SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
Kelas
: X A
Semeter
: I/2012-2013
Hari/tanggal
: Senin / 12 Maret 2012
Tempat
: Ruang kelas X A
Layanan
: Layanan Pembelajaran
Bidang
: Bimbingan Belajar
Judul/Spesifikasi
Layanan : Konsentrasi
dalam Belajar
Fungsi
Layanan
: Pemahaman
Tujuan (Khusus)
1.
Siswa
dapat memahami cara mudah berkonsentrasi saat belajar
2.
Siswa
dapat memahami pelajaran yang diajarkan guru dengan mampu berkonsentrasi dengan
baik saat belajar
A.
Materi
: Tips Konsentrasi dalam Belajar (terlampir)
B.
Metode
:
Ceramah, Tanya jawab, Dinamika Kelompok
C.
Kegiatan
Awal : Mengucapkan
salam, memeriksa situasi dan kondisi kelas, memeriksa kehadiran siswa.
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
1.
Menginformasikan
materi yang akan dibahas.
2.
Menjelaskan
tujuan penyampaian materi.
Elaborasi:
1.
Siswa
mengerjakan kuis cara meningkatkan konsentrasi dalam belajar.
2.
Siswa
membacakan hasilnya
Konfirmasi:
1.
Guru
Pembimbing memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi dari
berbagai sumber.
2.
Guru
memberikan motivasi kepada siswa dalam rangka meningkatkan semangat dalam
proses belajar.
Kegiatan Akhir:
·
Siswa
diminta menyampaikan manfaat yang diperoleh setelah menerima layanan.
·
Pembimbing
menyampaikan harapan setelah siswa menerima materi layanan.
D.
Alat
dan
Media
: LCD, Spidol
E.
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
Penilaian Proses
Mengamati perhatian, respon
dan aktifitas siswa saat kegiatan layanan berlangsung.
Penilaian Hasil
Pedoman Observasi
No
|
Pedoman Observasi
|
Keterangan
|
1.
|
Mata atau pandangan siswa terhadap guru
pembimbing saat menjelaskan.
|
Mata tertuju pada guru pembimbing.
|
2.
|
Antusiasme siswa terhadap materi.
|
Para siswa antusias terhadap materi atau
permainan yang diberikan.
|
3.
|
Ketenangan siswa saat memperhatikan materi.
|
Ketenangan kurang terkontrol karena masih
bingung dengan apa yang dijelaskan.
|
4.
|
Respon siswa tentang pengetahuan yang
didapat dari penjelasan materi yang disampaikan.
|
Respon atau manfaat hasil yang didapat dari
permainan dapat diserap oleh siswa.
|
Ø
Laiseg
Memberikan pertanyaan lisan secara acak untuk
mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan.
Pertanyaan lisan:
·
Apa
yang diperoleh permainan tadi?
·
Apa
yang perlu ditingkatkan dari permainan yang telah dilaksanakan?
Ø
Laijapen
Memantau perkembangan siswa berkaitan dengan
peningkatan dalam proses belajar.
Ø
Laijapang
Melakukan interview pada siswa dalam jangka
waktu kurang lebih 1 bulan untuk menilai peningkatan dalam proses belajar.
Pedoman interview:
·
Apakah
anda sudah dapat berkonsentrasi saat belajar?
·
Bagaimana
tingkat konsentrasi anda setelah mendapat materi konsentrasi?
·
Apa
yang membuat anda tidak berkonsentrasi saat belajar?
F.
Keterkaitan
Layanan ini dengan Kegiatan Pendukung
Himpunan Data.
H.
Pendidikan
karakter yang ditanamkan
- Siswa akan dapat belajar
untuk memperhatikan orang lain (mendengarkan)
I. Buku
Sumber
:
J.
Biaya
: -
Salatiga, 12 Maret 2012
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Perencana Layanan
Steffi Assen
Lampiran
I :
MATERI
LAYANAN
Belajar
dengan tekun dan disiplin memang baik. Tapi akan lebih baik kalau kamu belajar
dengan cerdas. Belajar dengan cerdas akan sangat menunjang keberhasilan
studimu. Dalam tips ini diuraikan hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan agar
bisa mulai belajar dengan cerdas dan berhasil.
1.
Belajarlah sambil mendengarkan musik . Berbagai penelitian yang pernah dilakukan
menunjukkan adanya hubungan antara pengaruh musik dengan peningkatan prestasi
belajar. Musik membuat kamu “mengalir’ , dan merangsang pikiran untuk
berkosentrasi pada apa yang sedang kamu pelajari atau kerjakan . Idealnya kamu mendengarkan musik klasik atau
instrumentalia/ musik lembut dengan beat yang santai . Tapi kalau kamu tidak
bisa menikmatinya , putarlah musik kesayanganmu.
2. Ciptakan suasana
ruang belajarmu senyaman mungkin supaya kamu betah berada disana. Kalau memungkinkan , hiasilah dengan gambar-gambar
pilihan atau kata-kata yang bisa memberimu motivasi. Boleh juga menggantungkan
poster idolamu , photo kekasihmu , atau piagam pengahrgaan yang pernah kamu
raih . Perhatikan juga ventilasi udara agar kamu tidak merasa kepanasan atau
kedinginan . Aturlah penerangan agar sesuai dengan keperluanmu , tidak terlalu
redup dan tidak pula terlalu menyilaukan.
3. Aturlah waktu
belajarmu dengan seefisien mungkin . Biasakanlah untuk belajar setiap hari pada jadwal yang
telah kamu tetapkan. Hindari kebiasaan menumpuk tugas yang perlu dikerjakan
sampai menjelang batas akhir waktu yang ditetapkan. Hentikanlah kebiasaan
sistem kebut semalam. Cara belajar seperti itu akan membentuk kamu menjadi
pribadi yang harus ditekan untuk bergerak . Pola ini biasanya akan berlanjut
ketika kamu sudah memasuki dunia kerja dan bisa menghambat peningkatan karirmu
kelak.
4. Belajarlah dengan
aktif . Jangan puas hanya menjadi pelajar yang teoritis saja. Hasil
belajarmu akan lebih optimal kalau kamu belajar sambil mempraktekkan apa yang
kamu pelajari. Sistem belajar sambil praktek sudah terbukti berhasil diterapkan
dalam banyak pendidikan inormal seperti kursus bahasa, mengemudi,
menjahit dsb. Prinsipnya berlaku untuk bidang apapun yang kamu pelajari ,
termasuk belajar bicara didepan umum , belajar berdansa , berenang dsb.
5. Belajarlah dengan
minat yang besar agar kualitas dan hasil belajarmu lebih optimal. Dengan minat yang tinggi , kamu akan bersemangat menggali
berbagai sumber untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi yang
kamu pelajari. Itulah alasannya mengapa sebaiknya kamu kuliah dibidang yang
benar-benar kamu minati. Kalau kamu sangat menyukai teknik , mungkin kamu akan
mengalami masalah kalau kamu harus kuliah ekonomi dsb. Tapi kalau kamu sudah
terlanjur salah jurusan, atau berada ditempat yang kurang kamu sukai maka
cobalah unuk menyukainya. Milikilah rasa tanggung jawab terhadap sesuatu yang
telah kamu ambil atau putuskan. Namun terkadang minat juga bisa muncul dari
penyusuaian diri , percayalah tidak ada ilmu yang tak bermanfaat raihlah segala
bidang ilmu , pelajari dengan matang jangan setengah-setengah hingga bisa
didapat suatu kecerdasan multi dimensi.
6. Pelajarilah teknik belajar
yang efektif agar kamu bisa belajar dengan waktu yang relatif singkat tapi
dengan hasil yang lebih memuaskan. Sebagai contoh TEKNIK
PENYEBARAN WAKTU mengajarkan bahwa lebih baik kamu belajar 3 x 1 jam daripada 1
x 3 jam.
7. Pelajarilah teknik
membaca cepat agar kamu bisa membaca dengan kecepatan tinggi dan dengan
pemahaman yang tinggi pula. Ini adalah kemampuan
vital bagi kamu yang hidup diera digital dan informasi. Dengan daya baca
berkecepatan tinggi, syukur-syukur bisa membaca dengan mata hati pula ,sehingga
arus informasi yang deras tidak akan meneggelamkan kamu , tapi justru
melejitkan prestasimu untuk meraih keberhasilan.
8. Pelajarilah teknik
mengingat dengan memanaatkan kata kunci atau kata akronim. Dengan kemampuan ini daya ingatmu akan dipertajam
sehingga kamu bisa mengingat bahan pelajaran dengan cepat dan akurat. Banyak
teknik mengingat yang sudah teruji praktis yang dapat dipelajari untuk
meningkatkan daya ingat, daya konsentrasi dan memacu potensi belajar.
9. Pelajarilah teknik
menulis. Dengan kemampuan ini kamu tidak akan mengalami
kesulitan untuk melakukan kegiatan tulis-menulis secara sistematis dan mudah
dipahami, baik berupa laporan , skiripi, artikel dsb. Keahlian menulis sangat
diperlukan didunia kerja dan juga akan memungkinkan kamu untuk menjadi penulis
buku , wartawan dsb.
10. Pelajarilah cara
berpikir yang logis , rasional dan objektif. Meskipun
pikiran kamu lebih hebat dari komputer , mungkin baru sebagian saja /kecil
bagian dari otakmu yang kamu manfaatkan. Berkat jasa para ilmuwan, sekarang
otak kamu bisa dilatih untuk memacu potensimu yang luar biasa sehingga kamu
bisa lebih berprestasi dalam studi dan sukses dalam hidup.
Cara Mudah berkonsentrasi
·
Melakukan
kebiasaan rutin
·
Belajar
dilingkungan yang tenang
·
Hindari
melamun
·
Pelajari
catatan
·
Tunjukan perhatian didalam kelas
·
Hindari gangguan
·
Beri semangat dan motivasi diri
·
Disiplin pada waktu
·
Perhatikan kondisi fisik(istirahat )
|
Hambatan
berkonsentrasi
Lingkungan tidak
mendukung (berisik,kotor dll)
|
Lampiran
II :
PEDOMAN
PERMAINAN
Ø
Permainan
yaitu bermain Alat Indra (mata,hidung,tangan,telinga)
Ketika
guru menyebut satu nama alat indra maka siswa diminta memegang alat indra
yang bukan disebutkan oleh guru.
Pasangan
indra dalam permainan yaitu:
Mata
--------------Hidung
Hidung------------Mata
Tangan-------------Telinga
Telinga-------------Tangan
Lampiran
III :
PESOMAN
DISKUSI KELOMPOK
1.
Apa
yang kamu peroleh dari permainan Konsentrasi ( Alat Indra ) ?
2.
Apa
yang membuat kamu bisa berkonsentrasi ?
3.
Apa
yang membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi ?
4.
Bagaimana
perasaan mengikuti permainan Konsentrasi ( Alat Indra ) ?
5.
Adakah
kesulitan dari permainan tersebut ( Alat Indra ) ?
Lampiran
IV :
PEDOMAN
OBSERVASI
ASPEK
YANG DI AMATI
|
JUMLAH
|
1. Siswa yang mengontrol saat materi di
sampaikan
|
6
|
2. Siswa yang bertanya
|
5
|
3. Siswa yang tidak mampu menjelaskan pedoman
permainan
|
2
|
4. Siswa yang mengikuti permainan
|
10
|
5. Siswa yang berpatisipasi dalam diskusi
kelompok
|
12
|
6. Kelompok yang mengungkapkan hasil
diskusi
|
5
|
7. Siswa yang belum berhasil salam
berkonsentrasi dalam permainan
|
3
|
lihat juga :