi yang kuat untuk mengikuti kegiatan
pendidikan yang sedang berlangsung. Kalau mereka mempunyai motivasi maka
mereka akan menunjukkan minat, aktivitas dan partisipasi dalam kegiatan
pendidikan". Dari pendapat ini seorang anak apabila mempunyai
motivasi yang kuat dalam belajarnya akan dapat meningkatkan prestasi
belajarnya, akan tetapi tidak semua anak bisa mempunyai molivasi ini,
banyak anak yang menjadi siswa yang dalam proses belajar kurang atau
tidak mempunyai motivasi, maka diperlukan bimbingan belajar dari orang
tuanya. Menurut Nio bimbingan belajar yang dimiliki meliputi;"Mengawasi
penggunaan waktu belajar anak di rumah; mengenal kesulitan-kesulitan
anak dalam belajar; menolong mengatasi kesulitan anak dalam belajarnya".
(dalam Kartono, 1985;92). Penulis akan membahas mengawasi penggunaan
waktu belajar anak dl rumah dan membantu menolong mengatasi kesulitan
anak dalam belajarnya.
Dari
pendapat diatas, adanya bimbingan yang dilakukan oleh orang tua kepada
putra-putrinya dalam melakukan kegiatan belajar di rumah akan
berpengaruh terhadap tingkah laku yang mengarah kepada kedisiplinan
dalam belajar. Motivasi yang diberikan kepada anak hendaknya mengarah
pada peningkatan motivasi yang kuat untuk mengikuti kegiatan pendidikan.
Situasi ini dapat tercipta apabila terjadi ikatan emosional antara
orang tua dengan anaknya. Suasana rumah yang aman membantu anak untuk
mengembangkan dirinya untuk menuju masa depan.
lihat juga :
teori tentang bimbingan orang tua
pengertian prestasi belajar
peran orang tua dalam mengembangkan potensi anak
pengertian bimbingan dan konseling menurut para ahli
pengertian peran serta orang tua
peran orang tua terhadap prestasi belajar
faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
definisi studi kasus
siswa membolos
minder
contoh kasus dalam kehidupan sehari hari
definisi perilaku
prosedur pengubahan tingkah laku
teknik meneladani atau modeling
study kasus
teknik pengurangan dan penghapusan tingkah laku
contoh tes prestasi
lihat juga :
teori tentang bimbingan orang tua
pengertian prestasi belajar
peran orang tua dalam mengembangkan potensi anak
pengertian bimbingan dan konseling menurut para ahli
pengertian peran serta orang tua
peran orang tua terhadap prestasi belajar
faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
definisi studi kasus
siswa membolos
minder
contoh kasus dalam kehidupan sehari hari
definisi perilaku
prosedur pengubahan tingkah laku
teknik meneladani atau modeling
study kasus
teknik pengurangan dan penghapusan tingkah laku
contoh tes prestasi