PERBEDAAN KONSELING DAN PSIKOTERAPI

Perbedaan Konseling dan Psikoterapi 

 A. Pengertian Psikologi Konseling Pada zaman yang semakin berkembang ini, sering menghadapkan individu kepada persoalan persoalan rumit dan sukar untuk dipecahkan. Seorang individu dalam proses perkembangannya akan melewati tahap-tahap baik itu dari ukuran fisik atau non-fisik. Masa melewati tahap-tahap ini
terkadang menjadi sebuah problem untuk sebagian individu. Oleh karenanya mereka membutuhkan bantuan agar dapat lebih memahami dan memecahkan problem tersebut. 

Maka muncul sebuah solusi berupa psikologi konseling yang kemudian akan sedikit memberikan bantuan berupa pemberian informasi-informasi kepada individu yang mengalami problem-problem tersebut. Secara bahasa Psikologi berasal dari 2 kata yaitu, psyche yang artinya jiwa dan logos yang artinya ilmu. Jadi secara umum Psikologi lebih dikenal dengan arti Ilmu Jiwa. Namun, seiring berkembangnya aliran-aliran dalam Psikologi maka, banyak ahli yang lebih setuju dengan definisi Psikologi sebagai ilmu tentang perilaku dan mental. 

sedangkan Kata konseling (counseling) berasal dari kata counsel yang diambil dari bahasa latin yaitu counselium, artinya ”bersama” atau ”bicara bersama” . Kemudian dalam bahasa Anglo-Saxon istilah konseling berasal dari sellan yang berarti “menyerahkan” atau “menyampaikan” . Dalam buku Psikologi Konseling dan Teknik Konseling, Abubakar Baraja mengatakan bahwa, “..Psikologi koseling juga dikenal sebagai suatu proses yang terus menerus. Sehingga dapat dikatakan sifat dari psikologi konseling adalah Membantu..”. 

Proses yang terus menerus ini berarti berangsurnya proses pemulihan problem yang dialami individu ketika individu tersebut secara aktif berpatisasi dalam proses konseling. Diambil dari buku Abubakar Baraja dengan judul yang sama. Gustard, seorang ahli dalam bidang Psikologi Konseling mencirikan Psikologi Konseling kedalam 3 kategori : 

 1. Peserta; umumnya berjumlah minimal 2 orang (konselor dan Klien), dan bisa juga berkelompok, dengan peranan atau afiliasi profesional khusus (ahli-ahli pada masing-masing bidang). 

2. Tujuan; yaitu untuk dapat menyesuaikan diri kearah yang terbaik dan berfungsi meningkat. Kemudian dalam hal ini Psikologi Konseling menekankan.. 

3. Hasil belajar; seperti, keterampilan yang ditingkatkan. 

 Konseling adalah hubungan pribadi yang dilakukan secara tatap muka antarab dua orang dalam mana konselor melalui hubungan itu dengan kemampuan-kemampuan khusus yang dimilikinya, menyediakan situasi belajar. Dalam hal ini konseli dibantu untuk memahami diri sendiri, keadaannya sekarang, dan kemungkinan keadaannya masa depan yang dapat ia ciptakan dengan menggunakan potensi yang dimilikinya, demi untuk kesejahteraan pribadi maupun masyarakat. Lebih lanjut konseli dapat belajar bagaimana memecahkan masalah-masalah dan menemukan kebutuhan-kebutuhan yang akan datang. (Tolbert, dalam Prayitno 2004 : 101). 

Jones (Insano, 2004 : 11) menyebutkan bahwa konseling merupakan suatu hubungan profesional antara seorang konselor yang terlatih dengan klien. Hubungan ini biasanya bersifat individual atau seorang-seorang, meskipun kadang-kadang melibatkan lebih dari dua orang dan dirancang untuk membantu klien memahami dan memperjelas pandangan terhadap ruang lingkup hidupnya, sehingga dapat membuat pilihan yang bermakna bagi dirinya. 

Psikologi Konseling sebagai sebuah proses pemberian Informasi, sangat membantu individu dalam mencoba alternatif untuk keluar dari problem yang menyertai kehidupan. Sehingga diharapkan problem yang selalu menyertai semua individu dapat diminimalisir. Menurut buku karangan Sofyan Wills, tujuan konseling yaitu: 

1. Menangkap isu sentral atau pesan utama klien. Konselor harus mampu menangkap isu utama yang menjadi masalah penting klien. 

2. Utamakan tujuan klien. Tanggung jawab utama konselor mendorong klien mengembangkan potensi kekuatan, kemampuan klien mengarahkan nasibnya sendiri, dengan kata lain tujuan klien adalah tujuan konselor itu sendiri. 

 Diharapkan setelah menjalani konseling, klien dapat: 

1. Effective daily living. Setelah selesai proses konseling klien harus dapat menjalani kehidupan sehari-hari secara efektif. 
2. Relationship with other. Klien mampu menjalani hubungan dengan orang lain di lingkungan keluarga, sekolah atau kantor. 

 Dalam bukunya Jannete Murad, Gladding mengatakan bahwa konseling terkait dengan: · Keprihatinan pada kesejahteraan, pertumnbuhan pribadi karier dan juga patologi. Dengan perkataan lain berkaitan dengan bidang yang melibatkan hubungan antara manusia. · 

 Untuk orang-orang yang dianggap masih berfungsi mormal. · Berdasar teori dan berlangsung secara terstruktur. Suatu proses dimana klien belajar bagaimana membuat keputusan dan memformulasikan cara baru untuk bertingkah laku. Kemudian Gladding kembali menjabarkan hal-hal yang terkait dengan psikoterapi, yaitu: 

 * Berhubungan dengan masalah gangguan jiwa yang serius. 
 * Lebih menekankan pada masa lalu dari pada yang terjadi sekarang. 
 * Lebih menekankan pada insight dari pada perubahan. 
 * Terapis menyembunyikan dan tidak memberikan nilai-nilai dan perasaan. 
 * Hubungan jangka panjang (20-40 sesi) 

 Konseling adalah suatu profesi, artinya yang dapat melakukan konseling adalahorang mendapat pendidikan untuk melakukan konseling dan melalui proses sertifikasi dan yang mendapatkan lisensi untuk melakukan konseling.

 B. Persamaan dan Perbedaan Konseling dan Terapi 

 Persamaan : - dasar : teori, metode & data ilmiah yang telah dikaji secara empirik (observasi, wawancara, test, teori2) - teknik2 ilmiah : pembicaraan, latihan2 - aturan : biaya, waktu, tempat, alat2, 

 Perbedaan Konseling Psikoterapi Kurang intensif Lebih intensif preventif Kuratif / reapartif Fokus : edukasi, vocational, perkembangan Fokus : remedial Setting : sekolah, industri, social work, Setting : rumah sakit, klinik, praktek pribadi, Jumlah intervensi kurang Jumlah intervensi banyak supportive rekonstructive Penekanan “normal” / masalah ringan Penekanan “disfungsi” / masalah berat Short term Long term o Brammer Abergo & Shostrom (1993), 

dijelaskan bahwa terlihat perbedaan konseling dan terapi, terutama pada kedalaman analisis masalah yang terdapat, juga ada penekanan pada perbedaan subjek untuk konseling dan terapi. Konseling menekankan pada hal-hal yang sadar dan masa sekarang, sedangkan terapi pada masa lalu. Sifat gangguan yang ditangani oleh konseling dan terapi juga berbeda, pada konseling lebih kepada masalah-masalah yang membutuhkan pemecahan masalah sedangkan terapi menangani masalah-masalah disfungsi atau gangguan emosional yang parah. 

Menurut Hansen, Stevic dan Warner (1986), masalah yang ditangan oleh konseling lebih kepada hubungan interpersonal dan berkaitan dengan masalah peran. Misalnya bagaimana seorang perempuan yang menikah dan bekerja membagi waktu untuk dirinya sendiri, suami dan anak-amaknya, bagaimana ia yang berperan sebagai anak dari orangtuanya, hal yang seperti inilah yang termasuk kedalam lingkup konseling.

lihat juga :

ASAS BIMBINGAN DAN KONSELING MENURUT PRAYITNO 1987

PERBEDAAN KONSELING DAN PSIKOTERAPI
SEJARAH AWAL LAHIRNYA BIMBINGAN DAN KONSELING
SEJARAH LAHIRNYA BIMBINGAN DAN KONSELING DI INDONESIA
PERBEDAAN PSIKIATER, PSIKOLOG DAN KONSELOR
bimbingan dan konseling
tujuan bk disekolah menengah
contoh satuan layanan bk meningkatkan motivasi belajar siswa
tujuan bk karir
strategi pelaksanaan bimbingan dan konseling
bimbingan karir
pengaruh konseling kelompok terhadap prestasi belajar