Verbatim



  1. Ya. Assalamualaikum pak..
  1. Wa’alaikumsalam..
  1. Kenalin nama saya nevi, ya.. kemaren kita dah sempet ngobrol ya, ada ibu juga ya, dan kemaren kita udah sempat ngobrol[U1] 


  1. Bentar mbak, waktu dimana ya? Kok saya agak lupa ya

  1. Yang di sekolah pak, di sekolah yani

  1. o.. ya ya ya ya..

  1. ini dengan pak dayat?

  1. Ya, hehe..

  1. Saya dengan nevi

  1. Ya, inget, o..ya.. mbak nevi ya

  1. Yang kita waktu tu ngobrol tentang yani

  1. o.. ya.. si yani he-e

  1. ini..

  1. ya, gimana mbak?

  1. Ini kan karena kita melihat yani ini kan kemaren kita sempat lihat yani agak gak mau sekolah ya pak

  1. He e..

  1. Ha jadi kita mau cari solusi terbaiklah buat yani gitu, bareng, Kira-kira kalau sekarang saya ngobrol dengan bapak gimana pak?

  1. Oya gak papa..

  1. Mengganggu atau tidak ?

  1. o.. ini kebetulan pas ini lagi tidak ada agenda ya jadi bisa
---[U2] -----------------------------------------------------------------------------------------------------------
  1. terima kasih lho pak sebelumnya..saya tu mau tanya gini pak, sebenarnya, munkin yani kan gak mau sekolah ya akhir-akhir ini, ya, sebenarnya sejak kapan sih yani itu gak mau sekolahnya itu?

  1. Ya kalo yani tu sebenarnya ya kan sekarang kelas 1SD tu dia sebenarnya tu perilaku yang dia menolak sekolah itu sejak SD mbak. [U3] 

  1. Masuk SD nya itu?

  1. He e.. jadi bahkan waktu TK nya itu dia sangat suka di sekolah

  1. o...

  1. bahkan libur pun dia sering ngomong, e yah ayah.. ini kita sekolah gak? ini libur dek, ini libur, tapi dia antusias buat sekolah. Tapi semenjak SD ini ya dia jadinya kok ada perilaku yang berbeda, dia jadi malah bisa sampe berkebalikan waktu TK dulu. Dia sempat malah habis tu kalo sekolah maunya ditungguin kemudian ya tu lah banyak kejadian-kejadian yang dia tuh menolak sekolah, bahkan dia aslinya kemaren tuh gak mau sekolah lagi kayak gitu..

  1. o.. jadi tadi dari yang saya tangkap ya pak[U4] , waktu TK sebenarnya dia seneng ya pak sekolah, sampe kalo libur tanya kapan kita sekolah? Tapi waktu Sd awal-awal Sd ya tu pak, nah itu dia mulai menolak sekolah tadi yang saya tangkap dari bapak ya?[U5] 

  1. He e..

  1. Terus.. e.. kemaren itu. Ini saya kroscek ya pak, kemaren itu kalo saya.. kayaknya bapak itu kemaren bilang, sempet bilang.. sejak dia lihat temannya dimarahin gurunya iya kan ya? Itu, e..e.. apa namanya dia jadi.. jadi mimisan waktu itu[U6] 

  1. Iya pernah

  1. E.. bapak kalau saya menangkapnya (e..jadi waktu kejadian itu..) Waktu itu bapak bilang sejak kejadian itu dia gak mau sekolah gitu, tapi barusan bapak bilang awal-awal sekolah dia gak mau sekolahnya.. itu gimana pak tu pak?
[U7] 
  1. Gak jadi gini.. itu kan masih ini dalam awal ya sd ya kelas 1 SD ni awal-awal, jadi mang ini itu dimulai waktu kejadian itu, jadi kejadian yang dia melihat temannya tu dimarah-marahi kemudian dia tu tau-tau kok padahal bukan dia yang dimarahi kok di yang mimisan dan ketika itu dia bener-bener yang kayak scock dan akhirnya dia gak mau sekolah lagi tapi mang sebelum itu pun ada kayak semacam em.. perilaku yang berbeda dari sejak TK dulu.

  1. Bisa dijelasin?

  1. Ya puncaknya ketika itu

  1. o...puncaknya ketika itu[U8] 

  1. jadi mang tidak seantusias yang waktu TK itu

  1. he e

  1. ya waktu TK suka gitu karena memang gini mbak ya, ini kan saya masukkan ke sekolah favorit dan di sini emang banyak..mohon maaf, ya bukannya saya sombong, tapi mohon maaf banyak yang disini sekolahnya orang-orang menengah ke atas lah.
  2. Kayak gitu lo.. jadi emang kalo katanya si yani tu sekolah itu juga temen-temennya tu agak nakal, agak agak ... bahkan ada yang bawa handphone juga padahal baru kelas 1 SD saya kan heran juga itu, tapi si yani belum saya kasi sampe segitu

  1. Dikasi.. o..iya

  1. Ya agak lebih..permasalahannya agak lebih kompleks lah keadaannya dari pada TK dulu. Kalo TK dulu kan memang lebih sedikit dan gurunyanya memang lebih intens banyak gitu mungkin juga karena itu tapi saya kurang tau juga sih mbak gitu.. berarti tadi dimasukin ke Sdnya yang kelas menengah ke atas ya.. terus tapi di awal-awal dia ada masalah gak mau sekolah tadi ya, terus tadi yang kalo ini pak, sebenarnya pertimbangan kalo usia yani kan 6 tahun ya.. pertimbangan dimasukin di Sdnya tuh gimana pak? Apakah kemauan yani atau kemauan bapak dan ibu atau bagaimana gitu[U9] 

  1. Ya ini saya maaf dulu waktu masuk SD kan disuru sama ibunya mbak karena di TK tuh udah cukup kemudian dia juga udah seneng lah di TK. Kayaknya kok nampaknya anak ini SD bisa kalo dilanjut. Ya..sebenernya kami sih belum konsultasi sih ke psikolog atau apa.. karena waktu masuk Sd kan emang kalo segi umur katanya kan kalo SD denger-denger itu mang kalo segi umur emang agak kurang. Memang harusnya 7 tahun ya mbak, tapi sebenarnya saya juga gak tau gitu toh, akhirnya ya udah qita putuskan coba dulu aja yah gitu kan.. terus mamanya bilang ya udah ma, coba aja dulu kita..... ------------- gitu..

  1. Berarti tadi yang saya tangkap bapak sama ibu diskusi ya, gitu ya, kalo yani gimana sebenarnya yani, kalo dari yani sendiri? Karena tadi kayaknya bapak bilang itu diskusi bapak dan ibu ya? O.. oya udah yani Sd aja.. kalo yani sendiri?[U10] 

  1. Kalo si yani sendiri sebenarnya dia juga seneng gitu, pengen.. karena kan ketika itu juga saya nawarin dulu gimana dia tuh lebih suka, sebenarnya lebih suka di sekolah dari pada di rumah. tapi kalau , kalau.. dia juga juga sempat keinginan pengen sekolah, karena ada beberapa temennya juga, kasusnya juga gak cuman anak saya sendiri mbak yang kelas 6 itu, ada berapa temennya yang kelas 6, nah dia pengen ikut-ikutan kayak siapa? Si Doni atau siapa gitu lupa saya namanya. Pa Doni juga dah masuk SD lho pa, gitu, akhirnya yo wes kita sama si mamanya to bilang, diskusi akhirnya yani juga mau, dia masuklah sd, apalagi dia karena di embel-embel di iming-imingi juga kalo di sd yang sekolahannya yani yang sekarang itu banyak kegiatannya juga, ada drum band segala macam, kemudian ada musik kayak gitu lo jadi ya memang dia ingin gitu, karena dia lebih seneng di sekolah daripada di rumah mbak

  1. o.. he e.. berarti yani dah mau sekolah masuk SD.. bapak ibu juga mau.. terus masuk SD, dan pengen lihat temen-temennya ya..[U11] 

  1. he e..

  1. e.. terus tadi saya sempet tadi bapak bilang yani e.. lebih seneng di sekolah ya daripada di rumah[U12] , itu bisa dijelasin ya maksudnya gimana pak?[U13] 

  1. Ya...jujur aja ya mbak ya, jadi e...emang saya tu tinggalnya gak rumah sendiri sama istri gak, tapi emang masih sama keluarga besar sama keluarga saya gitu kan, karena emang saya anak sulung disana ya gak papa ya saya tinggal disana, sama kakek, nenek sama berapa saudara saya gitu, tapi.. emang akhir-akhir ini saya menangkap  hal yang kurang yang.. gak akhir-akhir ini sih mbak, jadi semenjak yang

  1. Gak mau sekolah?[U14] 

  1. itu si yani lahir

  1. jadi yani lahir

  1. Ya yang itu ya agak balita dewasa gitu kan maksudnya dia kemudian tumbuh jadi balita, bisa berbicara, bisa ngomong, memang kondisinya itu tidak begitu baik buat dia nampakya.. karena emang dari om dan tante adik saya itu emang agak spesial menurut saya..

  1. Maksudnya gimana?

  1. Jadi agak.. omnya tu kalo ngomong tu keras..dan istrinya e suaminya si adik perempuan saya tu agak emang, dia tu kalo ngomong tu ya kayak, kayak lost gitu lho mbak, jadi memang tidak terkontrol sama anak-anak, kalo dia mau ngejek ya diejek aja gitu

    • gitu..

  1. Jadi emang ya.. barangkali baru kepikiran setelah kejadian ini sama mamanya kan ngomong, ma apa kita harus pindah rumah gitu, cari rumah sendiri karena emang tidak kondusif untuk yani. Dan.. kita juga melihat kok kayaknya perilaku yani itu lebih tidak nyaman ketika di sekolah  di rumah gitu. Kalo ada orang tuanya jadi sukanya manja------ [U15] 

  1. e..kalo tadi kan di rumah situasinya kayak gitu, kalo ini kalo yani, yani pernah e.. ada tanggapan atau keluhan gitu [U16] misal tentang keluarga yang keluarga besar tadi kalo mungkin omnya lagi ngejek yaninya bagaimana gitu, pernah cerita ke bapak atau ke ibu gitu?

  1. Kalo ke saya kurang anu ya.. karena lebih dekatnya ke mamanya ya mbak ya. Tapi kalo dari yang saya perhatiin sih temannya juga bilang yani kok itu.. e gak suka agak gak deket sama om nya, jadi kalo kayak orang-orang kan kalo yani denger ceritanya, eh, si temenku ini kok padahal kok deket lo ma sama om nya. Ya sering cerita sih sama ibunya bahwa omnya itu agak kasar.. tantenya juga..


  1. Iya..

  1. o.. iya iya..

  1. kemudian sama selain itu juga kalo di rumah itu juga kurang bebas yani tu ngerasanya. Jadi kalo, kan saya kan juga kerja e..jadi gak setiap hari di rumah, kita kan punya toko ya. Jadi kalo di rumah itu ya emang kan ada kakek sama nenek. Jadi agak , e.. ayah saya atau kakek neneknya yani itu kalo saya perhatikan orangnya tu agak protect  gitu kalo sama anak-anak. jadi kalo anaknya.. ada anak kecil pengen ini..pengen itu tuh, sering ngelarangnya.. padahal saya juga dah ngomong, saya sama ayah juga dah ngomong..ngomong “yah, mbok udah..kan beru anak-anak tho yah, moso dilarang kayak gitu.. tapi egonya tuh kadangkan.. kalo kita nasehatin kan dia merasa lebih gitu ya.. jadi.. beberapa kali saya melihat si jadi emang ketika saya di rumah, ada yani, ada kakek neneknya dia mau ngapain tu agak sedikit di protect sama kakek neneknya yani itu, ayah saya, sama ibu saya itu.

  1. [U18] Jadi tadi kalo dari yang saya.. dari.. jadi tadi sebenernya yani sempet bilang ya sama ibunya kalo gak enak ya sama om

  1. Sempet cerita he e..

  1. Sempet cerita kalo om sama tante gitu ya. Terus tadi kakek nenek ngelarang ya, dan bapak sempet lihat ya[U19] 

  1. Ya

  1. Nah kalo pas yani dilarang itu, e..bapak gimana itu sikapnya, e.. mungkin waktu peristiwanya terjadi[U20] 

  1. Ya saya cenderung diam aja, kalo gak ya cenderung.. mungkin yani saya suru main ke lainnya aja.. karena nanti kalo saya anu kan malah nanti bisa tengkar sama ayah saya nanti lebih gak enak lagi kan diliat yani. Gitu, jadi saya emang lebih mengendalikan ini untuk lebih menghindar dan untuk lebih.. istilahnya mengalah sih, begitu, kemudian ketika yani sendiri dah nanti sama ayah aja gitu.

  1. Berarti kalo pas bapak lihat itu, bapak tetep dibilang.. nolong yani ya.. o udah adek main sama yang lain gitu..

  1. Iya.. he e.. makanya.. mungkin itu juga ya mbak ya yang membuat yani itu kalo sama ayah sama mamanya itu sangat manja gitu. E.. tapi di sisi lain kalo sama orang yang lain tuh seakan-aan gimana ya? Mungkin mereka kurang kasih sayang atau gimana gitu.. jadi emang mereka gak deket sama kakek neneknya sama om tantenya kayak gitu.

  1. Berarti si yani tadi kurang deket dengan yang lain, deketnya dengan bapak ibu ya?[U21] 

  1. Ya

  1. ya.. kalo itu tadi di rumah ya pak ya.. kalo di sekolah yani pernah cerita? Cerita tentang hubungan dengan temen? Atau hubungan dengan pak guru? Mungkin dengan pak guru yang tadi sempet marahin temennya? Itu gimana hubungannya di sekolah?[U22] 

  1. Jadi gini.. e.. kalo di dulu ya mbak.. kalo di TK itu.. sebelum masuk SD ya, ketika dia sudah mulai pinter bercerita.. bahkan nyanyi.. karena kalo di TK kan sering nyanyi juga.. bahkan waktu itu.. seneng gitu.. antusias.. bahkan ngomong, sering cerita kalo di TK itu sering diajak gurunya main ke mall.. kemana..kemudian acar apa gitu sering.. tapi anehnya ketika masuk SD.. na.. dia tu ada perbedaan mbak..

  1. Perbedaannya? Bisa dijelasin pak?[U23] 

  1. Jadi kalo ketika Sd tu dia ngomong bahwa.. “Yah, kok sekarang gurunya beda Yah. Gak kayak dulu gitu.. kalo dulu tu baik.. kalo yani ngomong itu di dengerin, yani minta ini tu dilayanin gitu.. kalo sekarang.. di SD tu gak gitu yah, apalagi temen-temen yani kan banyak yang bandel, nakal dalam tanda kutip agak aktif gitu lah.. ya katanya.. ya jadi gurunya tu malah justru sering keras kalo ngomong tu, kalo ngomong keras.. he e.. beda sama gurunya katanya beda sama gurunya lah waktu di TK dulu beda..

  1. Berarti.. Yani pernah cerita ya ke bapa.. kalo.. beda kalo di TK itu didengerin ya.. [U24] 

  1. Ya..

  1. Tapi kalo di SD sekarang..

  1. Gak hanya ke saya.. ke mamanya juga ceritanya..

  1. o.. ke mamanya juga, ya jadi gurunya keras.. gak ada, gak nyaman.. kalo dengan temen gimana tuh pak? Tadi tu kan ada... karena menengah ke atas terus tadi tu kan bapak bilang bahwa temen-temennya juga ada yang.. ini ya..[U25] 

  1. sampe bawa hp

  1. he e..

  1. hp juga

  1. ya hp atau gimana, itu gimana kalo hubungan dengan temen-temennya?

  1. E.. kalo.. gak begitu banyak cerita tentang temen-temennya sih, karena setelah.. ini kan baru awal ya.. barang kali apalagi.. yang dulu 1 TK kemudian sekarang 1 Sd tu cuman kalo gak 2, 3 orang, dan itu kelasnya beda sama yani. Jadi barangkali yani perlu penyesuaian ya mau cari temen baru kayak gitu tho, tapi ini kan baru kelas 1 SD, apalagi ni awal-awal dia dah males sekolah kayak gitu lho. Jadi kayaknya kalo sama temen tu belum ada yang akrab, belum sampe bener yang kayak dulu di TK gitu bareng-bareng karena gurunya di TK juga lebih lembut lah istilahnya.. lebih ngemong sama anak-anak gitu..



  1. Iya..berarti ini tadikan dia sekolah di SD juga belum ada temen..yang deket yah kayak di TK, terus guru-guru juga gak terlalu akrab juga ya, bisa dibilang gitu ya. Nah kalo, berarti Kalo dari yani sendiri itu kan, gak mau sekolah, pernah cerita gak sih sebenarnya alasannya kenapa kok, bapak atau ibu gitu menanyakan kenapa kok yani gak mau sekolah? Apakah yani pernah cerita atau bapak pernah menanyakan itu langsung ke yani gitu pak?

  1. Ya.. katanya kalo yani sih takut itu mbak

  1. o.. takut.. Maksudnya takut?

  1. Gak nyaman sama guru

  1. sama guru yang tadi..

  1. Dia takut kalo dibentak-bentak

  1. Berarti..

  1. Makanya kan kemaren sampe bener-bener mimisan itu, tapi ketika di bawa ke dokter ya katanya itu hanya mimisan biasa sih.

  1. Berarti sepertinya yani juga di sekolah ada perasaan gak nyaman mungkin ya..

  1. Barangkali juga

  1. Dari informasi bapak tadi kan dari dia apanya.. dari guru-guru tadi dia takut..

  1. Ya itu mbak.. ya mungkin itu juga jadi kalo sama papa mamanya tu jadi lebih manja gitu lo mbak

  1. tambah lebih manja, maksudnya?

  1. He e..

  1. Yang manja ini, gimana? Bisa dijelasin?

  1. Ya.. gimana ya.. ya manja lah, kalo anak-anak manja itu misalnya kemana-mana harus ditemenin.. kayak gitu, kalo gak mau harus minta-minta minta apa-apa harus sama papanya harus sama mamanya.. mkayak gitu, misalnya mau kemana, “ma, aku mau makan tapi mau disuapin” kayak gitu lo. Nah kayak gitu tu kalo sama papa mamanya.

  1. Em..Em.. itu dari dulu atau dari dulu juga pak? Akhir-akhir ini atau..

  1. Ya.. sebenarnya.. saya kira masih wajar ya dulu ya. Tapi akhir0akhir ini lebih tambah begitu.

  1. Akhir-akhir ini?

  1. Jadi ceritanya setelah dia SD

  1. Sd itu?

  1. He e..

  1. Tambah manja ya menurut bapak ya?

  1. Apalagi setelah dia gak mau sekolah ini, akhir-akhir ini, beberapa waktu ini..

  1. Di rumah

  1. He e.. di rumah kan jadi ya itu lah tambah terasa lebih manja dari dulu. Gitu mbak ceritanya..

  1. Ini karena bapak juga ada tugas?

  1. Gak sih , ini karena memang.. mamanya kan yang di toko, saya sengaja untuk melihat..

  1. Nungguin adek ya? Ya jadi ini trmksh sekali pak udah ngobrol. Nanti ke depannya kita bisa cari solusi yang terbaik untuk yani gitu yang terkait dengan tadi[U26] 

  1. Tolong lah mbak, apa yang bisa kita lakukan kan..

  1. Em.. iya. Yani juga kan ikut terlibat si situ ya

  1. Em..

  1. Ya ini terimakasih.. nanti kalo kapan-kapan lagi kita butuh bicara dan ngobrol dengan bapak atau ibu dengan bapak atau dengan yani..[U27] 

  1. Ya, gak papa nnanti dihubungi aja

  1. Terimakasih banyak pak assalamualaikum warahmatullah



 [U1]perkenalan

 [U2]building rapport

 [U3]jawaban subjek belum jelas, perlu adanya klarifikasi

 [U4]perhatikan bahasa refleksi: misal, oh jadi tadi bapak menyampaikan bahwa blab la bla

 [U5]kalimat refleksi

 [U6]klarifikasi karena sudah ada data sebelumnya

 [U7]klarifikasi data yang kontradiktif, butuh mendengar aktif untuk tau dna jeli menganalisa informasi dari klien

 [U8]kalimat refleksi

 [U9]refleksi isi

 [U10]refleksi isi

 [U11]refleksi isi

 [U12]clue, di rumah ada apa…

 [U13]klarifikasi, dalam wawancara kita sendiri yang mengarahkan, misal dalam wawancara ngasih info tentang banyak hal, kita harus pilih mana yang mau kita dalami, yang sesuai dengan tujuan, makanya perlu guide wawancara. Dan harus konsentrasi untuk menganalisa informasi tersebut

 [U14]tidak boleh dilakukan, memotong pembicaraan.  Muncul biasanya karena punya persepsi dan tujuan wawancara yang sudah segera ingin dicapai

 [U15]insight subyek

 [U16]intake interview, memperdalam informasi terkait dengan statement bahwa anak itu lebih suka di sekolah

 [U17]refleksi isi

 [U18]informasi tentang keluarga

 [U19]refleksi, clue

 [U20]intake interview

 [U21]klarifikasi, refleksi

 [U22]based on guide, mengarahkan informasi ke sekolah

 [U23]intake

 [U24]refleksi

 [U25]refleksi

 [U26]terminasi