proses konseling

Nama                   : Imam Purnomo
NIM                     : 09144200097
Kelas                    : A4
Semester/Prodi    : 4 / Bimbingan dan Konseling


Pertemuan 1
Klien               : Asalmualaikum. . . . . 
Konselor          : walaikum salam
  Silahkan masuk pak . .. ???
Klien               : Ya trimakasih. . . .
Konselor          : Ma`af dengan bapak siapa ?
Klien               : Saya santo pak . . . .
Konselor          : Oh pak santo, keliatannya bapak ada masalah yang cukup berat
  sehingga bapak datang kemari ???
Klien               : Ya pak . . . .
Konselor          : Ya sudah tidak ada salahnya bila bapak bersedia menceritakan masalah yang
  sedang bapak hadapi saat ini . . . . ???
Klien               : Iya pak terimakasih,
  Begini pak, saya belum lama ini deket dengan cewek tetapi cewek tersebut
  disukai dengan temen deket saya pak, tetapi cewek tersebut lebih suka saya
  dari pada temen saya . . .
Konselor          : Oh begitu pak . . . .
  Terus langkah apa yang anda lakukan saat ini ???????
Klien               : Saat ini saya lebih suka menyendiri pak . . . .
Konselor          : Apa dengan cara itu bisa membuat anda merasa lebih baik ???
Klien               : Tidak pak ??
Konselor          : Anda tidak usah merasa bingung ataupun merasa terbebeani dengan masalah
  anda, setiap masalah saya yakin pasti ada jalan keluarnya pak, begini pak
  coba anda bayangkan bila anda menerusakna hubungan anda bagaimana
  dengan persahabatan anda ??????
Klien               : Iya Pak, tapi saya merasa terbebani dan saya sangat merasa cemburu kalo
  cewek tersebut berdua`an dengan teman saya itu pak ?????
Konselor          : Nah begini pak, apakah bila anda jadian dengan cewek tersebut anda rela
  persahabatan anda bisa rusak dengan adanya hal tersebut . . . . ?????
Klien               : iya juga pak . . . . . .
Konselor          : Bagaimana apakah anda sudah tau apa yang seharusnya anda lakukan ???
Klien               : Iya mungkin dari penjelasan dan masukan dari bapak alhamdulilah saya
 sekarang sudah tahu apa yang harus saya lakukan saat ini pak yaitu harus
 mengutamakan persahabatan daripada harus berpacaran dengan cewek yang
 bisa menumbuhkan permasalahan.
Konselor          : Alhamdulilah . . . .
  Begini pak sebelum kita mengakhiri pembicaran kita, saya ingin tahu
  kesimpulan bapak sekarang ?
Klien               : Alhamdulilah pak, saya sekarang lebih tahu apa yang saya harus lakukan dan
  saya lebih merasa lega dengan permasalahan saya karena bapak telah
  membantu saya untuk mencari solusinya. 
Konselor          : Kalau begitu masihkah ada hal yang masih ingin pak Santo sampaikan ????
Klien               : Saya kira cukup pak.
Konselor          : Baiklah sekarang kita tutup pembicaraan kita ini, apabila ada masalah lagi,
  silahkan bapak datang kemari saya terbuka untuk bapak.
Klien               : iya pak terimakasih banyak sudah mau membantu saya . . . . .
Konselor          : Iya pak Santo sama-sama . . . .
Klien               : Ya sudah pak saya pulang dulu terimakasih banyak iya pak,
  Asalamualaikum. . . . .
Konselor          : Walaikum Salam Wr. Wb












Pertemuan ke-2

Klien               : Asalamualaikum . . . .
Konselor          : Walaikumsalam. . . .
  Eh Pak Santo ya ???? Silahkan duduk pak . . . . .
Klien               : Iya pak terimakasih . . . . .
Konselor          : Bagaemana pak kabarnya ???
  Oh iya  bageman masalah bapak yang kemarin . . . . . . ?????????
Klien               : Iya begini ini pak kabar saya . . . .
  Alhamdulilah pak masalah saya yang kemarin dah terselesaikan tetapi
  sekarang saya menghadapi masalah yang rumit menurut saya pak, masih
  masalah cewek dan temen dekat saya pak.
Konselor          : Oh begitu pak . . . .  ???
  Kalau begitu silahkan bapak Santo cerita tentang masalah yang masih
  membebani pikiran anda.
Klien               : Begini Pak, cewek tersebut sering curhat sama saya pak tentang semua
  kepribadian temen saya itu pak, dan bahwa cewek tersebut kurang suka
  dengan temen saya itu pak ????
Konselor          : Dalam masalah atau hal tersebut langkah apa yang anda lakukan ketika itu ?
Klien               : Begini bapak. . . . . .
  Setiap dia atau cewek tersebut membutuhkan pendamping atau penengah,
  Saya berusaha selalau ada untuk dia pak tetapi tanpa sepengetahuan dari
  temen saya yang lebih menyukainya pak. Dan saya juga menekankan pada
  dirinya untuk mengenali temen saya agak jauh pak supaya dia bisa menerima
  apa yang dimiliki teman saya pak dan biar ada kecocokan antara mereka.
Konselor          : Oh begitu, mungkin cewek tersebut memang bener-bener suka sama bapak,
  begini saja pak, mungkin anda juga suka kan kepada cewek tersebut ???
  Anda terusin dulu langkah-langkah bapak yang tadi mungkin dengan
  langkah-langkah yang diberikan bapak anda terhadap cewek tadi dia bisa
  mengerti apa arti memiliki dan dimiliki.
Klien               : Iya Pak terimakasih . . . . .
  Terus langkah berikutnya agar saya bisa memiliki sahabat dan cewek tersebut
  bisa mengerti keadaan kami sekarang, bagaimana seharusnya saya Pak . . .??
Konselor          : Pertanyaan yang bagus pak, menurut saya Pak, anda arahkan dulu karena
  mungkin cewek tersebut masih terbelit dengan masalahnya dia mau memilih
  anda atau memilih temen anda tersebut. Karena biasanya cewek apabila
  sudah merasa cocok dengan seseorang dia akan mengerti harus berbuat apa
  demi kebaikannya.
Klien               : Terimakasih iya Pak, atas langkah-langkah yang anda berikan dan
  membantu memecahkan masalah saya ini . . . .
Konselor          : Iya Pak, ma`af pak apakah anda sudah bisa mengambil kesimpulan ???
Klien               : Iya Pak, mungkin saya harus memberikan apa yang terbaik buat cewek dan
  teman saya dengan langkah-langkah bapak tersebut.
Konselor          : Bagus sekali Pak . . . . .
  Mungkin masih ada hal yang masih mau anda tanyakan pak ???
Klien               : Tidak Pak terimakasih . . . .
  Ini sudah cukup membantu masalah saya Pak . . . .
Konselor          : Oh ya sudah Pak kalau begitu . . .
  Bila anda masih membutuhkan bantuan silahkan anda datang kemari.         
Klien               : Iya Pak saya sangat berterimakasih kepada bapak mungkin kalau tidak ada
  bapak masalah saya tidak akan cepat terselesaikan, ya sudah dulu pak
  agaknya sudah sore juga saya pulang dulu pak
Konselor          : Iya Pak, terimakasih atas kepercayaan bapak kepada saya.
Klien               : Iya pak, ya sudah saya pulang dulu pak,
  Asalamualaikum . . . . .
Konselor          : Walaikum Salam pak













Pertemuan ke-3

Klien               : Asalamualaikum . . . .. .
Konselor          : Walaikum Salam . . . . .
  Eh Pak Santo mari silahkan masuk pak
Klien               : Iya terimaksih pak sudah baik kepada saya.
Konselor          : Iya pak sudah seharusnya kita menghargai dan menghormati orang lain,
  bukan begitu pak ???
Klien               : Iya pak benar sekali . . . . . . .
Konselor          : Wah kenapa ni pak kelihatannya kok masih merenungi masalah pak ????
  Gimana masalah yang kemarin ? Apakah masih ada problem lagi pak ???
Klien               : Iya pak bener kata bapak saya masih ada problem yang mukin kali ini lebih
  berat menurut saya pak.
Konselor          : Oh begitu . . . .
  Ma`af ya pak memang bagemana lagi masalah yang sedang di hadapi bapak
  sekarang ???
Klien               : Begini pak, apa yang saya harus lakukan pak dengan cewek tersebut ??
  Padahal saya sudah melakukan banyak cara buat melupakannya tetapi semua
  itu sia-sia saja pak, dengan saya mencoba melupakannya semakin tinggi rasa
  saya memilikiny pak dan saya juga sudah mencoba buat mendekatin cewek
  lain yang saya harap bisa memberikan cahaya terang bagi saya namun
  semuanya sama saja berakhir dengan sia-sia pak.
Konselor          : Wah cukup berat juga ya pak masalah bapak sekarang, memang “cinta
  sesungguhnya” sulit didapatkan, begini pak mungkin bapak melakukan itu
 belum didasarkan ketulusan anda.
Klien               : Terus saya seharusnya bagemana pak . . . .  ??
Konselor          : Begini pak, saya yakin jiwa persahabatan anda begitu tinggi, bagemana kalau
  anda pikirkan temen anda sesuai dengan komitmen anda dulu pak ??
  mungkin itu akan lebih baik pak keadaannya.
Klien               : Iya pak mungkin saya bisa mempunyai cewek dari pada dia tanpa merusak
  persahabatan kami pak, terus bagemana seharusnya sikap saya pak ke pada
  cewek tersebut ??
Konselor          : Heeemmmm . . . . . . . . .
  mungkin begini pak, bapak sebaiknya pelan-pelan untuk mengarahkan
  cewek tersebut ke arah hal yang positif yaitu persahabatan dan dia pasti
  mengerti kenapa anda mengambil langkah tersebut karena bapak tidak mau
  merusak persahabatan yang sudah anda jalin selama ini.
Klien               : Terimakasih ya pak lagi-lagi bapak lah yang bisa menenangkan hati saya
  pak, sekali lagi terimakasih banyak pak.
Konselor          : Iya sama-sama pak itu semua sudah menjadi kewajiban saya untuk
  membantu memecahkan masalah anda pak, mukin masih ada sesuatu hal
  yang masih mengganjnal dalam pikiran anda pak ????
Klien               : Gak ada pak, saya sangat-sangat berterimakasih sekali kepada bapak karena
  berkat anda hati saya bisa lebih tenang dan tahu langkah-langkah selanjutnya
  yang harus saya lakukan terimakasih pak.
Konselor          : Iya pak sama-sama besok kaloau masih ada  permasalahan silahkan datang
  kemari lagi pak, saya merasa senang bila bapak datang kemari.
Klien               : Iya pak tentu saja, iya sudah pak saya pualang dulu pak terimakasih banyak
  Asalamualaikum.
Konselor          : Iya pak sama-sama . . . . . .
  Walauikum Salam


















Pertemuan ke-4

Klien               : Asalamualaikum . . . . .
Konselor          : Walaikum Salam, eh pak Santo mari-mari pak silahkan masuk pak.
Klien               : Iya pak terimakasih . . . . . . .
Konselor          : Bagemana Pak masalah-masalah anda yang kemarin-kemarin sudah
                          tuntaskah Pak . . . . . . ???
Klien               : Sebagian sudah dan sebagian belum pak malah sekarang timbul masalah lagi.
Konselor          : Memang pak setiap manusia tidak jauh dari maslah, kelihatannya masalah
  bapak yang ini berat sekali dan apabila hanya ditampung sendri pak . . . . ???
  Iya sudah tidak ada salahnya bila bapak menceritakan apa yang menjadi
  beban pikiran di kepala bapak.
Klien               : Iya pak terimakasih banyak, begini pak saya itu bingung sekali apa yang
  seharusnya saya lakukan padahal saya sudah memberitahukan semua
  kepribadian saya bahkan dari segi negatifnya saya sudah ceritakan
  semuannya pak, karena semua itu bertujuan agar cewek tersebut bisa
  menjauhi saya pak.
Konselor          : Oh begitu pak, anda tahu kan pak semua masalah pasti ada jalan
  keluarnya . . . . . . .  ???
Klien               : Iya pak saya tahu itu, tapi saya sudah pusing untuk menghadapi semua ini
  pak, apa yang saya harus lakukan pak ???
Konselor          : yang sabar dulu pak, menrut saya begini pak, cewek tersebut memang benar
  benar suka sama bapak meskipun bapak sudah memberitahukan semua
  kepribadian bapak dari semua segi tetapi cewek tersebut masih suka sama
  bapak mungkin itulah yang dinamakan “cinta yang tulus” pak, mungkin
  begini saja pak coba bapak tanyakan langsung kepada cewek tersebut kalu
  hubungan antara bapak dan cewek tersebut mau diarahkan kemana
  persahabatan atau mau kejenjang yang lebih serius lagi. Tetapi apakah bapak
  sendiri cinta sama cewek tersebut . . . . . . .  ???????
Klien               : Terimaksih ya pak atas pengarahannya dan langkah-langkah yang meski saya
   harus lakukan, jujur saja pak dulu di hati saya memang belum ada rasa cinta
   kepada cewek tersebut tetapi semakin saya mengenal cewek tersebut rasa
   cinta ini semakin timbul pak dan rasa takut kehilangan dia juga brgitu kuat
   pak, mungkin inilah cinta saya pak. . . .  
Konselor          : Oh begitu berarti initinya bapak dan cewek tersebut sama-sama suka tetapi
  yang jadi penghalang kalian adalah temen dekat anda ????
Klien               : Iya pak begitu . . . . .
Konselor          : Nah begini pak, coba anda menghindari cewek tersebut atau seolah-olah anda
  menjauihi dirinya dulu dan bagemana respon cewek tersebut, bila dia benar- 
  benar suka sama anda pasti dia akan memberikan suatu pertanda bahwa dia
  benar-benar suka sama anda dan coba anda tanyakan dulu secara baik-baik
  tentang hubungannya dengan teman anda sudah sejauh mana ???
Klien               : Baiklah pak saya rasa juga tidak ada salahnya melakukan langkah-langkah
  tersebut bila baik untuk saya dan teman saya pak.
Konselor          : Iya pak, mudah-mudahan dengan langkah yang ini bisa menenangkan hati
  bapak dan bila nanti ada perkembangan dengan masalah bapak saya selalu
  siap untuk membantu bapak.
Klien               : Iya pak terimakasih atas bantuannya dan suadah mau membantu memberi
  solusi dalam masalah saya ini pak.
Konselor          : Iya pak mungkin ada pertanyaan lagi pak ???
Klien               : saya kira sudah cukup pak, ya sudah saya pulang dulu pak, Asalamualaikum
Konselor          : Walaikum Salam pak, saya tunggu kabarnya pak
Klien               : Baik terimakasih Pak
















Pertemuan ke-5

Klien               : Asalamualaikum . . . .
Konselor          : Walaikum Salam, mari-mari pak Santo silahkan masuk pak . . . .
Klien               : Terimakasih banyak pak.
Konselor          : Iya kaya orang gak kenal saja silahkan duduk pak
  (sambil tersenyum dengan maksud bercanda)
Klien               : Iya pak terimakasih.
Konselor          : Gimana pak sudah terlaksanakan langkah-langkah yang saya berikan kepada
  bapak dan kalau boleh saya tahu bagemana pak hasilnya ????
Klien               : Alhamdulilah sudah pak dan cewek tersebut memberikan tanda-tanda bahwa
  dia benar-benar suka sama saya pak dan sudah saya tanyakan tentang
  bagemana hubungannya sudah nyampe mana dengan teman saya, dia berkata
  bahwa semuannya telah berakhir pak tentang hubungannya sama teman saya
  itu pak.
Konselor          : Oh begitu pak bagus kalau begitu, berartikan cewek tersebut sudah memberi
  peluang yang baik terhadap bapak kan ?? Tetapi apakah benar pak teman
  anda sudah tidak ada apa-apa lagi sama cewek tersebut ??
Klien               : Menurut yang saya ketahui dan saya tanyakan seprti itu pak, bahwa cewek
  tersebut sudah tidak ada apa-apa lagi sama teman saya itu pak.
Konselor          : Oh ya sudah kalau begitu pak, Terus langkah apa yang akan bapak ambil
  selanjutnya pak . . . . . . . ????          
Klien               : Begini pak saya akan mengunkapkan semua isi hati saya kepadanya pak dan
  saya berharap dia mau menjadi pacar saya pak karena saya sudah yakin inilah
  cinta saya pak dan saya tidak mau sampai kehilangannya pak.
Konselor          : Iya sudah pak bila keputusan bapak sudah bulat, saya mendukung bapak
  tetapi ingat pak sahabat anda akan kecewa sama bapak kalau dia sampai tahu
  kalu bapak sudah jadian kepada cewek yang sudah disukai sama sahabat
  bapak.
Klien               : Terus sebaiknya apa yang saya hrus lakukan agra saya mendapatkan cinta
  saya dan tidak kehilangan sahabat saya pak ???
Konselor          : Bapak yakin ingin memiliki cewek tersebut ??
Klien               : Iya pak saya sangat yakin dengan perasaan saya ini pak bahwa saya ini tulus
  mencintainya pak.
Konselor          : Oh baiklah kalau begitu pak buktikanlah semuanya dan jangan sampai
  kecewain cewek yang anda sukai dan salah satu jalannya adalah hubungan
  anda jangan sampai ketahuan dulu teman anda pak karena bila teman anda
  tahu dia bisa kecewa dengan bapak.
Klien               : Iya pak terimakasih atas masukannya pak.
Konselor          : Iya pak sama-sama, sekarang bagemana perasaan bapak ?? Dan sudah
  tahukah langkah apa yang harus bapak ambil berikutnya pak ??
Klien              : Alhamdulilah pak sekarang saya sudah cukup lega dan sudah mengerti apa
  yang harus saya lakukan nnantinya setelah anda memberikan masukan pak.
Konselor          : Alhamdulilah kalau bapak sudah merasa begitu, mungkin masih ada
  pertanyaan lagi pak ????
Klien               : Saya kira cukup ini dulu pak.
Konselor          : Oh ya sudah bila masih ada masalah lagi silahkan bapak datang kemari.
Klien               : Ya pak terimakasih, saya pulang dulu pak.
  Asalamualaikum . . . . . .
Konselor          : Walaikum Salam



















Pertemuan ke-6

Klien               : Asalamualaikum . . . . .
Konselor          : Walaikum Salam, eh pak Santo nampaknya ceria banget ni, silahkan masuk
  pak
Klien               : Iya pak terimakasih.
Konselor          : Bagemana pak kabarnya sudah lama tidak berjumpa dengan bapak ??
  Sehatkan Pak ???
Klien               :Alhamdulilah pak sehat selallu bagemana dengan bapak ???
Konselor          : Alhamdulilah saya senang sekali pak mendengarkan kabar itu, Alhamdulilah
  pak sehat selalu, Oh ya bageman pak masalah-masalah yang kemarin ??
Klien               : Begini pak beberapa hari yang lalu setelah saya mendengarkan dan mencerna
                          masukkan dari bapak, Alhamdulilah saya diterima menjadi pacarnya pak,
                          tetapi entah kenapa pak saya masih berfikiran yang negatif kepadanya pak.
Konselor          : Oh ternyata sudah jadian ya pak, selamat ya pak ????
                          Memangnya kenapa pak . . . . ???
Klien               : Iya pak terimakasih banyak, saya itu takut pak bila dia kecewa sama saya pak
  karena saya mempunyai banyak kekurangan pak pada diri saya pribadi.
Konselor          : Oh ternyata begitu ???
                          Begini pak saya yakin di dunia ini tidak ada makhluk yang sempurna begitu
  juga denagan pribadi saya pak, coba hilangkanlah rasa yang separti itu pak
  dan cobalah lengkapi kekurangan yang ada pada pasangan anda dan saya
  yakin cinta yang sebenarnya adalah dia bisa menerima semua kekurangan
  yang ada pada diri kita bukan menilai dari keunggulan yang kita miliki.
Klien               : Terimakasih ya pak sudah beberapa kali ini anda memberikan saran-saran
  yang bisa memberikan suatu motivasi bagi diri saya pak.
Konselor          : Iya pak sama-sama, silahkan pak kalau masih ada masalah di pikiran bapak
  silahkan keluarkan agar saya bisa mengarahkan dan membantu
  memecahkannya pak.
Klien               : Iya pak terimakasih banyak pak  . . . . . .
  Saya kira cukup ini dulu pak.
Konselor          : Ya sudah apabila itu keputusan bapak
Klien               : Terimakasih ya pak ??
  Saya pulang dulu pak Asalamualaikum
Konselor          : Walaikum Salam











Pertemuan Ke-7

Klien               : Asalamualikum . . . . .
Konselor          : Walaikum Salam . . .
  Eh Pak Santo mari silahkan masuk pak.
Klien               : Iya pak terimakasih banyak.
Konselor          : Wah keliatannya wajah bapak tambah hari tambah ceria ni, alhamdulilah
  kalau begiitu . . . .
Klien               : Iya pak alhamdulilah masalah-masalh saya sudah terselesaikan dan hati saya
  juga sudah agak lega ni pak semua berkat bapak yang memberikan saran dan
  motivasi kepada saya secara terus menerus, terimakasih banyak pak.
Konselor          : Iya sama-sama pak sudah menjadi kewajiban saya untuk memberikan solusi
  dan motivasi ke pada bapak. Mungkin masih adakah masalah dalam pikiran
  bapak ??
Klien               : Sebenarnya masih pak, begini bagaimana caranya agar hubungan ini temen
  saya bisa mengerti dan menerima semuanya tentang saya pak dan saya akui
  bahwa saya itu salah pak kepada teman saya ?? Saya juga gak enak pak kalau
  hubungan saya sembuny-sembunyi seperti ini ???
Konselor          : Oh begitu pak, mungkin seharusnya bapak tugu waktu yang tepat untuk
  membicarakan semuanya kepada teman anda supaya teman anda bisa
  mengerti kondisi kalian dan saya minta kepada bapak apabila bapak mau
  ngomngin masalha ini kepada teman anda bicarakanlah dengan baik biar
  tidak ada permasalahan yang timbul dan mengakibatkan perpecahan dalam
  dalam tali persahabatan anda pak.
Klien               : Terimakasih ya pak atas solusinya selama ini, mungkin benar juga apa kata
  bapak, saya akan katakan semua itu bila waktunya sudah mendukung kepada
  saya.
Konselor          : Iya pak mungkin itu solusi yang tepat sekarang ini bagi kelangsungan antar
  anda, pacar anda dan yang paling penting adalah sahabat anda sendiri.
Klien               : Iya pak saya sangat-sangat berterimakasih kepada bapak saya tidak tahu apa
  yang akan terjadi bila tidak ada bapak.
Konselor          : Iya pak sama-sama munkin ada hal yang lain lagi pak ??
Klien               : Saya kira sudah tidak ada lagi apa yang harusnya saya tanyakan kepada
  bapak saya anggap sudah pak.
Konselor          : Baiklah kalau begitu pak saya do`akan semoga hubungan anda langgeng
  sampai kapanpun.
  Amiiiiiinnnnnn . . . . . . . .     
Klien               : Amiiinnnn . . . . . .
  Terimakasih ya pak ?? Berhubung waktunya sudah sore saya mau pulang
  dulu pak ???
  Asalamualaikum . . . . . . .
Konselor          : Iya pak sama-sama
  Walaikum Salam pak . . . . . . .